Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
384
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f760b21af7e9378b74abde5/sk2h-reborn-the-untold-story
Nama gue Ari. Gue lahir dan tumbuh di salah satu kota kecil yang ada di Kalimantan. Seperti kebanyakan teman-teman kampung yang punya cita-cita merantau dan sukses di Ibu Kota, gue pun punya keinginan yang sama. Siapa yang nggak mau bekerja di Jakarta? Sejak kecil gue banyak mendengar cerita dari teman, keluarga, sampai kerabat jauh yang berhasil menaklukkan Ibu Kota.
Lapor Hansip
02-10-2020 00:00

SK2H Reborn: The Untold Story

Past Hot Thread
 SK2H Reborn: The Untold Story

Halo, kawan-kawan SFTH.

Sepuluh tahun yg lalu, pertama kalinya gue menulis kisah Sepasang Kaus Kaki Hitam (SK2H) di subforum ini. Alhamdulillah, respons pembaca SFTH waktu itu bagus banget sehingga SK2H terpilih sebagai cerita terbaik tahun 2011 (dapet label "kaskus donatur" gratis selama 3 bulan, hehehe). Dan pada tahun 2017, akhirnya SK2H naik cetak.

Sebenernya tawaran buat bikin buku sudah ada sejak 2012, tapi gue belum pengin. Barulah setelah ngobrol sama editor Elex Media, gue setuju buat bikin versi bukunya.

Mulai dari thread tahun 2010, buku di 2017, bahkan sampe hari ini, yang paling bikin gue terharu adalah para pembaca SK2H masih inget bahkan sangat antusias membaca ulang SK2H sampe berkali-kali. Malah ada beberapa yang menamai anaknya dengan nama tokoh di cerita ini.

Tentu ini sebuah kehormatan buat gue selaku penulis. Dan tahun ini, satu dekade setelah thread pertamanya, gue bermaksud menulis ulang SK2H. Anggep aja ini adalah "hadiah" dari gue buat kalian yang sudah berbaik hati meluangkan sedikit ruang untuk SK2H dalam ingatan kalian.

Buat pembaca baru yang baru aja tahu SK2H, gue ucapkan selamat bergabung. Semoga kalian juga suka sama SK2H.

Selamat membaca. Selamat bernostalgia.

Quote:DISCLAIMER:

• Thread ini adalah draf mentah naskah buku yang akan diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Hak cipta dilindungi undang-undang.
• Dilarang menyalin atau mengunggah ulang seluruh atau sebagian isi thread ini di platform apa pun tanpa seizin penulis.
• Penulis bisa disapa melalui akun media sosial @pudjanggalama (Instagram & Twitter)
Diubah oleh pujangga.lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makgendhis dan 84 lainnya memberi reputasi
77
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 15
SK2H Reborn: The Untold Story
03-10-2020 18:37
Bang ini daftar isi nya cuma satu. Dmn lagi bang
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan aurielo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
03-10-2020 20:59
Login lagi dong emoticon-Cendol Gan
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
03-10-2020 21:00
"Di sisi kiri dan kanan hanya ada masing-masing tiga kamar saling berhadapan yang dipisahkan oleh koridor selebar hampir dua meter"

Jujur dr dulu masih belum terlalu kebayang sma bentuk si kosan kamar om Ari, apalagi bentuk berandanya. Semoga bukunya ada ilustrasinya hehe
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
03-10-2020 23:45

2

Hari pertama di kantor berjalan cukup baik. Gue dibantu seorang senior yang sangat sabar menjelaskan detail tugas secara keseluruhan. Hampir semuanya gue catat di buku saku. Dengan begitu gue nggak perlu minta penjelasan ulang saat ada yang kelupaan. Tinggal buka aja bukunya. Begitulah trik yang pernah diajarkan salah satu dosen di kampus sewaktu kuliah dulu.

Dan karena ini hari pertama—terutama karena gue masih belum tahu apa-apa soal pekerjaan—nggak banyak yang bisa gue lakukan. Dengerin penjelasan dari senior atau atasan, setelah itu duduk diam selama waktu yang dibutuhkan. Kekosongan itu membuat gue punya banyak waktu untuk memikirkan berbagai macam hal. Termasuk kejadian semalam yang masih mengganggu pikiran. Entah kenapa gue yakin banget ini ada hubungannya sama sosok perempuan misterius di seberang kamar. Gue malah yakin seratus persen orang yang nangis itu dia.

Sore harinya gue pulang ke kosan masih sambil mikirin hal tersebut. Sampai di lantai atas, gue lihat pintu kamar sebelah terbuka. Seorang cowok berkepala botak licin lagi asyik ngerokok. Gue taksir usianya jauh di atas gue (mukanya tua, bos!). Dia nyapa duluan. Kami pun lalu berkenalan.

Namanya Indra. Asal dari Sidoarjo, sebuah kota kecil di sudut timur pulau Jawa. Dia kerja di pabrikan pembuat mobil Jepang. Katanya dia sudah dua tahun tinggal di rumah kos ini.

“Kalau lu asli mana, Ri?” tanyanya dengan logat khas orang Jawa. Gue memang pendatang baru tapi gue sering nonton sinetron-sinetron dengan latar tokoh anak gaul Jakarta, jadi sudah bisa dibilang akrab dengan gaya bicara mereka. Nah, cara bicara Indra ini terdengar kurang familier di telinga. Dia kadang menyebut dirinya ‘aku’, kadang juga ‘gue.’ Nggak konsisten gitu, lah.

“Gue dari Kalimantan.”

“Wah, kita sama-sama orang jauh. Mudah-mudahan bisa berteman baik dan saling membantu ya. Kalau butuh bantuan, nggak usah malu. Ngomong aja sama gue.”

“Lu bakal bantuin?”

“Insyaallah. Dengan senang hati.”

Setelah berbasa-basi cukup lama, gue beranikan diri bertanya tentang penghuni kamar seberang.

“Ngomong-ngomong, lu kenal sama cewek penghuni kamar itu?” gue sambil menunjuk pintu di seberang kami.

Indra menatap gue heran lalu menggelengkan kepala. “Setahu gue nggak ada yang nempatin kamar itu.”

“Masa, sih?”

Indra mengangguk cepat. “Iya. Selama gue ngekos di sini, belum pernah sekali pun gue lihat ada yang keluar dari kamar nomor 24.”

Giliran gue kernyitkan dahi. “Tapi kemarin gue ketemu dia, kok. Dia lagi duduk di depan pintu. Bahkan tadi pagi dia juga berdiri sambil sandaran di tembok pembatas ini.”

“Kapan lu ketemu cewek itu?”

“Kemarin sore. Pas hujan.”

Indra terdiam. Gue pun diam. Selama beberapa saat hening. Indra tampak berpikir lalu memadamkan rokoknya di lantai. “Mungkin guenya yang nggak gaul, jadi nggak banyak kenal sama penghuni lain. Maklumlah, jam kerja di pabrik bikin gue nggak punya banyak waktu di kosan.”

“Tapi semalem lu denger suara perempuan nangis nggak?”

Seketika raut wajah Indra berubah antusias. “Wah! Mulai menarik, nih! Minggu ini gue giliran kerja malem, jadi semalem gue ada di pabrik. Nggak tahu apa-apa soal itu. Lu yakin denger suara perempuan nangis? Di mana?”

“Kayaknya dari sekitar sini, di depan kamar kita.”

Indra anggukkan kepala beberapa kali. “Terus?”

“Gue takut banget, jadi nggak berani ngecek keluar.”

“Kalau gitu, berarti akur.”

“Akur apanya?”

“Sore hari lu lihat perempuan berambut panjang di depan kamar kosong ini, kan? Terus malemnya lu denger suara perempuan nangis? Nah, ini cocok. Lu pasti ketemu setan.”

“Ngawur lu!”

“Gue serius, Ri. Mungkin penunggu kosan ini pengin kenalan sama anak baru. Itu hal wajar. Di mana-mana juga sama. Makanya, kita harus jaga sikap kalau datang ke tempat yang kita belum pernah datangi. Jaga tata krama. Jangan lupa permisi sama yang punya tempat.”

Gue nggak bisa banyak berkomentar atau menyanggah, karena sejujurnya sebagian diri gue pun mengamini hal yang sama. Apa cewek yang gue lihat kemarin itu adalah hantu? Tapi gue juga nggak bisa percaya gitu aja. Selama sesuatu masih bisa dibuktikan secara nalar dan sains, gue memilih menjauhi prasangka nggak masuk akal, terutama yang berbau klenik.

Akhirnya gue putuskan menyudahi obrolan. Tapi rasa penasaran makin bergejolak di dalam hati. Perempuan berkaus kaki hitam rupanya bener-bener sosok yang misterius.

Malam harinya gue coba memantau kamar seberang. Gorden jendela sengaja dibuka sedikit supaya bisa mengecek situasi di luar. Sambil dengerin radio, gue duduk di samping jendela. Tapi perempuan itu nggak tampak batang hidungnya. Sampai akhirnya gue ketiduran dan bangun keesokan paginya dengan kepala pening.
Diubah oleh pujangga.lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
weshley07 dan 26 lainnya memberi reputasi
26 1
25
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
03-10-2020 23:54

3

Satu bulan berlalu tanpa kejadian berarti. Perempuan berkaus kaki hitam nggak pernah terlihat lagi. Seolah benar yang dibilang Indra, perempuan itu adalah jelmaan makhluk halus. Akhirnya selama satu bulan ini perhatian gue teralihkan dari sosok misterius itu.

Gue dan Indra makin akrab. Dia orang yang sangat baik. Dia nggak segan membantu. Beberapa kali gue ditraktir makan. Bahkan dia kasih gue pinjaman uang. Gue bersyukur punya teman kos sebaik Indra. Pengalaman pertama merantau jadi terasa lebih mudah.

Selain fakta bahwa dia sudah menghabiskan dua tahun di sini, kesukaan seseorang pada suatu tempat bisa dilihat dari seberapa banyak dia mengisi kamarnya dengan perabot rumah. Sebagai pendatang baru, di kamar gue cuma ada selembar kasur (ini pemberian dari Pak Haji), satu lemari kayu kecil buat menyimpan pakaian (ini juga dari empuya kosan), satu galon air mineral, dan satu perangkat radio. Dari semua benda itu, cuma galon air yang bener-bener gue beli dengan uang sendiri!

Bandingkan dengan kamar Indra. Ada televisi 14 inci, kulkas satu pintu, pemutar CD, perangkat gim konsol PlayStation generasi pertama, juga pengeras suara berukuran besar. Dengan semua barang itu, gue rasa Indra siap tinggal di sana selamanya.

Karena kelengkapan fasilitas itu, gue jadi betah main di kamar Indra. Kami sering begadang main PlayStation (PS). Gim favorit kami saat itu Winning Eleven. Indra adalah seorang Juventini sejati, tapi tiap main PS dia selalu pake Real Madrid. Buat yang dulu sempat main PS1, pasti tahu betul bahwa di Real Madrid ada pemain yang punya kecepatan lari yang luar biasa: Roberto Carlos. Selain kecepatan, statistik menunjukkan kemampuan menggiring dan menembak bolanya pun jauh di atas rata-rata pemain lain. Karena itulah Indra sering memasang Carlos sebagai penyerang (posisi aslinya adalah pemain bertahan). Meskipun bertubuh mungil, dengan kemampuan tingkat dewanya, dia jadi pemain paling berbahaya di Winning Eleven.

Gue nggak mau kalah dari Indra. Untuk pertandingan kelas klub, bolehlah dia pake Real Madrid. Tapi kalau sudah main tim nasional, Brasil jadi andalan gue. Kenapa? Karena Roberto Carlos berasal dari Brasil! Selain itu, ada satu lagi pemain dengan skill tingkat dewa yang dimiliki tim Brasil, yaitu Ronaldo (bukan CR7, lho ya). Statistiknya di atas Carlos. Tinggal plot mereka berdua di depan, kemenangan sudah hampir pasti di tangan.

Jadi, bisa dibilang sebenarnya gue dan Indra cukup berimbang. Dia sering menang di level klub, sementara kemenangan sering gue dapet kalau main timnas. Suatu hari kami pernah berantem karena sama-sama pengin main tim andalan. Indra minta main klub, sedangkan gue ngotot main timnas. Akhirnya duel fantasi antara Real Madrid versus timnas Brasil terjadi. Ada Roberto Carlos di masing-masing tim. Kami saling berbalas gol dari pemain yang sama. Aneh juga rasanya ada dua tim punya pemain yang sama. Karena jadi nggak seru, akhirnya kami sepakat buat nggak memainkan tim andalan kami. Dengan kata lain, Real Madrid dan Brasil haram dimainkan.

Indra lalu beralih ke Aston Villa. Awalnya gue heran kenapa dia milih tim kecil. Tapi ternyata mainnya sangar. Dia selalu menang. Gue jadi curiga. Pas dicek, ternyata bener dugaan gue. Mulai dari kiper sampai striker, statistiknya diedit. Speed, jump power, shoot pwer, dan curve semuanya dinaikkan ke angka 19! Karena kesel, gue sempat menolak main selama beberapa hari. Tapi setelah dipikir-pikir, gue juga yang rugi. Udah untung ada tempat main gratis, nggak perlu bayar kayak di rental. Akhirnya gue main lagi. Bedanya sekarang, pas pengaturan formasi sebelum kick off, kami saling mengecek statistik semua pemain.

Karena capek harus ngecek satu per satu, lama-lama kami ganti main Crash Team Racing (CTR). Itu, lho, gim balapan mobil yang pembalapnya hewan semua. Yang pernah main ini, pasti kenal sama “huba-huba.”

Kalau diinget-inget lagi, sungguh menyenangkan berada di masa itu. Masa ketika semua hal terasa jauh lebih sederhana. Seperti gim-gim di PS1. Sekalipun grafis permainan yang disajikan belum sebagus sekarang, tapi tetap memuaskan. Mungkin demikian juga halnya dengan hidup kita. Bukan dari bagus dan kerennya sesuatu yang kita punya, tapi dari seberapa bersyukur kita terhadapnya. Itu yang akan membuat kita merasa puas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan 25 lainnya memberi reputasi
26 0
26
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
03-10-2020 23:58
Double update,makasih mas ari..emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan slametfirmansy4 memberi reputasi
2 0
2
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 00:25
Mantab om,...
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 07:08
Di reborn sama empunya nih?
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 08:00
Quote:Original Posted By juztbowen
Halo om Ari, semua versi SK2H udah saya baca. Sampe novelnya pun saya beli beberapa pcs dan dibagi2in ke orang2 terdekat dan semuanya jadi tergila2 sama cerita ini. Apapun versinya walaupun inti ceritanya sama tapi tetap dapat gairah yg sama seperti baru pertama kali membaca ceritanya. Begitu juga dengan versi reborn ini saya sangat menantikan utasnya di kaskus ini ataupun kalau nanti dijadikan buku pasti akan saya cari juga. Sama halnya dengan karya om yg lain, terima kasih untuk karya2nya, salam sejahtera..

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2


Terima kasih buat apresiasinya yg begitu besar.
Moga reborn kali ini sesuai harapan.

Quote:Original Posted By chelios23
Bang ini daftar isi nya cuma satu. Dmn lagi bang


Udah nambah tuh~
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 11:44
Izin menyimak.

Udah lama g ke SFTH.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 12:31
Ijin gelar tenda om..


Akhirnya bisa mampir lagi ke trit di sfth lagi, setelah menyimak saja tanpa komentar
Diubah oleh fenrirlens
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 18:45
Gimana hubungan mas Ari sama mevally, masih suka komunikasi kah ?
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 20:20
Jejak
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 21:45
Can't wait om @pujangga.lama
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 23:03
sekarang CTR jadi Crash Bandicootemoticon-Leh Uga

semangat update om, berasa reunian yak.. id lama2 pada ngongol dimariemoticon-Big Grin
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
04-10-2020 23:15
Baca komentar di sini,
yg komen banyakan ID bangkotan.
Kuy, kumpulin yg lainnya.
Reunian di sini.
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan mr.zen204... memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
SK2H Reborn: The Untold Story
05-10-2020 09:19
Wahhh udah ketinggalan 3 part aja nih, lanjutttt om ari dan ditunggu buku yang ini ya hehehe
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
05-10-2020 15:19
akhirnya cerita legendaris ini di reborn.. dan lgsg sama empunya..

otomatis gelar tiker.. emoticon-thumbsup
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
SK2H Reborn: The Untold Story
05-10-2020 23:31

4

Marhaban yaa gajian! Setelah satu bulan lebih menunggu, hari gajian pun datang. Gue akhirnya bisa bernapas lega. Ini adalah pertama kalinya gue mendapat gaji penuh, karena gue bergabung di perusahaan pada pertengahan periode pembayaran. Jadilah gaji pertama waktu itu cuma beberapa puluh persen dari yang seharusnya. Bekal dari kampung sudah habis, jadi gue terpaksa pinjam uang ke Indra buat memenuhi kebutuhan selama satu bulan.

Hari itu gue bangun pagi-pagi sekali karena ingin segera bertemu Indra supaya utang lekas lunas. Minggu ini gilirannya sif malam, jadi biasanya dia akan sampai di kosan sekitar jam enam pagi. Normalnya, jam kerja selesai pada pukul setengah lima pagi. Ditambah lembur bisa sampai jam enam atau bahkan jam tujuh.

Tapi rupanya Indra pulang lebih cepat. Ketika gue keluar kamar, sepatunya sudah tersusun rapi di rak dan sayup-sayup terdengar alunan lagu dari dalam kamarnya, pertanda dia sudah pulang dan kini sedang tidur. Gue hafal kebiasaan Indra. Dia selalu memutar musik kapan pun dia bisa, tanpa peduli siang, malam, atau pagi. Kayaknya dia nggak bisa hidup tanpa musik. Sehari aja nggak muter musik, dia bakal sekarat.

Karena Indra sudah tidur dan nggak mungkin buat membangunkannya, gue putuskan menemuinya nanti siang. Setelah sarapan nasi uduk di lapak langganan, gue nongkrong di depan kamar sambil main gitar. Fender akustik milik Indra ini keren banget. Gue suka desainnya. Bunyi yang dihasilkan pun terdengar renyah di telinga. Cocok buat mengiringi lagu-lagu cinta nan syahdu. Dengan catatan, yang nyanyi harus punya suara merdu macam Glenn Fredly atau Pongki Barata vokalis band Jikustik. Kalau gue atau Indra yang nyanyi, jadi nggak kelihatan bagus gitarnya. Kebawa jelek sama suara penyanyinya gitu.

Tapi gue pikir, sebuah lagu bisa dinilai enak atau nggak, bukan melulu bergantung pada siapa yang nyanyi, tapi juga dari nada dan liriknya. Contohnya, lagu Pelangi di Matamu punyanya Jamrud. Selama ini mereka dikenal sebagai band rock. Bahkan vokalis mereka pernah dapet penghargaan sebagai “Vokalis Paling Nge-rock se-Indonesia” di tahun 1997. Tapi kalau kita dengerin Pelangi di Matamu, bayangan tentang band cadas tersebut runtuh. Biarpun tetap dengan suara khas seorang rocker tapi dengan lirik yang sungguh menyentuh dan diiringi petikan gitar yang syahdu, lagu itu berhasil jadi salah satu lagu paling mellow dalam sejarah permusikan Indonesia.

Sudah lumayan siang, dan kayaknya masih lama buat Indra bangun. Ujung jari gue mulai kerasa sakit tiap menekan senar. Jadi gue putuskan tidur di kamar. Baru aja bangun dari duduk, dari arah tangga berjalan seorang perempuan. Gue langsung terpaku begitu menyadari siapa yang datang. Perempuan berkaus kaki hitam! Dia mengenakan kaus oblong putih dan rok jins selutut. Nggak ketinggalan kaus kaki hitam panjang menutupi seluruh bagian kakinya. Dia berjalan santai menuju pintu kamarnya.

Dia kelihatan sangat berbeda hari ini. Nggak ada sedikit pun kesan muram yang gue tangkap kayak sebelumnya. Rambutnya diikat ke belakang sehingga wajahnya tampak jelas. Sewaktu mata kami bertemu, dia tersenyum ramah ke gue.

“Anak baru ya?” tanyanya.

Dengan bodohnya gue malah menoleh ke kanan dan kiri, coba memastikan dia beneran ngomong sama gue. Bukan apa-apa, waktu itu kan dia sama sekali nggak ngejawab sapaan gue. Aneh aja sekarang sok akrab nanya apakah gue anak baru. Gue nggak mau malu untuk yang kedua kalinya. Jadi gue jawab dengan anggukan kepala. Dia balas tersenyum sebelum masuk ke kamarnya.

Selama beberapa detik gue terpaku di tempat gue berdiri. Yang barusan itu beneran orang atau jejadian? Tanpa berusaha menemukan jawabannya, gue ketuk pintu kamar Indra. Gue lupa kalau Indra baru tidur.

“Dul. Bangun, Dul.” Gue sambil mengetuk pintunya berkali-kali. Sekarang gue manggil Indra dengan sebutan ‘Gundul’ karena penghuni lain juga manggil begitu. Indra sendiri nggak keberatan.

Cukup lama sampai pintu terbuka. Kepala plontos dengan wajah kusut muncul dari balik pintu. Sambil memicingkan mata dia bertanya dengan nada kesal, “Ada apaan, sih? Ganggu orang lagi tidur aja.”

“Cewek itu,” gue berbisik sambil mengedikkan kepala ke arah kamar di belakang gue.

“Cewek mana?”

“Yang lu sebut hantu. Penghuni kamar seberang kita. Kamar nomor dua empat. Barusan gue ketemu dia. Dia masuk ke kamarnya. Dia bukan hantu.”

Indra nggak menjawab. Dia tampak berpikir. “Terus apa hubungannya sama gue?”

“Dia beneran manusia, Dul. Bukan hantu kayak yang lu bilang. Gue mau lu ketemu sama orangnya langsung.”

Indra berdecak kesal. “Jadi, lu bangunin gue cuma buat beginian? Gue baru tidur satu jam, Ri!”

“Sorry, Dul. Tapi ini masalah darurat. Mumpung masih anget, orangnya masih ada di kamarnya. Ikut gue nemuin dia.”

“Kalau aja lu bukan temen gue, udah gue ajakin berantem lu. Seenaknya aja ngebangunin orang tidur. Ogah, mending gue lanjutin tidur!”

Indra mendengus kesal lalu membanting pintu tepat di depan wajah gue.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adinea06 dan 20 lainnya memberi reputasi
21 0
21
SK2H Reborn: The Untold Story
05-10-2020 23:45
Merinding ane baca part 48 waktu indra bilang tahung 2020 misal da wabah penyakit.....😱😱😱
profile-picture
adinea06 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
aku-dan-pengalaman-ghaibku
Stories from the Heart
misteri-kematian-ibu-kos
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Heart to Heart
ciyansa
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia