News
Batal
KATEGORI
link has been copied
347
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6c4ecceaab250408572d01/menakjubkan-2-kali-vietnam-kalahkan-corona-apa-rahasianya
Pada akhir Juli, ditemukan 550 kasus corona di wilayah kota Da Nang. Namun saat ini, sudah dua minggu tak ada kasus di negeri itu. Bahkan, tak ada kematian baru selama enam bulan ini. Lalu apa rahasia Vietnam?
Lapor Hansip
24-09-2020 14:46

Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?

Past Hot Thread
Jakarta, CNBC Indonesia - Vietnam kembali mengalahkan corona (Covid-19). Padahal, negara itu juga sempat terkena serangan kedua virus yang pertama merebak di Wuhan, China tersebut.

Pada akhir Juli, ditemukan 550 kasus corona di wilayah kota Da Nang. Namun saat ini, sudah dua minggu tak ada kasus di negeri itu.

Bahkan, tak ada kematian baru selama enam bulan ini. Lalu apa rahasia Vietnam?

Dikutip dari media Australia abc, sejak awal pemerintah Vietnam bertindak cepat dan keras dalam melawan virus. Setelah pertama kali terdeteksi di Januari, penerbangan di dan ke Wuhan dibatalkan.

Pada Maret, hampir semua perbatasan negara ditutup. Pengujian, pelacakan kontak dilakukan dengan agresif termasuk kampanye kesehatan masyarakat dengan cepat dimobilisasi.

"Public buy-in, sangat penting untuk kesuksesan ini," kata Dana Moneter Internasional (IMF) memuji Vietnam saat itu.

"Dari tahap awal, komunikasi tentang virus dan strateginya transparan."

Pemerintah menggunakan berbagai cara kreatif untuk mengomunikasikan pesan tentang gejala corona, cara mencegah dan mengujinya. Termasuk melalui outlet media pemerintah, media sosial, pesan teks dan lagu tentang pentingnya mencuci tangan.

Sudah sejak Maret, masker menjadi hal wajib bagi semua orang di luar ruangan. Tak ada penolakan untuk menggenakan masker.

"Vietnam sangat terbiasa dengan penyakit menular ... telah banyak wabah penyakit menular selama 20 tahun terakhir," kata Guy Thwaites, Direktur Unit Penelitian Klinis Universitas Oxford yang berbasis di Kota Ho Chi Minh.

"Ini bukanlah respons berteknologi tinggi, ini respons yang sangat cepat dan terorganisir dengan sangat baik."

Penguncian nasional yang ketat diberlakukan dari 1 April hingga 22 April. Ratusan ribu orang yang diduga terpapar dikarantina di rumah sakit dan di rumah.

"Setiap warga adalah seorang tentara, setiap rumah, dusun, daerah pemukiman adalah benteng dalam memerangi pandemi," kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc.

Berbeda dengan negara lain, usia rata-rata yang terinfeksi sekitar 30 tahun. Ini disebut menyebabkan minimnya angka kematian di negara itu.

Namun pada Juli 2020, penyakit ini muncul lagi di Da Nang. Bahkan menyebabkan kematian pertama di negara itu tepatnya pada 31 Juli, ketika seorang pria berusia 70 tahun meninggal.

Kasus meningkat jadi ratusan setelah itu hanya dalam beberapa hari. Setengah dari total kasus Vietnam sejak dimulainya pandemi.

Dari data WHO, 98% kasus terkait sebuah rumah sakit besar di kota itu. Pasien rata-rata pernah mengunjungi rumah sakit dan ke Da Nanhg.

Alhasil kota itu dikunci dengan perjalan keluar masuk yang sangat dibatasi. Pengujian skala besar juga dilakukan, jika ada hasil positif, maka semua sampel akan diuji secara individual.

"Seluruh rumah tangga menjadi satu sampel,"kata seorang Prof Thwaites, seraya menambahkan komunitas atau lingkungan dengan kasus yang diketahui menjadi sasaran pertama.

"Dengan cara itu mereka dapat menguji setara dengan sekitar 100.000 orang melalui sekitar 20.000 tes. Ini memungkinkan mereka untuk menghemat banyak waktu dan uang."

WHO sebelumnya melaporkan sepertinga dari rumah tangga di Da Nang sudah diuji. Itu dimulai 3 hingga 10 September saja.

"Penguncian jauh lebih ketat daripada yang terakhir kali dan tanggapan di jalan kami bagus, mereka menemukan sebuah kasus dan segera menguncinya," kata Jos Aguiar, seorang Australia yang bekerja untuk perusahaan properti Vietnam di Da Nang.

"Di lingkungan kami, mereka membarikade kedua sisi jalan, ini merupakan ketidaknyamanan, tapi saya senang dengan cara Vietnam menanganinya."

(sef/sef)

https://www.cnbcindonesia.com/lifest...apa-rahasianya




+62 gmn?? emoticon-Embarrassment



Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?


salah wan abud karena lockdownnya ditolak emoticon-Blue Guy Bata (L)






Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?

Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?




Terimakasih kepada bapak jokowi dan opung luhut beserta jajarannya atas pemerataan covid ke seluruh pelosok negeri sehingga semua pemda punya kerjaan emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 57 lainnya memberi reputasi
56
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 11:41
lucu2 komentar pejabat +62 di awal corona...
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 11:43
Oh jadi Vietnam kembali mengalahkan corona (Covid-19).

Padahal, negara itu juga sempat terkena serangan kedua virus yang pertama merebak di Wuhan, China tersebut.
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 11:50
Yg pasti disana ga nganggap mati karna Covid sebagai bagian dari Jihad yg bisa bikin jenazah jd mati syahid
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 11:57
mantabbb.. vietnam bisa karena mereka komunis ngaturnya gampang.

kalo kita kan surganya pariwisata
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 12:18
Vietnam Ama Jakarta luas mana wilayah nya ?
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 12:26
Kuncinya di masyarakat yg mudah diatur dan pemerintah gak tegas. Dua duanya saling berkaitan. Di indonesia dua duanya gak ada, karena emang peraturannya ga jelas juga. Mau berkiblat ke mana ga jelas. Yaudah psbb terus aja sampe tahun depan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 12:42
padahal komunis ya emoticon-cystg
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 12:50
iya kalo bisa disiplin memang bisa menekan kondisi covid, maka hal ini harus secara tegas dari pemerintah pusat, dan warga nya juga manut
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 13:11
kualitas seorang pemimpin itu bisa diliat saat menghadapi krisis, dan terbukti gagal total
Diubah oleh vectorfreak
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 13:21
@ts bacot

itu yg ngaku2 dari januari sdh mantau bisa apa?
malah tertinggi terus di Indonesia emoticon-No Hope
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 13:24
Quote:Original Posted By vin138
Saya sepenuhnya menggunakan google translate. Saya tidak bisa membaca atau menulis bahasa Indonesia.
Saya mengikuti forum Kaskus untuk belajar tentang negara Anda Indonesia.
Teknologi Google diterjemahkan dengan hebat. Saya dapat membaca dan menulis berbagai bahasa berkat Google. Terima kasih google!
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?


Owalah.. berarti susunan bahasa vietnam..? Sama persis dg bahasa.indonesia? Kalau dari bahasa inggris ke indonesia..? Sudah pasti ke bolak-balik. Atau terasa janggal bahasanya.. emoticon-Big Grin
profile-picture
darmawan.budi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 13:36
Quote:Original Posted By KangPri
@vin138 impresif
Saya dulu 3 tahun tinggal dekat Ben Thanh Market

Punya asisten rumah tangga, orang keturunan Jawa, yang katanya keturunan putri Campa dulu. Berhijab pula


Wah,, kulo dereng natè ting mriku.. (vietnam) emoticon-Mewek
profile-picture
darmawan.budi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 13:47
Kok lari ke ideologi ? emoticon-Leh Uga

Di vietnan
Presiden vietnam : Corana sdh merebak.. bsk tutup smua 2 minggu semua kegiatan.. tak peduli apapun tu
Menteri2 : siap bos
Pengusaha : kami dukung
Warga : yo wes apaboleh bwt

Di indonesia
Presiden Indo : corona merebak. Apakah kita iku tutup juga?
Menteri A : corona mitos bos
Menteri B : Jgn bos Investasi tar turun Bos
Menteri C : klo tutup pariwisata ambruk bos
Menteri D : pemasukan negara kita turun bos apakah bos mau ngajuin utang gi ?
Partai Oposisi : kalo telat ya semua impian n proyeksi lu ambruk semua bos
Pengusaha : pie iki aku bingung... ekspor byk yg tutup krn lockdown produksi jalan terus.. klo PHK dimarahin si Bos
Tokoh agama z : corona azab pemerintah sana n tdk akan menyerang kita
Warga : sakarep mu wes dah


Diubah oleh ruuuruuu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garren007 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 15:37
Udah 10 ribu ya yg meninggal disini?
Diubah oleh .noiss.
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 15:49
Negara komunis setiap kebijakan ga akan diprotes, warga se iya se kata dengan pemerintah, beda sama dimari. Apapun kebijakannya kritik no. 1, kalo ga kritik ya mereka ga akan eksis, kalo ga eksis gimana mau menang dalam pemilihan emoticon-Hammer2
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 16:44
polemik masker scuba itu aja sudah menandakan bahwa research & dev nya Kemenkes kurang tepat. awalnya mereka bilang masker hanya utk org sakit, trs berubah lagi harus masker. ketika sudah mulai sadar pake masker, muncul lagi masker scuba dilarang. kenapa ga dari dulu aja tuh kebijakannya keluar
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 17:19
Hebat ya terbukti 2 kali berhasil mengatasi covid-19
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 17:35
itulah gunanya bhineka tunggal ika,kena satu harus kena semua emoticon-Hammer2
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 17:48
sedangkan disini yang kena covid malah jalan jalan mau nular nularin ke orang lain. aneh sekali warga siniemoticon-Ngacir
0 0
0
Menakjubkan! 2 Kali Vietnam Kalahkan Corona, Apa Rahasianya?
25-09-2020 19:06
Rahasianya warga ga ngeyel wkwk
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia