• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Tips Menghasilkan Murbei Yang Berbuah Lebat Dan Nikmat Tanpa Oba

egi113
TS
egi113
Tips Menghasilkan Murbei Yang Berbuah Lebat Dan Nikmat Tanpa Oba

Salah satu alasan kenapa orang senang merawat tanaman karena ingin menikmati buah hasil dari tanaman yang dirawatnya. Meski terkadang hasilnya tidak sesuai ekspektasi, namun kebanyakan orang merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan. Salah satunya adalah ane yang akhirnya jatuh cinta dengan tanaman murbei karena rasa buahnya yang asam-asam manis.


foto penulis

Tanaman murbei merupakan salah satu tanaman yang mudah dirawatnya namun harus telaten dalam perawatannya. Karena bila tidak telaten nantinya akan seperti tanaman ane ini, tumbuh tinggi besar tanpa menghasilkan buah. Eits jangan salah sangka dulu, tanaman murbei milik saya ini memang kurang perawatan beberapa bulan ini karena kesibukan ane sendiri. Tapi kalau sudah senggang, maka siap-siap saja menikmati buahnya.

Meski tanaman murbei milik ane ini tumbuh besar dan tidak berbuah, namun ane sendiri pernah membuat tanaman ini berbuah lebat. Sebenarnya hanya perlu 3 hal agar murbei bisa berbuah lebat, yaitu pupuk, daun dan batang.


foto penulis

Hal pertama faktor pupuk. Pupuk merupakan salah satu faktor yang menentukan cepat berbuahnya tanaman murbei. Cukup gunakan pupuk kandang atau kompos maka murbei bisa tumbuh sangat cepat. Namun bila kurang perawatan maka akan seperti ini hasilnya, bukannya berbuah malah berdaun lebat. Itulah kenapa daun dan batang menjadi penentu difaktor berikutnya.


foto penulis

Faktor kedua adalah daun. Daun yang banyak membuat murbei enggan berbuah. Meski berbuah kadang kualitas buahnya tidak bagus sehingga mudah rontok. Oleh karena itu salah satu hal yang penting dalam merawat tanaman murbei adalah rajin mencabuti daun-daun di batangnya. Sisakan secukupnya pada setiap batang agar murbei tidak terlalu gundul.

Faktor ketiga adalah batang. Seperti yang dibilang tadi bahwa batang akan cepat tumbuh bila diberi pupuk. Batang yang tumbuh cepat membuat daun dan pangkal buah ikut tumbuh. Namun terkadang dari satu batang menghasilkan banyak cabang sehingga membuat nutrisi terpecah-pecah. Oleh karena itu sering-sering memotong cabang muda dan sisakan hanya cabang utama yang sudah kokoh untuk tempat tumbuhnya buah. Bila kita tidak memangkas cabang mudanya maka murbei akan tumbuh di ujung-ujung cabang muda. Buah yang dihasilkanpun kecil dan sedikit. Namun bila kita pangkas cabang mudanya, buah yang dihasilkan bisa banyak dan besar-besar.

Faktor lain yang bisa mengganggu kenikmatan dalam panen buah murbei adalah hama. Karena ada banyak hama yang siap menyerbu buah murbei tua yang bewarna merah merona. Seperti bunglon dan burung. Oleh karena itu disarankan melakukan panen buah dipagi hari sebelum hewan-hewan itu menyerbu pohon murbei kita.


foto penulis

Dari segi pengairan dan pencahayaan, pohon ini tidak terlalu mempengaruhi kedua hal tersebut. Mau ditanam di dalam pot atau langsung ke tanahpun bebas. Hanya saja bila langsung ditanam ke tanah hasilnya bisa jauh lebih banyak dan besar.

Itu saja tips yang bisa saya bagikan. Semoga berguna bagi agan sista yang membacanya.
Diubah oleh egi113 26-09-2020 04:40
durexztien212700
tien212700 dan durexz memberi reputasi
2
5.5K
2
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.