bangchen99Avatar border
TS
bangchen99
Indonesia Resesi? Tenang Ini 5 Cara Selamatkan Diri
Dikutip dari Forbes berikut cara-cara ampuh melawan resesi.


1. Bayar Seluruh Utangmu

Hutang adalah masalah kala ekonomi sedang resesi ataupun saat booming. Akan tetapi tentunya masalah hutang akan semakin parah di tengah resesi apalagi juga muncul kemungkinan bagi anda untuk kehilangan pekerjaan dan anjloknya nilai investasi anda.

Hutang apapun, baik itu hutang kartu kredit, hutang untuk bersekolah, hutang rumah sakit, semakin banyak jenis hutang yang berhasil di bayar maka cicilan tiap bulan akan semakin kecil. Sehingga meskipun anda kehilangan pekerjaan selama berberapa bulan anda masih mampu mengatur cicilan hutang anda.

2. Cash is King

Terdapat dua alasan mengapa menyimpan uang cash dalam jumlah besar adalah ide yang baik di tengah resesi.

Pertama adalah persiapan untuk kondisi darurat. Kondisi darurat memang bisa terjadi kapan saja namun tentu saja kemungkinan terjadinya akan semakin tinggi di tengah resesi. Memiliki dana darurat yang besar adalah salah satu cara terbaik melawan resesi.

Apabila anda tidak sempat mengumpulkan dana sebelum terjadinya resesi ada berberapa tips dari Forbes. Stop membeli barang dan mulailah menjual barang yang tidak anda butuhkan dan batalkan seluruh langganan yang tidak diperlukan.

Alasan kedua menyimpan cash adalah ide baik berhubungan dengan saran ketiga yakni...

Setelah admin baca pada salah paham maksud Cash is King itu bukan artinya duitnya pegang simpen di rumah
tapi maksudnya jangan sampe lagi resesi gak punya dana darurat, sedangkan seluruh aset lu pada bentuknya non-cash
cash udah pasti liquid aset2 itu belum tentu,
jadi duit di tabungan yang bisa diambil sewaktu2 juga itungannya cash.

3. Teruslah Berinvestasi

Ketika pasar keuangan goncang, orang-orang menjadi panik. Tidak jarang kepanikan ini memancing para investor untuk menjual semua investasinya sehingga kemungkinan terjadinya crash malah akan bertambah.

Hal ini tentu saja dapat anda manfaatkan karena anda sudah menyimpan cash dalam jumlah besar, sehingga anda mempunyai daya beli untuk menyerok saham-saham murah yang turun akibat panic selling dan mendapat harga diskon besar.

Karena dalam sejarah pasar modal, setelah kejatuhan pasar maka selanjutnya akan tiba fase pemulihan pasar dimana harga-harga saham akan naik tinggi ketika pasar sudah tenang.

4. Terus Belajar Untuk Kembangkan Diri

Salah satu hal yang bisa anda lakukan di kala resesi adalah terus belajar dan meningkatkan kemampuan dan kualifikasi anda sehingga anda akan tetap relevan di lini karir anda dan mengecilkan kemungkinan untuk menjadi korban pemecatan pekerjaan.

5. Cari Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan ini dapat meningkatkan pendapatan anda sambil anda bekerja seperti biasa. Bisnis ini bisa dilakukan baik secara online maupun offline, yang penting adalah bisnis ini dapat mendiversifikasi sumber pendapatan anda.

Mungkin memang di awal bisnis anda hanya bisa mendapatkan receh, akan tetapi bukan tidak mungkin seiring waktu pendapatan anda bisa bertambah besar, bahkan apabila nantinya anda terpaksa kehilangan pekerjaan, bisnis sampingan ini bisa menjadi sumber pendapatan utama
Diubah oleh bangchen99 27-09-2020 20:02
nomorelies
orgbekasi67
eyefirst2
eyefirst2 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.