News
Batal
KATEGORI
link has been copied
202
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f697959c8393a0334625dd0/benarkah-masker-scuba-dilarang-karena-alasan-politik
Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.
Lapor Hansip
22-09-2020 11:11

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?

Past Hot Thread
Quote:



Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.

Klaim tersebut ramai di jejaring media sosial Facebook sesaat setelah klaim yang disebarkan oleh akun bernama Tommy Cen pada 16 September 2020. Dalam unggahannya, akun Facebook bernama Tommy Cen mengunggah foto beberapa tayangan berita tentang larangan penggunaan masker scuba.

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Tidak sampai disitu, akun tersebut juga memuat narasi yang berisi klaim larangan penggunaan masker scuba karena politik. Berikut narasinya:

"ini politik perusahaan beneran...dl awal podemi masker di save harga di naikan selangit & kluar lah masker scuba produksi rmhan harga murah jg bisa di cuci pakai lagi...skrg di larang masker scuba krn masker mereka tdk laku jg mahal...bantu tdk mlh sll nyusahin masyarakat melulu...bila mau membantu stiap rumah di bagi masker 1 kotak/bln scr free n sosialisasi br jlnin larangan itu," tulis akun Facebook Tommy Cen.

Lantas benarkah klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, didapatkan fakta dari situs Liputan6.com bahwa larangan penggunaan masker scuba bukanlah karena alasan politik.

Sebenarnya, larangan penggunaan masker scuba adalah karena masker jenis tersebut tidak efektif dalam menangkal virus corona. Alasannya adalah karena masker scuba berbahan elastis dan berpori besar. Selain itu masker scuba mempunyai bahan yang tipis.

Kemudian masker scuba juga tidak memiliki kemampuan menyaring partikel yang lebih kecil. Dan, hal yang paling penting lagi adalah menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, bahwa scuba sebenarnya bukanlah termasuk kategori masker.



KESIMPULAN
Dari hasil pemeriksaan fakta tersebut, Hansip Hoax menyimpulkan bahwa klaim mengenai larangan penggunaan masker scuba yang dikarenakan alasan politik adalah klaim yang tidak benar alias hoaks. Klaim yang sebenarnya adalah larangan tersebut dikarenakan masker scuba tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.


Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.



SUMBER:
Liputan6


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 7
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 13:14
sekarang scuba sama masker kain bisa gimana? ada beda kah? sama sama tipis. kebanyakan 1 lapis.
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 13:42
Quote:Original Posted By hansiphoax
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.

Klaim tersebut ramai di jejaring media sosial Facebook sesaat setelah klaim yang disebarkan oleh akun bernama Tommy Cen pada 16 September 2020. Dalam unggahannya, akun Facebook bernama Tommy Cen mengunggah foto beberapa tayangan berita tentang larangan penggunaan masker scuba.

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Tidak sampai disitu, akun tersebut juga memuat narasi yang berisi klaim larangan penggunaan masker scuba karena politik. Berikut narasinya:

"ini politik perusahaan beneran...dl awal podemi masker di save harga di naikan selangit & kluar lah masker scuba produksi rmhan harga murah jg bisa di cuci pakai lagi...skrg di larang masker scuba krn masker mereka tdk laku jg mahal...bantu tdk mlh sll nyusahin masyarakat melulu...bila mau membantu stiap rumah di bagi masker 1 kotak/bln scr free n sosialisasi br jlnin larangan itu," tulis akun Facebook Tommy Cen.

Lantas benarkah klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, didapatkan fakta dari situs Liputan6.com bahwa larangan penggunaan masker scuba bukanlah karena alasan politik.

Sebenarnya, larangan penggunaan masker scuba adalah karena masker jenis tersebut tidak efektif dalam menangkal virus corona. Alasannya adalah karena masker scuba berbahan elastis dan berpori besar. Selain itu masker scuba mempunyai bahan yang tipis.

Kemudian masker scuba juga tidak memiliki kemampuan menyaring partikel yang lebih kecil. Dan, hal yang paling penting lagi adalah menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, bahwa scuba sebenarnya bukanlah termasuk kategori masker.



KESIMPULAN
Dari hasil pemeriksaan fakta tersebut, Hansip Hoax menyimpulkan bahwa klaim mengenai larangan penggunaan masker scuba yang dikarenakan alasan politik adalah klaim yang tidak benar alias hoaks. Klaim yang sebenarnya adalah larangan tersebut dikarenakan masker scuba tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.


Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.



SUMBER:
Liputan6




bener siihh kata2 terakhirnya.. harusnya pemerintah ngasih tuh 1 box perbulan per kepala emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 14:26
Itu yang bikin hoax pinter banget kalo suruh adu domba gan 😅 udah jelas dilarang pake scuba karna nga efektif dalam menangani Corona
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 18:50
Kenapa pemberian anjuran untuk tidak menggunakan masker jenis scuba ini setelah banyak orang yang menjual, menggunakan dan juga memesannya termasuk juga instansi pemerintahan. Coba kalau sejak awal pemerintah atau para peneliti sudah memberikan anjuran tentunya hal ini tidak akan menjadi heboh.
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 18:53
Masker skuba melindungi kok.. melindungi dari razia dari satgas aja tapi emoticon-Big Grin
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 19:23
Semua ke bisnis
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
23-09-2020 21:08
Scuba panas gak sih dipake
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
24-09-2020 02:08
karena dulu panik, terlalu jumawa covid ga akan masuk indonesia, persiapan stok kurang, riset blm memadai, jd pakai apa aja yang ada
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
24-09-2020 10:55
dimasa genting kayak gini masker jadi masalah ya
dimasa genting kayak gini apa nggak baiknya saling memberi informasi yang positif
dimasa genting kayak gini apa nggak baiknya dibagikan masker yang benar
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
26-09-2020 12:28
Ya waktu dulu ada menteri yg bilang ngapain pake masker krn yg pake masker hanya org sakit skrg masker aja diributin harus yg medis, sedangkan masker medis mahal apakah sudah bisa kontrol demand dan pricingnya wahai pemerintah?
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
30-09-2020 20:47
Bukan karena politik sih namun memang bahan scuba ini dirasa masih tipis dan virus masih bisa dengan mudah menembus bahan itu dan akhirnya masuk ke hidung atau mulut kita
0 0
0
Halaman 7 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia