sllzAvatar border
TS
sllz
7 Spesies Kambing & Domba Dengan Tanduk Unik Hingga Mengerikan

Illustrasi kambing bertanduk gagah di Mont Blanc | Foto via: 500px.com


Membicarakan soal tanduk kambing, pastinya kita bakal langsung inget sama domba garut ya. Domba dengan tanduk melingkar ini cukup membuat ia ditakuti meski ia bukan hewan karnifora.

Nah, di thread ini ane akan share beberapa jenis kambing dan domba yang juga punya tanduk gak kalah serem dengan domba garut. Yang pasti, tanduk dari dewan-hewan ini bukan karena cacat ya gan/sis, tapi aslinya memanag begitu. emoticon-Ngakak (S)

Ok gan usah panjang lebar, berikut ini dafratnya:


1. Markhor


Foto via: imgur.com


Markhor adalah spesies kambing hutan atau kambing liar yang sangat terancam punah. Diketahui, spesiesnya saat ini hanya tersisa kurang dari 2.500 ekor di alam liar dan diperkirakan akan punah dalam 50 tahun mendatang.

Markhor sendiri adalah hewan nasional Pakistan, terutama provinsi Khyber-Pakhtunkhwa. (referensi Wikipedia)



2. Ibex Alpen


Foto via: flickr.com


Ibex Alpen adalah spesies kambing liar yang hidup di Pegunungan Alpen di Eropa. Pejantannya mempunyai ukuran tubuh dan tanduk yang lebih besar daripada betina. Ibex Alpen hidup dengan berkelompok dan menyukai area tebing berbatu. (referensi : Wikipedia)


3. Chamois


Foto via: lyonmag.com


Chamoisa dalah kambing asli Eropa. Hewan ini mudah ditemui di daerah pegunungan seperti Pegunungan Alpen, Pirenia, Carpathia, Kaukasus, Apennini, dan Balkan. Ia juga kerap ditemui di beberapa tempat di Turki. Beberapa varietas dari spesies Chamoisa telah dilindungi oleh Uni Eropa. (referensi Wikipedia)

Gimana kalo diseruduk ya, tanduknya kaya kail gitu. emoticon-Cape d...


4. Mouflon


Foto via: flickr.com


Mouflon adalah spesies kambing yang hanya bisa ditemukan di pulau Mediterania, tepatnya di Corsica dan Sardinia. Tetapi, saat ini telah diperkenalkan ke banyak wilayah lain di Eropa.

Penglihatan mouflon sangat baik. Mata yang terletak di lateral memungkinkan mouflon memindai lengkungan lebar tanpa menoleh. (referensi Wikipedia)



5. Hebridean


Foto via: reddit.com


Hebridean adalah jenis domba hitam dari Skotlandia. Domba ini seringkali memiliki dua pasang tanduk yang membuatnya nampak menyeramkan.

Domba hebridean asli terakhir yang diketahui bertahan hidup di Uist (pulau di Skotlandia), pada tahun 1880-an beberapa sisanya dibawa ke Storrs Hall di Inggris utara.

Pada tahun 1973, domba hebridean diidentifikasi oleh Rare Breeds Survival Trust untuk kebutuhan konservasi. Sejak itu, domba ini dihidupkan kembali dan tidak lagi dianggap langka. (referensi Wikipedia)


Wah konservasinya berhasil nih... emoticon-Selamat


6. Bezoar Ibex


Foto via: fandom.com


Bezoar ibex juga dikenal Persian ibex adalah kambing liar yang berasal dari hutan di pegunungan Turki dan Iran.

Bezoar ibex merupakan populasi hewan peliharaan paling awal yang dibawa ke kepulauan Mediterania selama periode prasejarah dan sekarang hidup sebagai populasi liar.

Bukti arkeologi melacak domestikasi Bezoar ibex dan dinyatakan bahwa hewan ini berasal dari sekitar 10.500 tahun BP (sebelum sekarang), dan bukti DNA menunjukkan 10.000 tahun BP. (refensi Wikipedia)



7. Domba Garut


Foto via: loka.co.id


Domba Garut atau Domba Priangan adalah domba yang berasal dari daerah Limbangan Kabupaten Garut. Hewan ini merupakan campuran dari perkimpoian antara domba lokal dengan domba jenis capstaad dari Afrika Selatan dan domba merino dari Australia.

Domba capstaad sudah ada lebih dulu di Garut, sementara domba merino baru didatangkan ke Garut pada abad ke-19. Dari ketiga jenis domba itulah, lahir varietas baru yang kemudian disebut domba Garut. (referensi Wikipedia)



Nah itulah ketujuh kambing dan domba dengan tanduk yang unik dan menyeramkan.

Beruntung mereka semua herbivora, gak kebanyang kalau mereka karnifora yang ngejar-ngejar orang terus ngegigit. emoticon-Ngakak (S)




Sumber : Opini Pribadi
dieq41
cahpiih.syafiih
mr.croovooc
mr.croovooc dan 28 lainnya memberi reputasi
29
12.7K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.