Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
390
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f7224d9b840881a091fc5e0/malam-sebelum-penculik-tiba-saat-saat-terakhir-para-pahlawan-revolusi
1 Oktober sebentar lagi menjelang, bagi segenap rakyat Indonesia , ada satu peristiwa kelam dan berdarah yang tidak bisa terlupa. Ini tentang mereka yang gugur kecara keji tepat 55 tahun yang lalu,
Lapor Hansip
29-09-2020 01:00

Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi) 

1 Oktober sebentar lagi menjelang, bagi segenap rakyat Indonesia , ada satu peristiwa kelam dan berdarah yang tidak bisa terlupa. Ini tentang mereka yang gugur kecara keji tepat 55 tahun yang lalu, ini tentang kejinya fitnah para komunis dalam ‘dewan jenderalnya’ yang kelak tidak pernah terbukti, ini tentang Indonesia yang harus  ehilangan putera-putera terbaiknya demi membela ideologi Pancasila..

Untuk mengenang para pahlawan kebanggaan kita, saya mau ngerangkum memakai sudut pandang orang pertama mengenai saat-saat terakhir para kusuma bangsa tersebut..
 

Quote:1.       Letnan Jendral Ahmad Yani
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Seharian ini aku memang sangat susah dihubungi dan ditemui, dikarenakan beberapa pekerjaan dan menerima kunjungan sejumlah tokoh, seperti tadi misalnya dimana aku kedatangan Mayor Jenderal Basoeki Rachmat.

Brigadir Jendral Sugandhi, orang terdekat bung Karno hari ini terus berusaha mendatangiku, tetapi akunya tidak ada ditempat dimana ia akan menyamperiku. Akhirnya Brigjen Sugandhi bisa menghubungiku via telepon dan menyampaikan bahwa aku ini harus hati-hati terkait PKI dengan dugaan penculikan. Eh dulu juga Mayjend Parman pernah mewanti-wantiku soal adanya kemungkinan gerakan PKI pada tanggal 19-20 Sepeber 1965, tetapi tidak terjadi apa-apa kok. Intinya harus tetap hati-hati, begitu pesanku pada Brigjen Gandhi.

Malam menjelang subuh ini, anakku Eddy membangunkanku sebab ada yang mencari aku katanya.

Bergegas aku temui, rupanya Cakrabirawa yang memintaku datang ke istana. Aku menyanggupinya dan akan mandi dahulu, eh mereka tidak memperbolehkanku, siapa mereka? Aku ini Menpangad dan kalian hanyalah perwira-perwira bawah.

Akunya sedikit emosi karena sikap mereka yang terkesan tidak sopan, kamu harus memakluminya, bagaimana aku dengan posisi Panglima Angkatan Darat, bintang berjejer 3 di pundak sementara mereka seakan tidak melihat itu padaku, kamu mengertikan? Dan paham mengapa sampai aku menamparnya, dan kukira itu normal oleh refleksnya rasa marahku.

Kutampar pipi salah seorang itu, kemudian secara bersamaan dapat kudengar senjata Thompson yang pelurunya rupanya diberondongkan ke arahku.
Uhh sakit sekali,
Dahulu peluru-peluru ini kupakai untuk membela bangsaku, untuk mengusir penjajah, agar bangsaku bisa merdeka dan bebas dari berbagai hal yang tidak mengenakkan dalam perjajahan, tetapi kini peluru-peluru mereka diberondongkan padaku..

Tubuhku terhuyung-huyung jatuh, tatapan terakhirku aku melihat Eddy yang juga menatap bapaknya ini ambruk, sesaat kemudian penglihatanku gelap..
Isteriku kebetulan sedang tidak dirumah, tetapi kusyukuri sebab tidak mesti melihat suaminya ditembak dan diangkut nista ke mobil,

Ke lubang itu..
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)


 

Quote:2.      Mayor Jendral Soeprapto
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)

Dalam karir militer, ku akui perjuanganku sampai ke titik sekarang ini sangat panjang. Sewaktu kutamatkan sekolahku di Yogya 1941 lalu akunya mantap ingin masuk militer, lalu kudaftrakan diriku masuk ke akademi militer kerajaan Belanda, eh sialnya Jepang masuk dan aku ditawan lalu dipenjarakan, untungnya diriku licin dan berhasil kabur. Akunya pernah bergabung Seinendan, Syuisyitai, sampai bahkan Keibodan.

Pas Indonesia merdeka, akunya ikut perang untuk membersihkan sisa-sisa serdadu Dai Nippon. Kemudian bergabung ke TKR (Cikal bakal TNI), yang paling berkesan bagiku adalah pernah ikut pertempuran Ambarawa dipimpin Jenderal Sudirman dan aku jadi ajudannya, keren kan?
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
(akunya tepat di samping kiri Pak Dirman)

Sebenarnya perjalanan karir militerku pasca Indonesia merdeka masih panjang, tetapi  aku lebih ingin memberitahumu tentang apa yang terjadi di malam ini..
Pada malam menjelang subuh ini, akunya sedang menyelesaikan lukisanku yang kemudian akan kuserahkan ke Museum Perjuangan Jogja.

Tiba-tiba terdengar gerombolan yang lumayan gaduh datang, aku menghampirinya dan ternyata Cakra, mereka terkesan memaksa saat meminta diriku bergegas ke istana sebab di panggil bung Karno.

Mereka tidak mengizinkanku untuk sekedar berganti pakaian. Hormatku pada panglima tertinggi membuatku ikut padanya.
Kamu tau? Aku tidak pernah sampai ke bung Karno..
Aku dibunuh anak-anak bangsaku sendiri,
Tetapi akunya masih ingin kumpul dengan keluargaku,
Masih ingin berguna untuk bangsaku..
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)


 

Quote:3.      Mayor Jendral S Parman
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Menjelang subuh ini aku terbangun oleh banyaknya burung Gereja di ruang tamuku, aku terbangun dan kamu tau? Perasaanku tidak enak. Tetapi isteriku menenangkanku dan menyuruhku kembali tidur.

Akunya yang tidur kembali terbangun oleh banyaknya burung Sriti di kediamanku. Ah perasaanku sudah semakin kacau.

Gaduh terdengar, aku lihat Carkrabirawa datang di subuh begini. Mereka memintaku untuk menemui presiden, aku menyanggupinya dan berganti pakaian dahulu, lalu kudengar isteriku berkata “mana surat perintahnya?”

Ketika aku diboyongnya ke mobil, aku kaget sekali saat Cakra rupanya banyak dan bersenjata pula.
Dan kamu tau? Akunya tidak benar-benar sampai ke presiden..

Seharusnya aku mengenali dua tanda alam tadi..
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)


 

Quote:4.      Mayor Jendral MT. Haryono
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)

Bahkan jauh sebelum hari ini, aku sudah banyak firasat tidak enak yang semakin menguatkan diriku bahwa aku tidak akan baik-baik saja dikemudian hari.
Firasat tidak enakku membuat perubahan sikapku yang bahkan anakku menyadarinya.
Sebelum subuh ini kami sekeluarga bangun oleh riuhnya para Cakra itu, mereka mendobrak, uhh tidak beradab sekali, tetapi tidak apa-apa sebab jika mereka bilang permisi dan salam, berarti mereka penculik penuh adab kan hehe

Ku himbau keluargaku agar pindah ke kamar yang aman tatkala si om Bongkoes sudah hampir masuk ke kamarku. Aku matikan semua lampu dan berlari ke suatu arah, akunya pakai kaos putih sehingga mereka melihat bayanganku lari dan..

DORRR!

Akhh rasanya sakit sekali,
Untuk sesaat kusadari diriku tertembak..
Tetapi akunya masih ingin kumpul dengan keluargaku..
Masih ingin berguna buat bangsa..
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)



Quote:5.      Brigadir Jendral D.I. Panjaitan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)

Akunya pernah resign dari perusahaan kayu karena ingin sekali masuk militer, kemudian minta rekomendasi dari bosku. Berbekal ijazah HIS, raport kelas 3 MULO dan kemampuan bahasa Jepang, akunya diterima jadi Gyugun.

Aku ingin sekali jadi pejuang seperti leluhurku yang pernah berperang dipihak Sisingamangaraja XII.

Karir militerku berkembang pesat, hingga sempat ke Jerman untuk jadi atase militer dan oh iya akunya juga sempat bertemu BJ Habibie muda di sana.

Jadi pada malam jahannam ini, para Cakra itu melompati pagar dan menembaki seisi rumah hingga porak-poranda rumahku. 1 keponanku terluka dan seorangnya lagi meningga terkena berondongan peluru. Kalau kamu lihat kondisi rumahku, kamu pasti akan simpati. Kami di lantai 2, dan mereka masih dibawah sembari menyuruhku turun, ku ambil senapanku dengan maksud menembak dari atas, tetapi malah macet.

Sudahlah, aku tidak ingin ada korban jiwa lagi, dan berharap mereka menyudahi tembakannya ketika aku turun. Ku pakai pakaian kehormatanku, dan topi perwiraku lalu turun menemui mereka.

Mereka berseru memberi hormat tetapi ku acuhkan dan lantas memukul kepalaku dengan menembakku dengan keji..

Kamu lihat di film itu? tatkala puteriku mengambil darahku dengan terisak, lalu melumurinya di wajah? Iya itu asli..
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)


 

Quote:6.      Brigadir Jendral Sutoyo S
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Udara dikamar kerjaku semakin panas saja, padahal telah dipasangi AC. Jika kamu ada pada hari ini dikamar kerjaku, kamu akan melihat aku yang keluar masuk kamar tidak jelas akibat panas. '

Ajudanku kebingungan, ia bertanya tetapi ku jawab tak apa-apa. Kurasa ia ingin bertanya lagi tetapi tidak enak padaku, entahlah.
Akunya merasa tidak tenang terhadap semua yang ku kerjakan. Jam dinding terus berputar dalam keadaanku yang serba tidak enak.

Ketika subuh dini hari, para terntara yang bejibun banyaknya masuk ke halaman lalu merengsek ke rumah.

Mereka panggil aku, “Pak Toyo!” sambil nyuruhku keluar. Isteriku kebingungan karena hendak menelpon tetapi kabelnya diputus.

Mereka memintaku untuk ke Presiden tanpa mampu menunjukkan surat perintah.

Akunya masih berpiyama, tetapi mereka menodongku dengan kasar naik ke mobil. Aku tidak ingin melakukan perlawanan karena itu yang terbaik..
Dan kalian taukan setelahnya apa?
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)



 

Quote:7.      Letnan Satu Pierre A Tendean
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)

Aku benar-benar tidak menyangka bahwa antara aku dengan Rukmini yang begitu yakin akan segera menikah, akhirnya batal oleh oleh diriku yang kemudian mati ditangan mereka yang menyatakan dirinya Cakra dan hendak menjemput pak Nas, sebenarnya.

Akunya masih ingin bertemu dengan Rukmini, kakak adikku serta orang tuaku yang mulai sepuh.

Mungkin tidak akan tragis begini jika saja dahulu kuturuti pinta ayahku agar masuk sekolah kedokteran sama sepertinya.

Tetapi inilah jalanku, takdirku, toh akunya juga sangat bangga bisa masuk militer.
Dan, selamat tinggal Rukminiku sayang, yang harus menanggung beban sedih akibat diriku yang gugur dan baru bisa mengikhlaskan diri dipersunting pria lain 5 tahun kemudian.

Selamat tinggal keluargaku,
Hari perkimpoianku,
Kekasihku,
Rukminiku..
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)


Selepas tragedi kelam ini, sebanyak 71 Jenderal menandatangani petisi yang bertanggal 5 Oktober 1965 yang menyatakan bahwa apabila isu dewan jenderal itu benar adanya, maka mereka siap dihukum sebagai akibat dari tidak setia pada Negara dan bung Karno.
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
(sumber foto: akunfacebook Denny K Sabirin (putra Jenderal Sabirin Mochtar))

Namun jika dewan jenderal terbukti tidak benar-benar ada, maka mereka meminta agar nama baik, martabat serta kehormatan para korban pahlawan revolusi dipulihkan, dan PKI yang menyebarkan isu dewan jenderal ditindak tegas. 

Dan sampai akhirnya kita ketahui bersama bahwa dewan jederal hanyalah isu belaka..


SUMBER


Diubah oleh rukminiirawan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
byan1209 dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
29-09-2020 23:59
Pahlawan revolusi ini hanya awal saja, bbrp buln stelahnya dimulainya pembantaian tanpa proses peradilam yg di halalkan di negri ini. Sasarannya tentu saja simpatisan PKI, atau orang2 yg sngaja disangkakan berafiliasi dengn PKI. Bahkan mayt2 korban2 tsb yg tlah ditemukan dilarang utk dikubur kembali scra layak (krn penolakan). Ga smpe disitu ank,cucu atau yg msih trikat sodara dgn korbn2 trkait hidupnya d prsulit.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:00
GORENG TERUSSS
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:00
Om Tendean... Sungguh tragis kisah kehidupan dan percintaanmu dengan kekasihmu Rukmini...
Om masih sangat muda... Om masih bisa berjuang untuk negara...
Namun, takdir berkata lain...
Om pergi meninggalkan semua... Dengan cara yang tidak hormat... Semogaa mereka mendapatkan hal yang setimpal sampai di akhirat.. Aamiin..
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:02
Sejarah adalah satu-satunya mata pelajaran yang bagiku sangat menarik.. Namun, miris untuk membacanyaa... Karena hal hal kejilah yang terjadi dengan sejarah yang berhasil terukir di Indonesia...
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:14
this is very deep emoticon-norose
gak akan keungkap kebenaran yg sesungguhnya.
saya gak mau komentar banyak,
biar malaikat yang memberikan kesaksian dan semoga kita semua nanti mengetahui yang sebenarnya di hadapan Tuhan emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aljibo dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:15
Serius deh ane baru pertama kali seumur hidup nonton film G30S PKI kemarin pas disiarin di TV, udh kepala 3 baru nonton film ini.

Dulu sih waktu kecil cuma tau ceritanya dari tmn2 ane yg udh pada gede gmn itu film ini.
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:37
Baca thread sambil mata berkacakaca emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tens.kuy dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:45
Quote:Original Posted By nisemono
Hormat kepada pahlawan yang telah gugur emoticon-rose Korban dari kekejaman pengikut aliran yg sangat berbahaya di masa lalu, korban para pahlawan dipilih dan dibunuh secara sistematis, di masa sekarang komunis menunjukan sistem yang usang, sama sekali tidak ada potensi dalam kemajuan sosial, ekonomi dan bernegara, ditambah agama dianggap racun bagi aliran komunis dan hambatan dalam tujuan mereka, ingat-ingatlah mereka yang sudah gugur di tangan simpatisan komunis, pelajaran di masa depan bagi warga negara yang berakal dan cinta akan tanah air emoticon-I Love Indonesia


Pki itu partai, bukan aliran apalagi ideologi.

Chakrabirawa itu pasukan pelindung presiden, Paspampres klo sekarang. Isinya prajurit terpilih dari 3 Angkatan, AU, AD, AL.

Sebenarnya aneh klo Pasukan Chakrabirawa melakukan pembunuhan kepada 6 Jendral AD, salah satu marka yg ada di Chakrabirawa dng alasan isu Dewan Jendral, yg mana sebelumnya udah kelar dibahas Soekarno dan Ahmad Yani yg menjamin isu dewan jendral itu tidak ada.

Cuman yg memberatkan pki itu atas dasar alasan apa pki meminta dibentuk Angkatan Kelima, yg terdiri dari buruh dan petani yg dipersenjatai? Lagipun klo emang itu umtuk menyukseskan pemberontakan, apakah wajar PKI mengajukan keinginan itu secara terbuka dan resmi? Yg juatru bakalan menimbulkan tanda tanya besar? Meski akhirnya ditolak.

Itu setelah isu Dewan Jendral muncul klo tdk salah emoticon-Embarrassment

Jgn lupa jg pemberontakan DI/TII yg mendirikan Negara Islam Indonesia di Atceh
Diubah oleh batmanluck99
profile-picture
profile-picture
irmanblackcore dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 00:46
Hidup PSSI
profile-picture
profile-picture
yurikaede dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 01:04
Nice share...
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 01:07
Pahlawan² yang akan selalu di kenang karna telah berjuang untuk NKRI gan 🙏
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 01:12
Yang berpikir logis, tuh peristiwa sampe di bikin film dramatisir and di putar berulang-ulang setiap tahun, sampe masuk kurikulum juga ketauan ko dalangnya, tujuannya cuma 1 brainwash.
profile-picture
profile-picture
Aquabost dan rukminiirawan memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 01:39
Dalang nya amerika serikat.tujuan pelengseran presiden sukarno.
Indonesia korban adudomba dua raksasa perang dingin
Sukarno anti imperialisme barat
Pertama gagal pemberontakan PRRI/PERMESTA dukung CIA berhasil ditumpas pemerintah orla.dua partai masyumi dan Partai sosialis indonesia dibubarkan

G30S konflik internal TNI ada desas desus dari luar dewan jenderal ingin mengkudeta presiden
Yg kemakan isu adalah AURI dan paspampres(cakrabirawa)menculik 7 jendral mengira akan mengkudeta presiden
Lubang buaya itu pangkalan AURI
Pemerintah orba menginfasi timor Leste didukung AS dan australia ngga mau uni soviet masuk timor Leste.(laos.komboja dan Vietnam udah jadi komunis duluan)
Pemerintahan orla sama persis dgn amerika selatan
pembantai masal 65 AS tutup kuping
beda dgn timtim 91 cuma segelintir udah teriak HAM kena embargo senjata

Sebagai ucapan terimakasih suharto jadi presiden.
Freeport dikelola AS thn 1967
Mirip timor leste merdeka dari indonesia.sebagai ucapan terima kasih australia mengelola celah timor
Diubah oleh cahmlg123456
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan thomasshelby memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 01:49
JASMERAH
profile-picture
profile-picture
rukminiirawan dan Ihsan007007007 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 01:50
sebenernya sampai sekarang masih belum benar-benar clear mengenai kasus penculikan g30spki, entah kenapa gua juga masih merasa ada yang mengganjal.
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 02:07
Yang jelas thread kayak gini tentang sejarah harus terus ada biar generasi muda. tau sejarah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jonkoplo80 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 02:25
Quote:Original Posted By lpfd.reboisasi
iya, kalau melihat sejarah indonesia memang betul PKI disini sebagai sebuah partai dan tidak sebatas ideologi semata.


Iya sbg partai, partai yg sangat dekat dan dijamin oleh Soekarno, mungkin atas dasar itu pki yg dituduh melakukan penculikan dan pembunuhan para Jendral

Becose klo alasannya karena ingin merebut kekuasaan, itu blunder besar jika memang dilakukan pki mengingat betapa populernya pki dng rakyat termasuk dukungan Uni Soviet dan China.

Tanda tanya besar???
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 04:37
Aku takut merinding nontonnya nangis emoticon-Mewek emoticon-Takut
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Malam Sebelum Penculik Tiba.. (Saat-saat Terakhir Para Pahlawan Revolusi)
30-09-2020 04:46
Selamat jalan para pejuang bangsa semoga engkau mendapat tempat disisiNya, sangat miris bagi keluarga yg ditinggalkannya jika tragedi kelam ini dianggap fiksi.. tragedi ini tdk boleh dilupakan, tdk ada dinegara manapun 6 jenderal mati sekaligus dlm waktu yg bersamaan hanya di Indonesia
profile-picture
rukminiirawan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia