GENKBOL
TS
GENKBOL
3 Pabrikan Mobil Asal India yang Mulai Mendunia
Dibandingkan dengan Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat, nama India mungkin belum sebuming mereka untuk urusan produksi mobil. Ketiga negara tersebut sejauh ini memang yang menguasai industri otomotif roda empat. Tapi nampaknya sekarang industri otomotif negara Bollywood itu mulai bergeliat dan menunjukkan taji mereka. Perlahan tapi pasti beberapa produk mereka mulai diterima dunia. Berikut ini 3 pabrikan mobil India yang mulai mendunia:

Tata Motors


Nama yang satu mungkin gak terlalu asing bagi pecinta otomotif, sebab pabrikan yang satu mempunyai beberapa basis produksi di seluruh dunia. Bermarkas di Mumbai, Tata Motors punya basis produksi di Jamshedpur, Lucknow, Pune, dan Singur di India, dan diluar India ada di Argentina, Afrika Selatan, Thailand, dan Britania Raya. Tata Motors juga merupakan produsen mobil komersil terbesar di India. Selain kendaraan komersi, Tata Motors juga punya pabrik bus.

Maruti Suzuki


Dari namanya sih terlihat kalau pabrikan yang satu ini bukan lagi sepenuhnya punya India. Sebesar 56,21% saham Maruti Suzuki dimiliki oleh pabrikan mobil asal Jepang, Suzuki Motors Corporation. Dulunya perusahaan ini dikenal dengan nama Maruti Udyog Limited. Maruti Suzuki punya dua pabrik di India, masing – masing mempunyai kapasitas produksi 1,2 juta kendaraan pertahunnya. Beberapa mobil bikinan mereka adalah Alto 800, WagonR, Ertiga, XL6, S – Cross, Vitara Brezza, Ignis, dan Eeco.

Mahindra


Mahindra merupakan pabrikan mobil terbesar ketiga di India. Produsen mobil ini bahkan udah mendistribusikan mobilnya sampai ke Eropa, Australia, Afrika Utara, dan Amerika (Utara dan Selatan). Sesuai dengan namanya, perusahaan otomotif ini didirikan oleh Mahindra bersaudara dan Malik Ghulam Mohammed pada tahun 1945. Saat itu mereka jadi perakit mobil Jeep Willys di India. Kemudian bisnis mereka merambah ke beberapa sektor, seperti sepeda motor, spare part, dan traktor. Barulah pada tahun 1979 mereka mendapat lisensi untuk memproduksi mesin Diesel Peugeot 4 silinder dan transmisi. Setelah itu barulah mereka merancang 20 model kendaraan, diantaranya mobil multi utility vehicle Scorpio dan Bolero.

Keren juga India ya GanSis, dari dulu mereka udah bikin mobil. Kita baru – baru ini aja bikin mobil, itu pun masih dicurigai kalau bukan orang Indonesia yang bikin...hehehe



Diubah oleh GENKBOL 25-09-2020 14:23
nyonyo2davecchiotien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.3K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.