nevertalkAvatar border
TS
nevertalk
Staf Sebut 6 Bulan Belum Digaji, Ini Jawaban Jungle Land!


Manajemen pengelola The Jungle Waterpark Bogor dan Jungle Adventure Theme Park Sentul, yakni PT Graha Andrasentra Propertindo Tbk (JGLE) akhirnya buka suara terkait dengan pemberitaan soal karyawan yang menyebutkan terjadi penundaan gaji selama 6 bulan oleh perusahaan.

Sebelumnya para karyawan Jungle Adventure Theme Park Sentul di bawah kelolaan PT Jungleland Asia (PT JLA), anak usaha langsung dari Graha Andrasentra menyampaikan unek-uneknya di laman komentar Instagram resmi Nia Ramadhani, artis dan istri dari Anindra Ardiansyah Bakrie (Ardi Bakrie), salah satu generasi ketiga penerus bisnis keluarga Bakrie.

Graha Andrasentra adalah milik Grup Bakrie karena menjadi anak usaha dari PT Bakrie Development Tbk (ELTY) melalui PT Surya Global Nusantara dengan porsi kepemilikan saham 38,76% per September 2019.

Nuzirman Nurdin, Chief Investor Relations and Corporate Affairs Officer Graha Andrasentra Propertindo mengatakan perseroan sudah menyampaikan dampak pandemi terhadap kondisi perusahaan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Sudah disampaikan data, bahwa jumlah karyawan yang terdampak dengan status lainnya berjumlah 762 orang per 31 Agustus 2020. Sebanyak 410 orang di antaranya dari PT JLA, di mana gaji Februari 2020 (total kurang bayar 38%) dan Maret 2020 (100%) belum terbayarkan pada saat JLA ditutup operasinya karena dampak pandemic Covid-19 dan pemberlakuan PSBB di wilayah Jabodetabek,' katanya dalam emailkepada CNBC Indonesia, dikutip Senin (28/9/2020).

"Selama PT JLA tutup, karyawan dibebaskan dari kewajiban bekerja (berlaku prinsip no work no pay). Dengan demikian, yang dikatakan terjadi penundaan gaji selama 6 bulan adalah tidak berdasar," tegas Nuzirman.

Dia menjelaskan, ketika banyak perusahaan mengalami penurunan pendapatan yang disebabkan penurunan daya beli akibat wabah Covid, perseroan bahkan tidak bisa mendapatkan pendapatan sama sekali.

Hal ini terjadi bukan karena kinerja perseroan namun karena taman rekreasi yang dimiliki oleh perseroan dilarang beroperasi dalam upaya menekan laju wabah Covid-19.

Meski demikian, katanya, perseroan masih memiliki potensi usaha yang baik. Hal ini tercermin dari taman rekreasi air perseroan setelah mendapatkan izin untuk beroperasi kembali di pertengahan Juli 2020 memiliki pendapatan di bulan Agustus 2020 relatif sama dengan pendapatan di bulan-bulan sebelum wabah Covid-19 terjadi.

"Hal ini menjadi indikasi yang baik mengingat kinerja ini dicapai ketika wabah Covid masih berlangsung hingga saat ini," jelasnya.

THR dan BPJS
Terkait dengan informasi THR (tunjangan hari raya) yang belum dibayar, dia menjelaskan THR yang belum terbayar adalah THR Tahun 2020 yang semestinya dibayarkan Mei 2020.

Dia menegaskan, THR Tahun 2019 dan tahun-tahun sebelumnya telah dibayar lunas.

Dia menjelaskan, mengacu pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/6/HI.00.01/V/2020 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan dalam masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), bahwa perusahaan yang tidak mampu membayar THR Tahun 2020 sama sekali pada waktu yang ditentukan karena terdampak pandemic Covid-19, maka pembayaran THR diperkenankan ditunda maksimal sampai dengan akhir Tahun 2020 (SE Menaker No. M/6/HI.00.01/V/2020).

Menurut dia, dengan diberlakukannya ketentuan tentang BPJS Kesehatan, disusul kemudian ketentuan mengenai Program Jaminan Pensiun BPJS ketenagakerjaan (BPJS TK), maka semakin memberatkan kinerja perusahaan dalam memenuhi kewajibannya.

Dengan demikian, iuran BPJS TK yang semula lancar, kemudian menjadi tertunggak, berhubung perusahaan lebih memprioritaskan BPJS Kesehatan yang manfaatnya lebih dibutuhkan dan dapat digunakan karyawan setiap bulan.

Terkait iuran BPJS TK yang tertunggak, maka iuran tetap dibayarkan langsung oleh perusahaan kepada karyawan yang berhenti bekerja.

"Terkait pembayaran gaji Februari-Maret dan THR 2020 yang terutang, kami terus mengupayakan untuk dapat melunasinya melalui dukungan dari unit usaha lain yang telah diperbolehkan beroperasi maupun melalui divestasi aset."

"Namun dengan kondisi saat ini dimana pandemic Covid-19 dan pemberlakuan PSBB terus berlangsung, upaya-upaya tidak semudah yang dibayangkan," katanya.

Sebagai catatan, hingga kini perseroan belum menyampaikan laporan keuangan Desember 2019, Maret 2020, dan Juni 2020.

JGLE dan induknya ELTY menjadi dua dari 30 emiten yang belum menyampaikan laporan keuangan Desember 2019 dan kena denda senilai Rp 150 juta.

Keduanya juga menjadi dua dari 46 emiten belum menyampaikan laporan keuangan 31 Maret 2020 lalu dan denda senilai Rp 50 juta.

Mengacu laporan keuangan per kuartal III-2019 atau per September 2019, penjualan perusahaan tercatat turun 6,8% menjadi Rp 187,55 miliar dari September 2018 sebesar Rp 201,33 miliar.

Tingginya beban perusahaan terutama beban bunga, beban umum, denda keterlambatan pembayaran pinjaman, ditambah dengan adanya bagian atas rugi entitas asosiasi membuat perusahaan mencatatkan rugi bersih.

Di September 2019, rugi bersih tercatat Rp 86,08 miliar, bengkak 147% dari sebelumnya rugi bersih September 2018 yakni Rp 34,79 miliar.

Pendapatan terbesar disumbang dari taman rekreasi sebesar Rp 117 miliar turun dari sebelumnya Rp 125 miliar. Bisnis lain adalah hotel dan kondotel yang naik menjadi Rp 65,36 miliar dari sebelumnya Rp 62,87 miliar.

Baca:

 Staf Belum Gajian 6 Bulan, Ini Kinerja Keuangan Jungle Land

Bisnis lainnya adalah kavling tanah, rumah tinggal, dan bisnis orchard dan lifestyle dengan porsi pendapatan cukup rendah masing-masing Rp 2,62 miliar, Rp 2,51 miliar dan Rp 46,72 juta.

Pemegang saham perusahaan yakni PT Surya Global Nusantara (milik Bakrie Development) 38,76%, Banque De Luxembourg 12,33%, UBS AG LDN Branch 8,07% dan publik 40,84%.

Sebelumnya para karyawan Jungle Adventure Theme Park Sentulmenyampaikan unek-uneknya di laman komentar Instagram resmi Nia Ramadhani.

"Mbak sangat kaya sekali. Mbak tolong kash tau ke keluarga besarbakrie kalo kita jungleland blum di gaji ini selama 6 bulan menunggu belum di bayar juga.. tapi mbak terlihat menawan atas kekayaan itu.. smga bisa tersampaikan," tulisakun @rizaldinaldianputra.

Komentar Rizal ini pun direspons oleh 502 komentar lainnya.

"Saya juga berempati dan sedih, gakbisa bayangin gimana rasanya gaji 6 bulan gak dibayar sementara kebutuhan hidup terus jalan," tulisakun @abelformarhena.


https://www.cnbcindonesia.com/market...an-jungle-land

ITULAH PENTINGNYA MEMBANGUN KEBERSAMAAN DI PERUSAHAAN

HARUS ADA KOMUNIKASI DAN SOSIALISASI

NAMA PERUSAHAAN GA JADI JELEK, KARYAWAN JADI MENGERTI

NIA JUGA HARUS JAGA PERASAAN KARYAWAN YG TERDAMPAK



Btw tuh gaun kenapa ga dilelang aja buat bayar gaji Karyawan yg terdampak? emoticon-Marah
Diubah oleh nevertalk 28-09-2020 02:00
aldonistic
aygilagility
GutSchreiben
GutSchreiben dan 20 lainnya memberi reputasi
21
12.1K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.