acianandaAvatar border
TS
aciananda
Sederet Cara Ini Bisa Bikin Sepatu Putihmu Gak Kuning Gaes!


MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang hobi memakai sepatu putih? Biasanya sepatu putih merupakan salah satu jenis alas kaki yang hampir dimiliki semua orang ya.


Warnanya yang simple membuat sepatu putih mudah di padupadankan dengan outfit apapun. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak orang menyukai sepatu berwarna putih.


Sayangnya, meski warnanya polos dan simple, terkadang merawat sepatu putih tidak sesederhana itu. Jika salah mencucinya, bisa-bisa sneaker putihmu berubah jadi kekuningan.


Itulah mengapa kamu harus menggunakan berbagai teknik yang efektif untuk menjaga sepatu putihmu tetap bersih seperti baru.

Dikutip dari Bright Side pada Selasa 29 September 2020, ini 4 cara untuk merawat sepatu putih biar gak kuning.


1. Garam dan Susu


Ketika sepatu putih mulai kekuningan, sudah saatnya kamu membersihkannya secara menyeluruh. Namun, perlu cara khusus agar warnanya kembali seperti semula, yaitu menggunakan garam dan susu.


Caranya, kamu perlu mencampur setengah cangkir garam kasar dengan satu liter susu di dalam mangkuk besar. Lalu, rendam sneaker dalam campuran pemutih ini minimal selama tiga jam agar efeknya sesuai dengan yang diinginkan. 


Setelah itu, kamu bisa menggosoknya dengan sikat untuk menghilangkan noda yang masih menempel. Kemudian, bilas dengan air sabun yang banyak dan biarkan mengering di udara terbuka. Hati-hati jangan sampai meninggalkan bekas susu di sepatu kamu setelahnya ya!


2. Soda Kue dan Cuka


Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan warna putih dari sepatumu ialah soda kue dan cuka. Caranya, campurkan satu sendok makan cuka putih, dengan satu sendok makan soda kue, dan satu sendok makan air panas dalam mangkuk. 


Setelah teksturnya berubah seperti pasta, aplikasikan pada sepatumu menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Gosok sol dan kain dengan lembut. 


Biarkan pasta itu meresap setidaknya selama tiga atau empat jam di bawah sinar matahari, lalu buang sisa pasta soda kue dengan menepukkan kedua sepatu.


3. Pasta Gigi


Nah, buat kamu yang lagi buru-buru dan mengingnkan hasil instan untuk sneaker putihmu, cobalah menggunakan pasta gigi pemutih. Caranya juga mudah banget kok.


Gunakan sikat gigi bekas, lalu berikan pasta gigi pemutih pada sepatumu. Gosok permukaan sepatu yang terkena noda hingga warnanya kembali putih. 


Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang terdapat di pinggiran sol. Biarkan pasta gigi tersebut bertahan selama sekitar 15 menit lalu hapus menggunakan kain basah ya.


4. Air Lemon


Satu lagi cara mudah untuk mengembalikan warna putih dari sepatu kamu ialah menggunakan air perasan jeruk lemon. Perasan air lemon terkenal dengan khasiatnya untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap di rumah. 


Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk digunakan memutihkan sepatu yang telah berubah warna menjadi kekuningan atau terkena noda. Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu memotong lemon atau jeruk nipis menjadi dua. 


Campur tiga bagian air, untuk satu bagian air jeruk lemon tersebut. Lalu, cukup gosok campuran tersebut untuk menghilangkan noda atau warna kekuningan pada sepatumu. Nah, kamu perlu menggosoknya dengan kuat agar sepatumu bisa kembali putih dan bersih ya.




raliakbarrr
raliakbarrr memberi reputasi
1
783
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.