GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
6 Laptop Pertama yang Hadir ke Dunia

Saat ini ada banyak jenis laptop yang beredar di pasaran, mulai dari harga yang murah hingga yang paling mahal dengan teknologi mumpuni juga ada. Mulai dari yang penggunaannya untuk bekerja hingga untuk main game. Bahkan sekarang ada laptop dengan bobot yang sangat ringan, sehingga gampang dibawa kemana – mana.

Tapi sebelum secanggih sekarang, ternyata perjalanan laptop sampai bisa seperti sekarang sangat panjang GanSis. Wajar aja sih, secara komputer yang biasanya hanya ditaro di suatu tempat, terus diubah untuk bisa dibawa kemana – mana. berikut ini ada enam laptop pertama yang hadir ke dunia GanSis:

Osborne 1 (1981)


Banyak yang bilang kalau perangkat ini merupakan kakek buyut dari semua laptop. PC portable ini mempunyai layar 7 inch, dua floppy drive, baterai, dan keyboard yang lengkap dengan penutupnya. Komputer ini memang terlihat kecil, tapi bobotnya cukup berat ternyata GanSis. Beratnya sekitar 11 kg. Komputer ini cukup populer di zamannya, dan menjadi inspirasi dari pembuatan laptop selanjutnya.

Grid Compass 1101 (1983)


Kalau yang ini merupakan laptop petama dengan pelindung luar. Ini bisa dibilang sebagai perangkat yang tampilannya benar – benar seperti laptop. Laptop ini didesain memiliki clampshell atau pelindung luar dimana layarnya bisa dilipat menghadap keyboard. Desain dari Grid Compass 1101 ini terus diwarisi oleh laptop – laptop setelahnya. Pada zamannya parangkat ini tidak begitu laku, karena harganya yang terlalu mahal, yakni USD 10 ribu atau sekitar Rp 144 juta.

Compaq LTE dan Compaq LTE 286 (1989)


Pada dua generasi awal, laptop masih dianggap sebagai barang yang merepotkan, karena bobotnya yang cukup berat dan sulit untuk dibawa kemana – mana. Di generasi ketiga, pabrikan mulai mencari cara untuk mengurangi berat laptop. Dan terciptalah Compaq LTE dan Compaq LTE 286. Kedua laptop ini hanya berbobot 3 kg. Kedua perangkat ini juga dinobatkan sebagai laptop pertama dengan built – in hard drive dan floppy disk drive. Karena keunggulannya itu, perangkat ini cukup laris dipasaran.

Macintosh Portable (1989)


Persaingan antar pabrikan laptop mulai terlihat di tahun 1989 GanSis. Hal ini ditunjukkan dengan hadirknya laptop pertama dari Apple, yakni Macintosh Portable. Laptop yang satu mempunyai daya baterai dan layar yang mumpuni kala itu. Ini merupakan cikal bakal dari Mac.

Apple PowerBook 100 series (1991)


Kesalahan Apple coba diperbaiki melalui Apple PowerBook. Ada banyak seri Powerbook. Mulai dari PowerBook 100, PowerBook 140, PowerBook 170 dan lain-lainnya. Pada laptop ini, Apple mencoba berinovasi dengan memberikan ruang dengan menaruh layar ke bagian terbelakang laptop sehingga memberikan telapak untuk beristirahat dan tempat untuk trackball serta trackpad. Hingga 1994, PowerBook 500 menjadi laptop pertama yang benar-benar menggunakan touchpad dan sekaligus built-in Ethernet network adapter.

IBM ThinkPad 700 (1992)


Laptop ini menjadi pesaing terkuat dari Apple PowerBook karena desainnya yang sangat modern. ThinkPad mempunyai desain yang sangat stylish dan fungsional. Mempunyai layar berukuran 10,4 inci, hard drive 120 MB, dan prosesor IBM 486 SLC yang kuat. Laptop ini sangat bersahabat untuk dibawa kemana, mulai dari arkeologis yang membawanya ke Mesir hingga astronot NASA yang membawanya ke luar angkasa.


bitha
ujellyjello
tien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
7.7K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.