Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
121
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f69f454337f9303b73be16c/fakta-menarik-dibalik-rencana-pembebasan-pajak-mobil-baru
Jika diberikan relaksasi terhadap pajak – pajak tersebut, maka secara tidak langsung akan membuat harga mobil jadi turun drastis. Gaikindo bahkan menyebutkan kalau penurunannya bisa mendekati angka 50%.
Lapor Hansip
22-09-2020 19:55

Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru

Past Hot Thread

Salah satu dampak dari pandemi Covid – 19 adalah lesunya penjualan mobil dan kendaraan bermotor lainnya. Kondisi ini tentunya juga akan berdampak pada industrinya. Gak hanya pabrikan, tapi industri pendukungnya akan berdampak. Seperti industri spare part, asuransi, ban, dan lain – lain. Untuk mengakali lesunya angka penjualan ini, pabrikan mulai memberikan promo – promo menarik pada konsumen. 

 Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru

Akan tetapi pemberian promo ternyata belum menunjukkan hasil yang positif. Dan, langkah selajutnya yang diambil adalah pengajuan relaksasi pajak mobil baru sebesar 0% yang dilakukan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) dan Kementerian Perindustrian. Adanya relaksasi ini diharapkan bisa meningkatkan daya beli masyarakat, dan bisa membantu industri otomotif Indonesia. Nah, terkait rencana ini, ada beberapa fakta menarik yang muncul GanSis:

Harga mobil bisa turun hingga 50%

Saat ini pemerintah mewajibkan beberapa pajak pada setiap kendaraan, Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), Bea balik nama (BBNKB), dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Nah, jika diberikan relaksasi terhadap pajak – pajak tersebut, maka secara tidak langsung akan membuat harga mobil jadi turun drastis. Gaikindo bahkan menyebutkan kalau penurunannya bisa mendekati angka 50%. Waaww...berarti sebenarnya harga kendaraan bermotor itu (gak termasuk pajak) jauh lebih murah dari harga sekarang ya. Gaikindo bahkan menyebutkan kalau untuk satu mobil saja, pemerintah dapat sekitar 40% - 45%. Pantesan pemerintah dari dulu selalu menggenjot penjualan mobil dan motor ya...

Berlaku tiga bulan

Awalnya Gaikindo berharap relaksasi ini mulai bulan ini. Namun karena Menteri Perindustrian baru ngajuinnya September, maka besar kemungkinan ini akan berlaku mulai Oktober nanti. Dan keringanan pajak mobil baru sebesar 0% ini hanya berlaku hingga Desember 2020. Kalau kelamaan ntar pemerintah gak ada pemasukan dari industri otomotif...hihihi

Relaksasi PPnBM hanya untuk kendaraan produksi Indonesia

Terkait relaksasi PPnBM, Gaikindo menyebutkan kalau ini hanya berlaku untuk mobil produksi Indonesia. Dengan begitu, diharapkan harga off the road yang ada saat ini akan menjadi harga resmi on the road.

Penjualan mobil bekas bisa anjlok

Jika dengan adanya relaksasi ini harga mobil jadi jauh lebih murah, maka peluang untuk orang membeli mobil baru akan semakin besar. Tapi di sisi lain, hal ini tentunya akan berdampak negatif pada penjualan mobil bekas. Dampak ini akan makin terasa jika penurunan harga mobil baru mencapai 35% - 45%. Namun, jika hanya 10%, pasar mobil bekas gak akan terlalu terdampak. Jadi serba salah ya...

Gimana menurut Agan dan Sista, kalian setuju gak sih dengan relaksasi ini? ya meskipun kalian gak ada rencana beli mobil (sama kayak Ane...hahaha)



profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:02
iya bener juga gan pantesan pemerintah dari dulu selalu menggenjot penjualan mobil dan motor, tapi kondisi jalan dari dulu lebarnya sama aja, gimana gak macet tuh.
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:20
Harga mobil jadi murahbkah ntar?
Tapi sayang, udah duluan beli motor ane
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:23
Pajak pembelian yak ini maksudnya.

Lha pajak pembelian turun tapi pajak tahunan naik ya sama aja menjebak.

Dan lagi tipikal +62 bisa beli susah merawat, bisa2 banyak pembelian mobil tapi bingung bayar pajak tahunan.
Diubah oleh vegashin_ryu
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:27
Oh jadi itu fakta menarik dibalik rencana pembebasan pajak mobil baru
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:35
sepeda aja yang dimurahin harganya,biar jalanan gak nambah polusi dan kemacetan
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:47
Kalo motor gan
profile-picture
profile-picture
papah.jahats dan fame.massage memberi reputasi
2 0
2
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:52
Ini namanya keuntungan atau kerugian ya???? Bagi yang bisa beli baru mungkin seneng baget....tapi harga mobil bekas gimana?
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 11:53
Ini buat mobil doang ya?? Apakah motor kena juga??
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:03
Mantap ini. Ane dukung dah.
Ane ngincer pajero dakar. Bayangin harganya cuma 250 an
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:12
Beli mobil baru tahun ini dipakai 1 tahun dijual tahun depan bisa untung dong
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:13
Ide nyeleneh bagus juga, sekalian semua pajak di bebaskan, bukan hanya pajak mobil, biar bangkrut negara ini, sorry bukan mau bela pemerintahan sekarang ini, tapi rasanya gak adil, demi beberapa orang pajak di gratis kan
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:24
Asyiiik gue bakal beli mobil baru merk esemka......
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:34
yg bener menjerit ya manufactur.nya om,
toyota ya TMMIN,honda (mobil)PROSPECT MOTOR,mitsubishi ya kramayuda tiga berlian..dll


kalo sepeda motor mah aman ya AHM,SIS,YMMI..
belum vendor2 macem mushashi,fcc,aski,nok,nissin,mikuni,denso,mitsubhisi elektrik,ngk,takashago,koyo,nt,inoe rubber..dll

uwoghhhh
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:37
Gua sih ogah mo turun 75% juga kagak mau, bijimane kagak punya duit emoticon-Big Grin
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:41
Pfffft 3 bulan doang masih santuy yg jual beli mobkas hahahahha kirain akan di 0% kan seterusnya, itu sih diskon kejutan doang ngakak dulu cuk pfffftbwahahaha.
Diubah oleh ridwan.safii
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:48
lah kali pada protes macet,lah wong para mobil online makin kayak jamur kok,telat cuy protesnya kalo ngeluhnya soal macet..masing2 ada segmennya tersendiri sih,mobkas tetep bisa jalan kok
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 12:53
Seharusnya yg dibebas pajakan itu mobil listrik, ya tp tau sendiri pemodal gede disini kan masih sibuk jualan kendaraan berbahan bakar hidrokarbon. Masa iya mau ngebunuh yg modalin emoticon-Wakaka
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 13:05
Serius nih? Wah kabar baik klo gt. Kebetulan paksu ada rencana ganti mobil nih... yaaa semoga bener deh jd ga mahal2 amir
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 13:08
Aturan tolol bayar pajak saja orang2 masih bisa beli mobil apalagi tanpa pajak, kalau pajak 0% malah nambah macet jalan & nambah polusi emoticon-Cape d...
Diubah oleh krukov
0 0
0
Fakta Menarik Dibalik Rencana Pembebasan Pajak Mobil Baru
24-09-2020 13:18
makin mumet aja nanti jala raya emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia