News
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69df7f88b3cb1fd94c88b2/kunjungan-hanya-10-persen-pengusaha-mal-kibarkan-bendera-putih
Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, delapan Hari pasca pemberlakuan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) Jidil Dua, Selasa (22/9/2020).(M Faris) Penulis Hilda B Alexander | Editor Hilda B Alexander JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan hari sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II atau PSBB Pengetatan diberlakukan pada Senin (14/9/2020), tingkat kunjungan pusat perbelanjaan di Jakarta me
Lapor Hansip
22-09-2020 18:26

Kunjungan Hanya 10 Persen, Pengusaha Mal Kibarkan Bendera Putih

Kunjungan Hanya 10 Persen, Pengusaha Mal Kibarkan Bendera Putih
Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, delapan Hari pasca pemberlakuan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) Jidil Dua, Selasa (22/9/2020).(M Faris)

Penulis Hilda B Alexander | Editor Hilda B Alexander

JAKARTA, KOMPAS.com - Delapan hari sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II atau PSBB Pengetatan diberlakukan pada Senin (14/9/2020), tingkat kunjungan pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami penurunan signifikan. Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia ( APPBI) Alphonzus Widjaja mengungkapkan, tingkat kunjungan anjlok sekitar 50 persen jika dibandingkan dengan saat PSBB Transisi.

"Jadi tingkat kunjungan sekarang hanya tinggal sekitar 10 persen hingga 20 persen saja," ujar Alphonzus kepada Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Menurut Alphonzus, hampir semua pusat belanja anggota APPBI, khususnya di Jakarta yang harus memenuhi kapasitas 50 persen yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengalami penurunan tingkat kunjungan.

Mal Kota Kasablanka, AEON Mall BSD City, Pondok Indah Mall, Mal Taman Anggrek, Kuningan City, Senayan City, Plaza Senayan, dalam kondisi aktual pada hari ini Selasa (22/9/2020) juga terlihat sepi. Oleh karena itu, APPBI berharap PSBB kali ini tidak berkepanjangan dan berdampak pada perekonomian masyarakat.
Kunjungan Hanya 10 Persen, Pengusaha Mal Kibarkan Bendera Putih
Kondisi aktual AEON Mall BSD City, Seals (22/9/2020).(Pratama Faizal)


Namun ternyata, apa hendak dikata, jumlah kasus positif juga tidak kunjung turun sehingga sepertinya PSBB kali ini akan berlangsung lama.

Sejumlah strategi dan siasat untuk tetap dapat bertahan, seperti efisiensi di seluruh aspek, tidak lagi bisa dilakukan.

Terlebih lagi, kerugian yang diderita sejak PSBB pertama dan PSBB Transisi yang mencapai sekitar Rp 12 triliun, belum bisa ditutupi.

"Kami sudah lebih dari enam bulan melakukan efisiensi. Saat ini sudah tidak ada lagi yang bisa diefisiensikan lagi," cetus Alphonzus. Sebagian besar pengelola (pemilik) dari total 296 pusat belanja anggota APPBI juga tercatat tidak lagi memiliki dana cadangan untuk bisa bertahan.

"Mayoritas sudah kehabisan dana cadangan, oleh karenanya APPBI sangat memerlukan bantuan pemerintah secepatnya," kata Alphonzus.

Untuk diketahui, selama PSBB Pengetatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan pasar dan pusat perbelanjaan di Jakarta tetap beroperasi, namun dengan ketentuan khusus.

Ketentuan tersebut adalah penerapan batas kapasitas paling banyak 50 persen pengunjung yang berada dalam lokasi pada waktu bersamaan.

Restoran, rumah makan, dan kafe di dalam pusat perbelanjaan hanya boleh menerima pesan antar atau bawa pulang.

Sumber

Baguslah kalo konsisten dari awal mengenai psbb, mungkin aja kasus covid akan berkurang sedemikian rupa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
crazyidea dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Kunjungan Hanya 10 Persen, Pengusaha Mal Kibarkan Bendera Putih
26-09-2020 12:23
Kalo Mall saja berdampak besar bgmana pengusaha mikro pinggiran?
0 0
0
Kunjungan Hanya 10 Persen, Pengusaha Mal Kibarkan Bendera Putih
27-09-2020 08:12
Yang kasian karyawannya yaa kena pemotongan gaji atau bahkan PHK 😢semoga pandemi segera berakhir karena impact ekonomi dan kesehatan bener2 menyiksa
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia