Hirarahmi39Avatar border
TS
Hirarahmi39
Gloomy Sunday, Lagu Terkutuk dari Hongaria

Sc: arsip Indonesia

Selamat Datang di Hirarahmi Area!


Agan dan Sista pernah dengerinlagu Gloomy Sunday, nggak? Jika pernah, bagaimana perasaan Agan dan Sista setelah mendengar lagu tersebut? Kalau Rahmi pribadi, ya, biasa aja, sih. Ya, walaupun tak dapat dipungkiri, jika Rahmi bisa menangkap atmosfer melankolis dari lagu itu.

Nah, Agan dan Sista tahu nggak, sih, kalau ternyata ada rumor menyeramkan yang beredar di masyarakat berkaitan dengan lagu ini? Katanya, Gloomy Sunday adalah lagu yang bisa bikin para pendengarnya tertarik untuk bunuh diri.

Lha, kok bisa begitu? Makanya, simak thread Rahmi sampai habis, ya.

1. Background Lagu Gloomy Sunday

Gloomy Sunday, biasa disebut sebagai Lagu Bunuh Diri dari Hongaria. Pencipta lirik aslinya adalah seorang komposer dan pianis asal Hongaria yang bernama Rezso Seress (1889).

Kok lirik asli? Apakah yang beredar sekarang bukanlah lirik yang sebenarnya?

Iya, Agan dan Sista! Gloomy Sunday itu bukanlah lirik yang sebenarnya. Liriknya yang asli berjudul "Vege a Vilagnak"(Dunia akan Berakhir). Isinya bercerita tentang keputusasaan dan kesedihan akibat perang. Lagu ini diciptakan di akhir 1932.

Kemudian, tahun 1933 Laszlo Jávor, penyair asal Hongaria memugar lirik lagu ini menjadi sebuah lagu yang bercerita tentang seseorang yang bunuh diri akibat ditinggal kekasihnya. Lagu tersebut diberi judul "Szamoru Vasarnap" (Minggu yang Sedih).


Sam. M. Lewis

Tahun 1935, lirik gubahan Jávor ini dinyanyikan dan direkam oleh penyanyi Hongaria bernama Pal Kalmar. Setahun berlalu, ternyata lagu ini menarik perhatian Sam. M. Lewis--penulis lagu asal Inggris--hingga akhir ia pun menerjemahkan lagu Szamoru Vasarnap ke bahasa Inggris--kemudian diberi judul "Gloomy Sunday".


Billie Holiday. Sc: pinterest

Tahun itu juga (1936), lagu tersebut dinyanyikan dan direkam oleh Hal Kemp. Karena semakin banyak yang suka, lagu ini pun dicover lagi oleh Billie Holiday pada tahun 1941. Akhirnya, Gloomy Sunday pun booming dan mendunia.

2. Sejarah di Balik Penciptaan Lagu Gloomy Sunday

Ada banyak versi tentang sejarah Gloomy Sunday. Namun, ada dua teori yang paling dipercaya oleh masyarakat.


Rezsco Seress. Sc: mental floss

Nah, kisahnya bahwa dulu, Rezsco Seress pindah dari Hongaria ke Paris untuk memperdalam ilmunya sebagai pianis. Saat itu, Seress mengalami depresi karena negaranya begitu menderita akibat penjajahan dan kekejaman Nazi. Akhirnya, Seress pun mencurahkan perasaan sedih dan putus asanya itu dalam sebuah lagu yang ia beri judul "Vege a Vilagnak". Isinya tentang celaan terhadap ketidakadilan oleh manusia, putus asa karena perang, juga disertai doa agar Tuhan mengasihi dunia beserta manusia-manusianya.

Namun, karena lagu ini begitu melankolis, Seress pun sangat kesulitan untuk menemukan produser yang mau merilis lagunya. Hingga kemudian, rekan Seress, Laszlo Jávor menulis ulang lagu ini.


Lazslo Jávor

Katanya, Jávor lagi patah hati gara-gara tunangannya meninggal karena bunuh diri, dan meninggalkan catatan kecil bertuliskan Szamoru Vasarnap (Minggu yang Sedih).

Namun, sumber lain mengatakan kalau tunangannya Seress-lah yang bunuh diri. Karena sedih dan putus asa, Seress pun mengubah lirik lagunya yang ada unsur politik dan belum rilis tadi--selama 30 menit--menjadi lagu sedih tentang cinta dan kematian.

3. Kenapa Disebut sebagai Lagu Bunuh Diri?

Nah, inilah inti masalahnya.


Ilustrasi by : Katalin Szaras

Sejak Gloomy Sunday dirilis pertama kali, tahun 1933 di Hongaria, tercatat 19 kasus bunuh diri sebab lagu ini. Kasus bunuh diri makin meningkat sejak lagu ini dibawakan oleh Billie Holiday.

Di Wina, seorang remaja perempuan menenggelamkan dirinya di sungai sambil membawa piringan hitam Gloomy Sunday. Di Budapest, seorang laki-laki penjaga toko bunuh diri dan meninggalkan catatan berupa penggalan lirik Gloomy Sunday. Di London, seorang wanita ditemukan mati karena overdosis dengan lagu Gloomy Sunday terputar di kamarnya.

Singkatnya, lebih dari seratus kasus bunuh diri yang melibatkan lagu melankolis ini. Terparah adalah, 35 tahun sejak dirilis--1968--penulis liriknya Rezso Seress juga bunuh diri, dengan melompat dari lantai tujuh apartemennya di Budapest. Saat itu ditemukan catatan kecil kecil milik Seress yang bertuliskan :

Quote:


Duh, sedih banget kalimat Tuan Seress ya, Agan dan Sista.

4. Sempat Dicekal

Karena banyaknya kasus bunuh diri akibat Gloomy Sunday, penyebaran lagunya pun sempat dicekal di berbagai negara. Dua di antaranya adalah AS dan Inggris. Ya, mungkin memang tidak disampaikan secara resmi, tapi pelarangan ini sempat berjalan cukup lama. Yaitu, dilarangnya pemutaran Gloomy Sundaydi berbagai tempat. Di radio-radio pun lagu ini juga tidak terdengar lagi, kecuali dalam bentuk instrumennya saja.

Namun, lama sejak tragedi-tragedi itu, Gloomy Sunday pun kembali diperdengarkan, dan bahkan dicover oleh penyanyi-penyanyi lain.

5. Lirik Vege a Vilagnak

Lirik ini adalah versi original dari Rezco Seress

Quote:

6. Szamoru Vasárnap lirik

Lirik ini adalah versi original Gloomy Sunday oleh Lazslo Jávor

Quote:


7. Lirik Gloomy Sunday versi Sam. M. Lewis dan terjemahan

Quote:


***

Nah, bagaimana Agan dan Sista? Apakah kalian percaya dengan rumor bahwa Gloomy Sundayadalah lagu terkutuk? Kalau menurut Rahmi pribadi, sih, orang-orang itu bunuh diri mungkin karena mereka depresi dan mendengarkan lagu dengan nuansa melankolis, makanya jadi bertambah depresi.

So, itulah kenapa, kita kalau lagi galau disarankan buat nggak mendengar lagu yang melankolis dan sedih. Supaya kegalauan kita cepat berlalu, mood membaik, dan pikiran pun jernih kembali.

***

Nah, sekian dulu thread Rahmi hari ini. Terima kasih sudah berkenan mampir. Jangan lupa bagi cendolnya dan tinggalkan jejak di kolom komentar, ya!

***


Referensi:
1, 2, 3, 4.
Diubah oleh Hirarahmi39 23-09-2020 12:25
fajarekosaputra
nohopemiracle
serbaserbi.com
serbaserbi.com dan 25 lainnya memberi reputasi
24
7.4K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.