GENKBOL
TS
GENKBOL
Jenis Layar Ponsel yang Sekarang Banyak Beredar

Layar merupakan salah bagian yang paling fundamental dari sebuah smartphone. Komponen ini merupakan bagian yang berinteraksi dengan perangkat lunak sehingga bisa melakukan berbagai hal sesuai keinginan penggunanya. Saat ini teknologi yang digunakan pada layar juga menjadi nilai jual dari sebuah smartphone. Kecanggihan teknologi layar sedikit banyaknya akan mempengaruhi harga ponsel.


Seperti apa sih teknologi yang ada pada layar? Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut Ane jabaran jenis – jenis layar smartphoe yang sekarang banyak beredar:

Thin Film Transistr Technology (TFT LCD)

Layar jenis ini dinilai sebagai tipe layar yang paling umum ditemui di smartphone zaman sekarang. TFT LCD memberikan kualitas gambar yang bagus dengan resolusi lebih tinggi dari layar LCD versi sebelum ini. Akan tetapi tipe layar ini mempunyai sudut pandang yang sempit dan dalam cahaya langsung atau sinar matahari, layar ini memiliki visibilitas yang buruk.

IPS – LCD (In – Place Switching)

Tipe layar ini sedikit lebih baik ketimbang TFT LCD. IPS LCD memberikan sudut pandang yang lebih luas dan konsumsi daya yang lebih rendah dan mampu menghasilkan masa pake baterai jadi lebih lama. Layar jenis ini biasanya digunakan pada smartphone kelas menengah ke atas.

Capasitive Touchscreen LCD

Teknologi capacitive touchscreen memiliki lapisan kaca yang dilapisi dengan konduktor transparan. Pada saat disentuh jari, gangguan dibuat di layar medan elektrostatis (yang dapat diukur sebagai perubahan kapasitansi) dan ini selanjutnya dideteksi oleh prosesor atau chip yang selanjutnya akan menginstruksikan sistem operasi untuk memberikan hal yang sesuai dengan perintah dari pengguna.

Organic Light Emitting Diode (OLED)

Layar OLED tersedia untuk smartphone dan monitor. Di layar jenis ini akan ditemukan bahan organik yang ditempatkan di antara dua lembar konduktor (anoda dan katoda). Ini juga ditempatkan di antara pelat atas kaca dan pelat bawah kaca.

Active Matrix Organic Light Emitting Diode (AMOLED)

AMOLED adalah jenis layar OLED yang berbeda untuk smartphone. Layar jenis ini cukup populer untuk smartphone kelas atas. Layar AMOLED bisa menunjukkan banyak hal yang bisa didapatkan pada layar OLED, seperti reproduksi warna yang cemerlang, lebih terang, masa pakai baterai yang baik, kecerahan yang tepat dan warna hitam yang lebih pekat.

Super AMOLED

Layar Super AMOLED menggunakan tampilan AMOLED dan dikembangkan oleh Samsung. Super AMOLED dibuat dengan sensor sentuh yang ditempatkan pada layar itu sendiri, bukan membuat lapisan sensitif terpisah (seperti pada layar sentuh kapasitif). Ini menjadikannya teknologi layar tertipis di pasaran. Layar Super AMOLED saat ini hanya ada di smartphone Samsung dan semoga lebih banyak smartphone dapat menggunakan teknologi ini di masa depan.


 

vondrowujellyjellotien212700
tien212700 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
6.8K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.