Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
57
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f77dc81c82084239e4b7889/beginilah-wujud-beberapa-alat-transportasi-ketika-pertama-kali-ditemukan
HAI AGAN DAN SISTA! Saat ini, sepatutnya kita berterimakasih kepada para insinyur penemu alat transportasi, sebab atas jasa mereka kita bisa melakukan perjalan--dari suatu tempat ke tempat lain dengan mudah. Bayangin aja bila nggak ada manusia yang menemukan teknologi transportasi, gimana capeknya kita kalo ke mana-mana jalan kaki. Alat transportasi pun terus mengalami evolusi dari masa ke masa. J
Lapor Hansip
03-10-2020 09:05

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan

icon-verified-thread
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan

HAI AGAN DAN SISTA!

Saat ini, sepatutnya kita berterimakasih kepada para insinyur penemu alat transportasi, sebab atas jasa mereka kita bisa melakukan perjalan--dari suatu tempat ke tempat lain dengan mudah. Bayangin aja bila nggak ada manusia yang menemukan teknologi transportasi, gimana capeknya kita kalo ke mana-mana jalan kaki.

Alat transportasi pun terus mengalami evolusi dari masa ke masa. Jadi, nggak serta-merta ditemukan canggih seperti sekarang ini. Maka, sekarang ane mau kasih liat ke Gansis semua, wujud dari beberapa alat transportasi ketika pertama kali ditemukan.

Cekidot!

***

1. Mobil

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Mobil Leonardo da Vinci. Sumber : pinterest

Ide pembuatan mobil pertama kali dikonsepkan oleh seorang pelukis sekaligus penemu nan jenius asal Italia. Siapa lagi kalau bukan Leonardo da Vinci. Ia berhasil membuat rancangan mobil 'rumit' pertama kali pada tahun 1495. Karena sangat rumit, mobil ini nggak ideal buat dibawa keliling Kota Florence sambil menikmati angin sore. Sistem operasinya kompleks sekali dan mesti ditutup dulu kalau mau jalan. Saking nggak idealnya, bahkan Leonardo lupa buat menambahkan kursi/jok di mobil temuannya itu.

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Mobil Cugnot. Sumber : republication lorrain

Tahun 1769, mobil pengangkut penumpang pertama diciptakan oleh Joseph Cugnot. Mobil Cugnot yang bertenaga uap ini juga kurang praktis dan tidak nyaman digunakan. Karena harus berhenti setiap 10-12 menit untuk membangun kembali tekanan uap supaya mobil bisa melaju kembali.

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Motorwagen. Sumber : trucksNL

Kemudian, barulah tahun 1886, mobil dengan bahan bakar bensin pertama diciptakan oleh Karl Benz. Mobil yang ia sebut sebagai 'motorwagen' itu memiliki tiga roda, menggunakan mesin sentrifugal berkapasitas 954 cc, berselinder tunggal yang mampu memasok tenaga 2/3 tenaga kuda. Setahun berikutnya, Benz menambahkan karburator, rem kulit, diberi empat roda pada mobil bertenaga bensin pertama di dunia miliknya itu.

***

2. Sepeda

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Dandyhorse, sepeda pertama di dunia. Sumber : flickrs

Pertama kali dibuat oleh seorang bangsawan Jerman--Baron Karl von Drais--pada 12 Juni 1817. Sepeda yang dinamai 'dandyhorse' itu memakai bingkai kayu dengan dua roda dan sebuah sandaran berlapis kain. Pertama kalinya, sepeda ini tahan menempuh 14 km/jam perjalanan.

***

3. Sepeda Motor

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Sepeda motor Pierre Michaux. Sumber : motorcycle timeline

Penemuan sepeda adalah langkah awal diciptakannya sepeda motor. Pertama dibuat oleh Pierre Michaux, pemilik pabrik sepeda terkenal asal Perancis. Ia menambahkan mesin uap kecil pada sepeda yang ia produksi sehingga terciptalah sepeda motor bertenaga uap pertama.

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Daimler Reitwagen. Sumber : pinterest

Tahun 1885, barulah sepeda motor bertenaga diesel dirakit oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, dua insinyur mesin asal Jerman. Mereka menambahkan mesin kecil berkapasitas 264 cc pada sepeda kayu mereka, yang kemudian diberi nama 'Daimler Reitwagen'.

***

4. Pesawat Terbang

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Pesawat Cayley. Sumber : pinterest

Pesawat terbang pertama kali ditemukan oleh George Cayley pada tahun 1799. Penerbang asal Inggris ini menciptakan pesawat modern sederhana dengan sayap tetap dan sistem pengangkatan, penggerak, serta pengendali yang terpisah.

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Pesawat Wright Bersaudara. Sumber: 13abc

Barulah 17 Desember 1903, pesawat berbahan bakar bensin pertama diudarakan oleh Orville dan Wilbur Wright (Wright Bersaudara) untuk pertama kali. Pesawat ini digerakkan menggunakan baling-baling biplan.

***

5. Kapal

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Kano 10.000 tahun lalu. Sumber : depositphotos

Sejarah kapal sudah dimulai sejak 10.000 tahun lalu. Tepatnya pada zaman neolitokum. Kapal kuno yang disebut kano ini, ditemukan oleh para arkeolog berbahan dasar kayu coniferus. Diperkirakan digunakan untuk keperluan berburu dan memancing.

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Kapal Clermont. Sumber : pinterest

Sedangkan dasar dari diciptakannya kapal modern era sekarang adalah, kapal rakitan Robert Fulton. Kapal ini bernama Clermont menjadi kapal uap pertama di dunia yang diciptakan pada tahun 1765.

***

6. Helikopter

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Helikopter pertama di dunia. Sumber : connecitucut post

Pada 14 September 1939, helikopter pertama di dunia mengudara di Stratford, Connecticut. Diberi nama VS-300, helikopter ini dirancang dan dipilotkan oleh Igor Sikorsky. Konsep dari VS-300 menjadi dasar untuk perakitan helikopter modern yang beredar saat sekarang ini.

***

7. Kereta Api

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Lokomotif Matthew Murray. Sumber : Flickr

Sejarah kereta api tak pernah lepas dari jasa James Watt--penemu mesin uap pada tahun 1769. Karena dari hasil memodifikasi mesin uap Watt itulah, pada tahun 1804 Matthew Murray asal Britania Raya berhasil menampilkan lokomotif sederhana pertama di dunia.

Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
Kereta api George Stephenson. Sumber : Chronicle Live

Barulah tahun 1820, Bapak Kereta Api Dunia--George Stephenson--menciptakan gerbong kereta api komersial pertama di sejarah perkeretaapian dunia. Kereta api yang berjalur di Darlington, Northeast England itu berhasil menarik 420 penumpang dengan kecepatan 15 mil/jam. Stephenson juga orang pertama kali yang mendirikan jalur kereta api antar kota, yaitu dari jalur kereta api Liverpool ke Manchester.

***

Nah, gimana tuh, Gansis? Keren-keren, kan, ide para penemu di atas? Ya, walaupun ada yang masih belum praktis digunakan, setidaknya ide dan penemuan tersebut menjadi dasar inovasi pagi manusia sekarang untuk mengembangkan alat transportasi yang makin canggih ke depannya.

Sekian dulu thread ane hari ini, Gansis. Siyu nex trid!

***

Referensi :
1/2/3/4

Diubah oleh serbaserbi.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembogspeed dan 8 lainnya memberi reputasi
7
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 09:16
Unik dan keren banget ga tuh?
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 09:19
Nice thread, Gan. Ada yang lucu juga bentuknya, ya.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 10:54
wkwkwk yg helikopter.. pantat gatal pala langsung ilang
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 11:00
Yang dibuat oleh George Cayley lebih ke glider sih.
Meski prinsip penerbangannya terus dipakai dan dikembangkan jadi pesawat sekarang.
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 11:59
Cuma mau nambahin
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembogspeed dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 15:04
Jadi,... mesin uap itu pertama kali ditemukan tahun..??

Gagal faham ane gan...😂😂
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 16:26
orang jaman dulu berarti emang kuat panas juga ya
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 16:39
Itu yang sepeda motor uap kalo mesin nya panas dan meleduk bisa kena ke anu dong.. wkwk
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 18:36
Trit ente mantul bre emoticon-Smilie
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 19:31
Yang kapal tradisional bgt yak begitu doang eyy
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 19:37
Trit mantul layak HT
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 20:55
Bagi mereka, kenyamanan entah nomer berapa emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
03-10-2020 21:34
Helikopternya baru jadi kerangkanya ya gan wkwk auto masuk angin
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
04-10-2020 03:01
Dulu naik mobil masih keujanan yak. Tapi udah canggih bgt kali di jaman segitu. Sekarang udah pesat bgt kemajuannya
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
08-10-2020 20:41
kok gak ada yg dari negara dan kaum nganu yak?
emoticon-Malu

katanya kalo baca buku langitnya auto jenius. dan buku langit sumber segala ilmu.. atau di cocoklogikan aja?
tek kucinglah
emoticon-Leh Uga
profile-picture
serbaserbi.com memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
11-10-2020 08:20
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Beginilah Wujud Beberapa Alat Transportasi Ketika Pertama Kali Ditemukan
13-10-2020 11:40
nice thread gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia