• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ini Dia 5 Produk Makanan Tertua di Indonesia, Sudah Ada Sebelum Negara Merdeka

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Ini Dia 5 Produk Makanan Tertua di Indonesia, Sudah Ada Sebelum Negara Merdeka
Indonesia merdeka pada tahun 1945 tapi beberapa perusahaan ternama sudah berdiri sebelumnya dan ada juga yang muncul beberapa tahun setelah kemerdekaan. Banyak perusahaan yang menjual aneka produknya di Indonesia, ada yang mampu bertahan dan ada juga yang gulung tikar karena tak mampu bersaing.

Sementara itu di luar negeri seperti Amerika Serikat sudah banyak produk baik itu makanan dan minuman ataupun produk lainnya yang berusia tua dan sudah ada sejak lebih dari seratus tahun yang lalu. Lantas, bagaimana dengan Indonesia? Jawabannya ada, di bawah ini adalah beberapa produk Indonesia tertua yang mungkin mudah agan temui baik itu di warung, supermarket, dll.

1. Kecap Bango

Berawal dari industri rumahan, Kecap Bango dirintis oleh Tjoa Pit Boen sejak 1928 di Tangerang. Sudah sangat lama bukan? Ya, usianya setara dengan Sumpah Pemuda. Kecap Bango dikenal karena terbuat dari kedelai hitamnya. Namun saat ini produsen kecap yang identik dengan festival kuliner Nusantara ini dimiliki oleh perusahaan rakasasa, Unilever.

2. Permen Davos

Permen mint legendaris ini terkadang dikira sebagai produk luar negeri. Padahal Davos adalah permen asli Indonesia tepatnya berasal dari Purbalingga, Jawa Tengah. Hebatnya Permen Davos sudah ada sejak 1931 atau sebelum bangsa ini merdeka. Perusahaannya didirikan oleh Siem Kie Djian. Permen Davos masih ada sampai sekarang walaupun untuk mendapatkannya memang butuh sedikit usaha seperti beli di toko online.

3. Teh Botol Sosro

Jika Amerika Serikat punya Coca Cola, maka Indonesia punya Teh Botol. Sebenarnya Teh Botol Sosro sudah ada sejak 1940 perusahaan ini didirikan oleh Soetjipto Sosrodjojo. Namun saat itu menjual teh kering dalam kemasan. Barulah pada 1969 menjual teh dalam kemasan botol dan diklaim menjadi produk teh dalam botol pertama di Indonesia dan dunia. Setelah bertahun-tahun memakai botol kaca, Teh Botol Sosro memakai kemasan botol plastik ketika teknologinya sudah ada.

4. Blue Band

Produk margarin ini memang terkenal di Indonesia dan biasanya dibutuhkan oleh ibu-ibu untuk membuat kue. Blue Band pertama kali sudah ada sejak 1936. Blue Band adalah produk makanan pertama dari perusahaan Van den Bergh NV, milik Unilever, gabungan perusahaan margarin asal Belanda, Margarine Unie, dan pabrik sabun Lever Brothers asal Inggris.

5. Jamu Jago

Produk yang dihasilkan oleh Jamu Jago tentu saja jamu tradisional yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Jamu Jago sudah ada sejak 1918 dan menjadi produsen jamu tertua di Indonesia. Didirikan oleh seorang tokoh bernama Phoa Tjong Kwan aka T.K Suprana dan istrinya Tjia Kiat Nio atau "Mak Jago". Sampai saat ini Jamu Jago terus bertahan dan bersaing dengan Sidoe Muncul.

Nah, gimana nih gan. Rupanya sebuah produk makanan mampu bertahan lama ya karena sudah dikenal luas dan melekat di hati masyrakat. emoticon-Big Grin

Quote:
dhinyzfrn
farinamany
tien212700
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
11.7K
342
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.