• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Selain Rasanya Seperti Menjadi Iron Man, Ternyata Nama Odading Punya Nilai Sejarah!

masnukho
TS
masnukho 
Selain Rasanya Seperti Menjadi Iron Man, Ternyata Nama Odading Punya Nilai Sejarah!

Bukan Mang Oleh pencetus nama Odading, melainkan jajanan lokal dengan sejarah panjang!



Odading Mang Oleh, nampaknya sebuah keberkahan bagi penjual jajanan khas Bandung Jawa Barat ini semenjak jajanan yang dijualnya direview oleh salah seorang YouTubers bernama Ade Londok.

Mungkin sebagian dari masyarakat Indonesia belum pernah melihat atau merasakan sendiri makanan khas Bandung ini, dan baru mendengar nama Odading setelah video pendek dari Ade Londok viral menyita banyak perhatian warganet!

Video review makanan yang dilakukan oleh Ade Londok, viral karena memang sedikit agak aneh dan tidak seperti review makanan food vlogger pada umumnya. Kali ini Ade mereview Odading dengan menggunakan bahasa Sunda dengan logat bahasa yang khas!

Uniknya lagi, Ade Londok menyelipkan sebuah jargon untuk mengajak para audiens membeli Odading dengan sebuah kalimat yang lucu, yaitu mengatakan bahwa rasa saat makan Odading seperti menjadi Iron Man.




Berkat review Odading yang dilakukan oleh Ade Londok, tempat jualan Odading Mang Oleh di jalan Baranang Siang Nomer5, Pasar Kosambi Bandung pun ramai dengan pembeli.
Sejak video tersebut viral, pembeli Odading Mang Oleh melonjak tajam, sampai mengantri beratus-ratus meter dan dijaga oleh Polisi!

Buat yang belum tahu, Odading sendiri adalah salah satu jajanan pasar khas Bandung yang terbuat dari tepung terigu yang berbentuk seperti roti bantal, kue ini biasa dijadikan menu sarapan pagi menjadi teman minum teh atau kopi.




Nah, ternyata GanSis di balik viralnya Odading Mang Oleh, ada sebuah sejarah panjang yang berhubungan dengan penamaan jajanan Khas ini.
Bersumber dari sebuah cuplikan film "Preman Pensiun"yang tayang di salah satu stasiun televisi beberapa waktu lalu, ternyata di dalam film tersebut salah satu pemainnya menjelaskan asal usul nama Odading.

Orang tersebut adalah Icuk Nugroho, pemeran Saep si pencopet di dalam film preman pensiun!




Dalam cuplikan video tersebut Saep menjelaskan kepada seorang perempuan asal usul nama Odading, yang ternyata asal usul nama Odading berasal dari seorang keluarga Belanda yang tinggal di Indonesia.

Pada suatu hari seorang ibu dan anak dari keluarga Belanda tersebut membeli jajanan khas Bandung di tepi jalan, sang anak menunjuk sebuah kue, karena sang ibu tidak mengetahui nama jajanan tersebut sang ibupun mengucapkan sebuah kalimat dalam bahasa Belanda "O Dat Ding", yang ternyata memiliki arti "O, yang itu", sejak saat itulah jajanan khas Bandung tersebut diberi nama Odading!

Di bawah ini cuplikan videonya!


Spoiler for Asal Usul Nama Odading:


Wah, tidak disangka ya GanSis ternyata Odading Mang Oleh yang viral karena Ade Londok yang mempunyai jargon "Rasanya seperti menjadi Iron Man"ini mempunyai asal usul sejarah nama yang cukup panjang!

Viralnya review Odading Mang Oleh dari Ade Londok, tidak hanya membawa berkah bagi Mang Oleh dan para karyawannya. Ade Londok pun juga menerima berkah lebih dari apa yang telah dilakukannya, dia ditunjuk oleh Gubernur Jawa Barat yaitu Kang Ridwan Kamil, untuk menjadi duta promosi kuliner Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM Jawa Barat.
Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kang Ridwan Kamil saat mengunjungi Odading Mang Oleh dan bertemu langsung dengan Ade Londok!




Bagaimana GanSis, makin banyak fakta yang kita ketahui soal sejarah panjang Odading ya GanSis!

Jika kita mau mereview segala jenis jajanan dari berbagai daerah di Indonesia, tentu kita akan menemukan keberagaman jenis makanan khas yang belum pernah ketahui sebelumnya.
Inilah yang membuat Negara Indonesia itu kaya, tidak hanya hanya akan adat kebudayaan, ras, keberagaman bahasa daerah, namun juga kaya akan makanan khasnya.

Oke GanSis, itulah tadi sejarah nama Odading. Mudah-mudahan kita bisa menjadi Iron Man setelah memakannya!

Terima kasih sudah singgah, dan sampai jumpa di thread ane yang lain





Penulis: @masnukho©2020
Narasi: opini pribadi
Referensi dan gambar
di sini


Kunjungi Blog Komunitas KOMPAK Dengan Klik Gambar Di Bawah Ini!



emoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan

papatonxadelianzwferaldi2001
feraldi2001 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
4.6K
44
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.