others
Batal
link has been copied
277
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f72a1fa68cc956d877ed7db/coc-reg-semarangterkenal-angker-rumah-ini-pernah-digunakan-syuting-oleh-suzana
Lawang Sewu? Mungkin itulah yang pertama kali hadir dalam benak kebanyakan orang saat mendengar kata Semarang. Tempat ini memang menjadi ikon kota Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.
Lapor Hansip
29-09-2020 09:54

[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana

Past Hot Thread
icon-verified-thread
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana

Lawang Sewu? Mungkin itulah yang pertama kali hadir dalam benak kebanyakan orang saat mendengar kata Semarang. Tempat ini memang menjadi ikon kota Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain bentuk bangunannya unik dan sarat akan sejarah, Lawang Sewu juga dikenal karena keangkerannya. Tidak heran tempat ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata horor bagi para pecinta uji nyali.


Namun tahukan Agan dan Sista, ternyata kota di Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi wisata horor selain Lawang Sewu? Satu diantaranya adalah Rumah Abraham Fletterman.

Ada yang pernah dengar? Baiklah! Tempat satu ini memang tidak setenar Lawang Sewu, sehingga mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya.

[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzanafoto Abraham dan istri

Sesuai namanya, rumah di pertigaan Jalan Veteran dan Kyai Saleh ini adalah milik Abraham Fletterman. Dia adalah seorang arsitek Belanda yang menikah dengan warga negara Belanda tapi lahir di Wonogiri bernama Cory Fletterman Smith. Abraham meninggal pada tahun 26 Mei 1959 dan 6 tahun kemudian istirnya pun menyusul.


Karena tidak punya anak, rumah tersebut dihibahkan pada rekan kerja sekaligus anak angkatnya yang bernama Maximilian Van Der Sluys beserta sang istri, Elly Kristanti. Oleh Elly Kristanti rumah Abraham kemudian dihibahkan ke yayasan Mardi Waluyo. Pada masa ini lah, rumah Abraham sempat tak berpenghuni dan terbengkalai.

[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzanafoto Elly beserta suami


Cerita mistis tentang keangkeran Rumah Abraham Fletterman pun mulai berkembang. Kesan angker semakin bertambah dari bentuk bangunan rumahnya yang bergaya Belanda sehingga terkesan kuno. Menurut masyarakat sekitar, sering ada penampakan perempuan berambut panjang di halaman rumah ini. Saking dapat kesan angkernya, rumah Abraham Fletterman pernah dijadikan tempat syuting film Beranak Dalam Kubur, yang dibintangi oleh Suzanna.


Nah loh, kurang serem apa lagi coba? Udah tempatnya horor, pernah digunakan syuting oleh si ratu horor yang sudah meninggal pula.


[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana


Eits! Tapi itu sih sekitar 5-7 tahun lalu Gansist. Sekarang, kesan horor dari Rumah Abraham Fletterman tidak akan kalian temukan lagi karena sudah direkonstruksi. Bentuk bangunannya sendiri tidak banyak berubah, bahkan beberapa furniture di dalamnya pun asli milik pemilik rumah terdahulu. Di bagian dalam kalian bisa menemukan foto Abraham Fletterman beserta istri.



Rumah Abraham Fletterman sendiri dibagi menjadi dua, yaitu rumah induk dan paviliun. Bagian paviliun sering disewa sebagai tempat reuni, resepsi pernikahan, foto katalog, dan juga foto pre-wedding. Sementara rumah induk digunakan sebagai kantor Yayasan Mardi Waluyo.


Just for your information, Yayasan Mardi Waluyo adalah yayasan yang didirikan oleh Abraham Fletterman beserta sang istri pada tahun 1959. Yayasan ini fokus memperhatikan kesehatan ibu-ibu dan anak-anak kurang mampu. Wah, ternyata baik juga ya londo satu ini.


Itulah sejarah singkat Rumah Abraham Fletterman di Semarang, bangunan yang pernah digunakan syuting oleh Suzana dan kerap menjadi tempat foto prewedding.


Jadi bagaimana Gansist, tertatik mengunjungi Rumah Abraham Fletterman untuk uji nyali atau foto pre-wedding?

Jangan lupa jika ingin mengunjungi tempat ini, jaga sikap dan perilaku kalian selama berkunjung, karena pada dasarnya di bumi ini kita hidup berdampingan dengan mahluk lain yang tak kasat mata. Untuk itu kita diwajibkan mempercayai dan menghargai keberadaan mereka, tapi tidak untuk menyembah.


Sekian thread kali ini, sampai jumpa di lain kesempatan dan tak lupa TS ucapkan terima kasih bagi yang sudah meluangkan waktu membaca sampai selesai.



Wassalam.




Sumber:


[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
Diubah oleh TaraAnggara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
farinamany dan 48 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 5
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 06:18
Quote:Original Posted By lonelylontong
Ga percaya yg begituan dah.


Yg namanya GHAIB itu ada beneran mas.. emoticon-Big Grin

kita wajib mengimani,, tapi tidak boleh brsekutu dg mahluk halus... emoticon-Embarrassment



Bdw : HT DONE... emoticon-pencet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 06:21
Quote:Original Posted By masdenniz
Cah Semarang absen sik slurr...
Aku Semarang Kabupaten tapi emoticon-Ngakak


Semarang nipun ting pundhi mas..?? emoticon-Embarrassment


Kulo rumiyen thn 2002 - 2007,, pun nathè sadèan (asongan) koran ting SOMPOK... emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyonyo2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 06:27
wahhh ternyata tempatnya di semarang yaa
bangunannya gaya belanda gituu
dan dari luar aja udah seremm banegtt
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 06:28
wah untung ya udah direkonstruksi, jadi bagus gitu
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 06:31
Waa dibuat pre wedding bagus nih gan.. seru juga niih.. tempat yang bersejarah niih
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 06:38
uniknya nama Abraham Fletterman ga ane dapat di website belanda emoticon-Ngakak (S) arsitek ga terkenal kayanya

jadi rumah ini layak direstorasi sebenernya bukan karena estetika saja. tapi karena sejarah yayasannya yg cikal bakalnya dari kelompok belanda Vereeniging tot Bevordering van de Inlandsche Ziekenverpleeging, yg peduli pada kesejahteraan kaum pribumi. Sayang sekali kalau cuma dilihat sebagai tempat syuting suzana.

sama kayak lawang sewu malah dikenalnya tempat angker, padahal sejarahnya sebagai kantor kereta api itu sangat berpengaruh di masa lalu. Cuma ya ga bisa dipungkiri kalau sejarahnya pernah dijadikan penjara tawanan jaman jepang. Bagus kalau udah makin rame, jadi persepsinya sebagai tempat angker mungkin akan hilang sepenuhnya, setidaknya di mata 2 generasi ke depan. Moga-moga juga rumah flatterman ini besoknya dikenal sebagai rumah yg berperan dalam menegakkan HAM dan keadilan bagi kaum pribumi di masa Hindia-Belanda, bukan rumah syuting film angker emoticon-Ngakak (S)

Ane benci kalau keangkeran bangunan lama dijadikan komoditas wisata. Katanya kalo ente jadi pemandu wisata di kota lama, terus cerita tentang angker2, mistis2, ente bakal dipecat. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:08
Deket sekolah ane
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:11
jadiin musem aja
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:16
Ini depan Balekambang itu ya
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:21
umum boleh masuk ?
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:26
Malah bagus rumahnya,nuansa klasik emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:27
Nice info...
profile-picture
profile-picture
TaraAnggara dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:35
Ane paling suka sama rumah-rumah gaya belanda, jadi buat ane sih ga terlalu serem, malah adem keliatannya
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:38
waktu berkunjung ke tempat wisata2 horror ini jangan lupa sambil makan lumpia semarang gan!!!
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:41
Ceyem yaa
profile-picture
TaraAnggara memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:44
0 0
0
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:45
Pas foto² disana dulu masih jaman pake kamera analog,sekitar tahun 99,eh sekalinya waktu dicetak filnya kobong kabeh.
0 0
0
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:51
artistik gedungny
0 0
0
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:57
waahhh tertarik ane gan kalo udah direkonstruksi kayak gituu.. kalo kayak sebelumnyaaa gaak deh makasiihh heheee
0 0
0
[COC Reg. Semarang]Terkenal Angker, Rumah Ini Pernah Digunakan Syuting Oleh Suzana
30-09-2020 07:59
jadi ane ngerti kenapa bisa ada rumah angker kayak gituu.. salah satunya tuh kayak rumah diatas yaahh.. bermula dari keduanya meninggal dan gaada yang mewarisinya.. tapi untungnya sih dijadiin yayasan, jadi masih bisa kehandle lah istilahnya ya
0 0
0
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia