ansman900Avatar border
TS
ansman900
6 Tips Cara Mudah Merawat Tanaman Aglaonema
Sudah bukan rahasia lagi nih gan, kalau di era pandemi ini tren tanaman hias semakin digemari banyak orang. Meskipun beberapa tahun sebelumnya trend ini sudah pernah in , bisa jadi juga dipengaruhi masa pandemi sehingga tren ini pun bangkit lagi. Semakin banyak orang demen tanaman hias, dan tentu bagi beberapa orang ini jadi hal bagus karena prospek bisnis ini makin menjanjikan. 

Secara nih gan, beberapa tanaman ini memang harganya mahal bos!, rasanya dari beberapa tanaman itu cuman sultan doang yang mampu membelinya. Sebut saja seperti tanaman Sansevieria, Aglaonema, Anthurium, Adenium, dan masih banyak lagi sederet nama tanaman yang harganya melangit! emoticon-Wow. Padahal nih gan, nggak semua dari para pemilik tanaman hias mahal itu pun punya bekal pengetahuan akan cara merawat. Salah satu teman ane sendiri  pun memiliki tanaman hias, namun dalam hal perawatan terpaksa harus menggunakan jasa konsultan dikarenakan satu dan lain hal. 


Nah, lewat kali ini ane mau bagiin sedikit tips perawatan tanaman hias, utamanya para pemilik tanaman Aglaonema. Aglaonema sendiri merupakan spesies tanaman hias yang gampang hidup di daerah subtropis hingga tropis. Dan kesempatan kali ini izinkan ane berbagi beberapa tips seputar merawat aglaonema yang semoga bermanfaat bagi agan sista semua. 

1. Usahakan Jauh dari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung 
Menurut beberapa sumber yang ane simak, Aglaonema bakal tumbuh lebih baik kalau tidak secara langsung terpapar sinar matahari. Kontak matahari secara langsung bisa bikin warna daun berubah menjadi kuning dan layu. Jadi dalam hal ini, bagi agan para pemilik tanaman hias ini agar tetap menjaga tanaman ini dengan sinar matahari ang cukup.

2. Benarkah Suhu Rendah atau Dingin Kurang Baik?
Mengutip dari Plant Care Today, tanaman ini hanya memiliki toleransi rendah terhadap suhu yang dingin. Tanaman ini tidak menyukai tumbuh dalam suhu udara di bawah 16 derajat Celcius. Usahakan untuk memberikannya kenyamanan dan kelembapan udara yang baik meskipun Aglonema ditanam dan ditempatkan di dalam ruangan. 

3. Tak Perlu Terlalu Sering Disiram 
Pemilik tanaman aglaonema wajib memastikan ketersediaan nutrisi dan airnya cukup selama musim kering, dengan menyiram Aglaonema dua hingga tiga kali dalam sepekan. Namun jika musim penghujan atau musim dingin tiba. Selain itu, perhatikan juga agar gunakan air bersih untuk menyiram bagian tanaman dan basahi daunnya untuk memandikannya dari debu kotor ataupun bakteri.

 4. Atur Kelembapan 
Aglaonema juga butuh perhatian pada kelembapan udara, terlalu kering bakal bikin tak segar, tapi terlalu basah malahan bisa bikin akarnya busuk. Maka dari itu, wajib mengakali dengan kasih batu kerikil pada permukaan tanahnya. Lalu siram secara teratur dan kasih sirkulasi udara pada tanaman melalui lubang pada pot tanaman. 

Itulah beberapa tips bisa ane bagikan buat agan sista semua. Penting juga untuk rajin memberikan pupuk dan pastikan menggunakan tanah organik pada pot/wadah yang digunakan pada tanaman aglaonema.

Kalau mau tau lebih soal perawatan tanaman hias harga mahal, mending ikutan Hobby Talks sesi 2 edisi September 2020 yang kali ini akan menghadirkan Destira (youtuber tanaman hias), Komunitas Kang Kebon, dan Friesia Pexi Pradana (SK Garden) yang bakal ngobrolin dan berbagi pengetahuan soal merawat tanaman hias harga sultan. Informasi lebih lengkap soal acara ini bisa agan baca di thread ini.

Kalau ada gansis mau bagi pengalaman seputar perawatan tanaman hias, boleh banget nih dengan berkomentar melalui thread ini. Eits.. tapi kalau berkenan, boleh juga dong gan bagi cendol nya buat ane gan… biar kulkas penuh! emoticon-Ngakak






Diubah oleh ansman900 23-09-2020 09:14
TaraAnggara
dandlion32
tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
6K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.