others
Batal
link has been copied
60
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69bcdbb41d30746a5ddbf6/coc-reg-solo-piring-terbang-tradisi-leluhur-unik-yang-mulai-ditinggalkan
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh .... Halo GanSis di mana pun kalian berada 🤗. Selamat datang di thread terbaru ane. Piye kabare? Ane doakan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ... Banyak event yang bersliweran di beranda Kaskus sampai-sampai ane bingung mau bikin yang mana duluan. So, disela-sela waktu bekerja ane, ya ... sedikit curi-curi waktu gitu maksud
Lapor Hansip
22-09-2020 15:59

[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Unik Yang Mulai Ditinggalkan

icon-verified-thread
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh ....

Halo GanSis di mana pun kalian berada 🤗.

Selamat datang di thread terbaru ane.

Piye kabare? Ane doakan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ...

Banyak event yang bersliweran di beranda Kaskus sampai-sampai ane bingung mau bikin yang mana duluan. So, disela-sela waktu bekerja ane, ya ... sedikit curi-curi waktu gitu maksudnya, ane manfaatkan buat tulisan untuk event yang satu ini.

Baru menjadi Wong Solo "katutan" selama empat tahun, banyak hal baru yang ane temui. Keramahan orang-orangnya, kehalusan cara berbicaranya, sampai menemukan sebuah istilah yang benar-benar asing di telinga ane. Inilah salah satunya, GanSis 😉.


Apa yang terlintas di benak GanSis jika kata Piring Terbangdisebut? Kalian pasti langsung berpikir tentang sebuah pesawat UFO (Unidentified Flying Object) yang konon katanya merupakan alat transportasi makhluk ruang angkasa.

Eh, memangnya di Solo ada pesawat UFO? Yang benar aja, Rain!

Eits, tunggu dulu. Sabar, GanSis. Piring terbang yang ane maksud bukanlah pesawat UFO seperti itu. Yang mau ane ulas saat ini adalah sebuah tata cara menghidangkan makanan yang berasal dari Solo, Jawa Tengah.

[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
Sumber: hipwee.com

Berikut penjelasan tentang tradisi piring terbang yang ane kutip dari wikipedia:
Quote:Tradisi piring terbang adalah tata cara menghidangkan makanan dengan menggunakan pramusaji kepada tamu undangan. Umumnya tradisi piring terbang digunakan pada acara besar seperti pernikahan, khitanan hingga acara pengajian. Tradisi piring terbang mulai dikenal pada tahun 1980-an. Tradisi piring terbang merupakan salah satu tradisi yang berasal dari Solo Jawa Tengah. Masyarakat Solo sering menggunakan konsep piring terbang sebagai salah satu tradisi dalam menjamu tamu undangan pada acara pernikahan. 

Eh itu, maksudnya bagaimana, sih? Apakah piringnya pada terbang gitu? Lah terus, apa makanannya enggak pada tumpah?

Begini loh, GanSis. Yang dimaksud dengan piring terbang itu, bukan piringnya pada beterbangan betulan seperti itu. Ini merupakan sebuah istilah/kiasan dari piring yang "terbang" diantar oleh para pramusaji.

Namanya unik, ya, GanSis?

Pada umumnya, masyarakat menggunakan cara prasmanan dalam penyajian makanan, di mana tamu harus mengambil sendiri apa yang ingin ia makan. Namun, di tradisi piring terbang ini, para tamu justru dijamu oleh pramusaji, dilayani bak seorang raja.

Tamu tidak diperbolehkan berdiri. Mereka cukup duduk manis di tempat yang sudah disediakan. Sembari mengikuti rangkaian acara, para tamu diberi sajian berupa makanan yang ditaruh di piring-piring yang diantar oleh pramusaji. Mungkin, itulah sebabnya tradisi ini disebut sebagai piring terbang.

Tradisi ini tidak hanya dipakai dalam acara pernikahan saja, GanSis. Pengajian, khitanan, atau pertemuan keluarga biasanya juga memakai tata cara ini.

Acara tidak akan dimulai bila tamu undangan belum datang semua. Itulah sebabnya mereka diminta untuk hadir tepat waktu agar semua acara dapat dilaksanakan sesuai urutan.

Makanan yang disajikan biasanya menggunakan sistem USDEK, yaitu singkatan urutan dalam penyajian makanan.

1. Unjukan (minuman). Menu pertama keluar biasanya berupa teh manis hangat bersama dengan dua jenis makanan ringan yang manis dan gurih. Sajian ini ibarat appetizer sebelum melangkah kepada menu utama.

2. Sup. Sajian kedua biasanya berupa sup bening yang umumnya berisi rolade, buncis, jamur kuping, dan wortel dengan kuah kaldu ayam yang gurih.

[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
Sumber gambar: achihartoyo.com

3. Dhaharan. Ini merupakan main course-nya, GanSis. Di dalam piring tersebut, berisi makanan berat tergantung pesanan si penyelenggara acara kepada pihak katering. Bisa nasi liwet komplit, nasi gudeg komplit, dan sebagainya. Hem ... yummy. Ane kok jadi laper, ya? Eh ....

[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
Sumber: archihartoyo.com

4. Es. Tradisi piring terbang ini selalu diakhiri dengan hidangan penutup berupa es krim, es puter, es podeng, es buah, dan disertai dengan puding atau agar-agar.

[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
Sumber gambar: archihartoyo.com

5. Kundur. Arti kata ini adalah pulang. Setelah sajian es selesai disantap, para tamu diperbolehkan pulang.

Kalau di acara pernikahan, tamu undangan bersalaman dengan mempelai dan pihak keluarganya di akhir acara yang mana biasanya dilakukan di awal. Sedangkan di acara pengajian, tata cara piring terbang dimulai setelah pembacaan ayat suci Alquran dan ceramah singkat selesai dilakukan.

Memakai tata cara ini ternyata memiliki keuntungannya, loh, GanSis. Kalian tidak harus repot-repot antri makanan sebab semua datang sendiri ke meja sementara kita cukup duduk manis dan menikmati acara dengan tertib. Di samping itu, tradisi ini terbilang cukup ekonomis. Sebab, kocek yang dikeluarkan ternyata lebih sedikit dibandingkan dengan sistem prasmanan.

Selain memiliki keuntungan, tradisi ini pun memiliki kekurangan. Banyak yang menilai, bahwa urut-urutan dalam piring terbang ini dinilai membosankan dan tidak praktis. Para tamu hanya duduk, tidak bebas bercengkerama dengan tamu yang lain. Di samping itu, bagi mereka yang terlambat hadir, berisiko melewatkan acara dan hidangan.

Nah, GanSis, itulah sedikit gambaran tradisi piring terbang yang sempat membuat ane terbengong-bengong waktu pertama kali mengalaminya. Semoga informasi yang ane tulis bisa memberi manfaat bagi kita semua.

Terapkan selalu kebiasaan baru di masa pandemi ini. Selalu melaksanakan 3M, ya, GanSis, agar kita terhindar dari virus korona yang mematikan ini.

Oh iya, sebelum beralih ke thread lain, tinggalkan rate, cendol, serta berikan komentar di kolom yang telah disediakan. Mari kita berdiskusi secara santun. 😉

Terima kasih sudah berkenan hadir.

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh.


Jakarta, 22 September 2020.
@rainydwi

Belajar Bersama Bisa dan terima kasih.

Sumber: opini pribadi.
Referensi: wikipedia, hipwee.com
Diubah oleh rainydwi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 15:59
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 15:59
Mari kita berdiskusi dengan santun
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 16:00
Ojo lali cendole, yo, GanSis 😉
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 16:40
Acara sinoman kalo di tempatku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 16:46
wow ada yang kaya gini ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 17:13
Kalo di tempatku masih kek gini. Yang prasmanan cuma beberapa aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 17:42
Wkwk ane pernah ikut jadi sinoman gitu tuh, capeknya bukan main
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 18:18
Mantaps hidangannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 18:53
Ane pikir piring yang terbang sendiri 🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
22-09-2020 19:45
Hihi. Piring terbang, nama yg unik. Kirain piring dilempar lemparin gitu, spt terbang
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
24-09-2020 07:58
Asal jangan terbangnya kek burung ya Sist, pokoknya mantap dah
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
24-09-2020 14:05
Enakan prasmanan.

Hajatan yg pakai piring terbang sekarang banyakan kena nyinyir tamu yang datang.
emoticon-Shutup (S)
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
24-09-2020 19:19
Nomor 4 bikin ngiler uey 🤣
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
24-09-2020 22:13
Wah, ternyata ada tradisi unik semacam ini 🤩 nice info, Sist, aku jadi nambah ilmu
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
24-09-2020 22:48
Di daerah ane masih jalan model piring terbang, khususnya pas event resepsi.
emoticon-Shakehand2
Diubah oleh .g.gowang
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
24-09-2020 22:50
Quote:Original Posted By Amarsuki
Enakan prasmanan.

Hajatan yg pakai piring terbang sekarang banyakan kena nyinyir tamu yang datang.
emoticon-Shutup (S)


Klo di tempat saya, misal resepsi pake modelan prasmanan belum bisa berjalan dgn baik, malah pada ditinggal pulang khususnya yg warga sekitar. Katanya "mending makan di rumah sendiri, gak berjubelan, gak ngantri."
Justru tuan rumah bisa kena nyinyir sama warga sekitar. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
25-09-2020 06:16
kirain tadi UFO kok ada piring terbang hihi. eh bener ada ya di solo
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan rainydwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc. Reg. Solo] Piring Terbang, Tradisi Leluhur Unik Yang Mulai Ditinggalkan
28-09-2020 18:15
Yaelaaah kirain beneran terbang emoticon-Hammer2
profile-picture
rainydwi memberi reputasi
1 0
1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia