albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Pengamat: tak Ada Terobosan Dalam Pengendalian Banjir Jakarta
AHLI tata ruang Universitas Trisakti Nirwono Joga menyebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini tak memiliki terobosan baru dalam hal pengendalian banjir.

Upaya pengerukan waduk, sungai, dan saluran yang digembar-gemborkan sesungguhnya hanyalah program rutin yang memang mesti dilakukan baik di musim kemarau maupun musim hujan.

Itu memang kegiatan rutinitas yang harus dilakukan ada atau tidak ada hujan. Ada atau tidak ada pandemi covid. Artinya tidak ada terobosan yang berarti. Artinya Jakarta dan warga yang tinggal di kawasan rawan akan tetap terdampak banjir, dan bisa lebih parah. Karena tidak antisipasi yang lebih signifikan," kata Nirwono saat dihubungi Media Indonesia, Kamis (24/9).

Ia berharap, Pemprov DKI tetap bisa fokus pada upaya pengendalian banjir di samping harus fokus pada upaya penanganan covid-19.

Kendati demikian, Nirwono memahami fokus Pemprov DKI pasti akan terbagi ditambah banyaknya anggaran yang menyusut dan mayoritas harus dialihkan ke penanganan covid-19.

"Dinas SDA hanya bisa fokus pada pekerjaan rutin saja karena dana semua dialihkan untuk penanganan covid. Tugas yang bisa dilakukan seperti pengerukan sungai dan danau/waduk agar kapasitas daya tampung bertambah, membersihkan seluruh saluran air dari sampah dan endapan lumpur, serta memetakan kawasan rawan banjir untuk mempersiapkan antisipasi evakuasi jika terjadi banjir," jelasnya.

Di sisi lain, pekerjaan rumah dalam upaya pengendalian banjir yang terpaksa harus ditunda tahun ini seperti pembenahan sungai dengan normalisasi atau naturalisasi, revitalisasi situ/danau/embung/waduk, rehabilitasi saluran air, serta memperbanyak RTH diharapkan bisa maksimal dilakukan di tahun depan.

"PR di atas tadi yang harus dilakukan Pemda DKI. Tetapi karena kondisi pandemi begini tidak banyak pilihan. Dampaknya warga yang langganan banjir pasti akan kebanjiran lagi. Mereka haus disiapkan tempat evakuasi. Semoga saja curah hujannya tidak seekstrim awal tahun ini. Tantangannya apakah sudahh menyiapkan tempat evakuasi dan penampungan yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," ungkapnya. (OL-7)

Sumber: https://m.mediaindonesia.com/read/detail/347477-pengamat-tak-ada-terobosan-dalam-pengendalian-banjir-jakarta


terobosannya cuma bikin lubangemoticon-Recommended Seller
Diubah oleh albetbengal 24-09-2020 12:09
choelansky
knoopy
d3m0litionlov3r
d3m0litionlov3r dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.5K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.