News
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6ebcadb8408859bb24a9f7/cek-fakta-benarkah-habib-rizieq-pakai-sorban-bergambar-palu-arit-khas-pki
Suara.com - Beredar foto imam besar FPI, Rizieq Shihab mengenakan sorban berwarna putih dengan gambar palu arit, logo PKI. Dalam foto tersebut, terlihat sebuah sandal berada di mulut Rizieq. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Jaffar Siddik. Dalam foto tersebut juga ada tulisan 'Bos PKI'. Tak hanya mengunggah foto Rizieq, akun tersebut juga menambahkan narasi sebagai berikut: "K
Lapor Hansip
26-09-2020 10:59

CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?

CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?Suara.com - Beredar foto imam besar FPI, Rizieq Shihab mengenakan sorban berwarna putih dengan gambar palu arit, logo PKI. Dalam foto tersebut, terlihat sebuah sandal berada di mulut Rizieq.

Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Jaffar Siddik. Dalam foto tersebut juga ada tulisan 'Bos PKI'.

Tak hanya mengunggah foto Rizieq, akun tersebut juga menambahkan narasi sebagai berikut:

"Kabur karena kasus mesum, memalukan."

Benarkah keaslian foto tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (25/9/2020), klaim Habib Rizieq pakai sorban bergambar palu arit adalah klaim yang salah.

Faktanya, foto yang beredar tersebut merupakan foto hasil suntingan atau editan pihak tak bertanggungjawab.

Setelah ditelusuri, foto yang telah disunting tersebut diambil dari foto asli yang dimuat dalam artikel dari Merdeka.com berjudul 'DPRD Purwakarta kedatangan Habib Rizieq Shihab picu konflik' yang tayang pada 6 Februari 2017.
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
Foto serupa juga ditemukan pada artikel Merdeka.com berjudul 'Besok diperiksa, Rizieq diingatkan untuk tidak bawa massa' yang dipublikasikan pada 17 Desember 2015.

Pada kedua artikel tersebut, foto Rizieq asli hanya mengenakan sorban berwarna putih tanpa gambar palu arit dan tidak ada sandal jepit di mulutnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan klaim Habib Rizieq pakai sorban bergambar palu arit adalah klaim yang keliru.

Klaim tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

https://www.suara.com/news/2020/09/2...has-pki?page=2

Abis di tabrak onta kini muncul pula bos pki emoticon-Leh Uga

profile-picture
profile-picture
profile-picture
pradanto17 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 13:38
sadisss nih hoaxnya, Apakah Laskar diem atau bakal geruduk demo ?emoticon-Bingung
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 13:56
kagak perlu cek fakta juga ketahuan kok itu foto hoax
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 15:02
samve gehnean diqlaripiqasu
nyank bwehner sazah emoticon-Angkat Beer
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 15:11
Ada yg lain nggak ?

Semakin ga mau balik semakin banyak varian nya

emoticon-Ngakak
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 15:57
Edit sendiri...
Upload sendiri...
Ribut sendiri...
emoticon-Leh Uga
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 16:06
kl bener gitu palanya bs dibakar masa..
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 16:46
Bruakakakkakakkaka emoticon-Leh Uga
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 16:55
ya ampyunnn emoticon-Ngakak ga cebong ga kadrun kalo bikin hoax kok ya gobloknya ga kira2

katakanlah dia benar PKI, gak mungkin juga dia pake sorban berlogo itu. otak pake dikit lha kalo mau giring opini
emoticon-Ngakak
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 17:12
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 17:12
Kena pitonah mulu bib emoticon-Mewek
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
26-09-2020 19:26
Kira kira sapa ya yang nebar hoax ke brizik??
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
27-09-2020 01:17
wah kacau nih yg bikin
ente mau masuk neraka jalur prestasi??
emoticon-army
0 0
0
CEK FAKTA: Benarkah Habib Rizieq Pakai Sorban Bergambar Palu Arit Khas PKI?
27-09-2020 08:33
lagi bentar tanggal 30.. marketing lagi kejer target
Diubah oleh nayeontwice
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia