others
Batal
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f66eb0e2525c3261b1e5911/coc-regcireboncirebon-punya-tradisi-pernikahan-ala-royal-wedding-keraton
Berbicara tentang kota Cirebon memang tak akan ada hentinya. Banyak hal yang menarik dari kota berumur 600 tahun ini. Kota yang menjadi saksi bisu peralihan ragam generasi. Dari mulai zaman kerajaan Pajajaran hingga sekarang.
Lapor Hansip
20-09-2020 12:39

[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton

Past Hot Thread
Uniknya Adat Pernikahan Cirebon

[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton

[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton

Berbicara tentang kota Cirebon memang tak akan ada hentinya. Banyak hal yang menarik dari kota berumur 600 tahun ini. Kota yang menjadi saksi bisu peralihan ragam generasi. Dari mulai zaman kerajaan Pajajaran hingga sekarang.

Kota ini tak pernah kehilangan jati dirinya, salah satunya adat dan budaya yang kental. Cirebon memiliki ciri khas sendiri walaupun berada di wilayah Sunda, alias Jawa Barat.

Kali ini kita akan mengulas adat pernikahan dan baju adat cirebonan ya, gansis. Penasaran bagaimana keunikannya?


Adat Pernikahan Cirebon

Adat pernikahan di Cirebon disebut dengan pelakrama ageng.

Adat dalam pernikahan ini lebih kental tradisi lokal yang bernuansa Islami sebagai landasan utama dari kesultanan Cirebon. Nilai kearifan lokal yang terselip di dalamnya berupa kesederhanaan dalam melaksanakan sebuah resepsi pernikahan.

Perbedaan terbesar dalam adat ini dengan adat pernikahan lainnya adalah dalam seserahan pernikahan yang hanya mensyaratkan umbi-umbian, sayuran dan mas picis saja (maskimpoi berupa uang atau perhiasan semampu pihak calon mempelai pria).

Dalam pelaksanaan prosesi ini masyarakat cirebon mengedepankan unsur islami yaitu menghindari "ria (sikap ingin dipuji)".

Quote:Adapun tahapan adat pernikahan Cirebon biasanya dibagi beberapa tahap:

1. Njegog atau tetali (meminang)

Sudah menjadi adat yang wajib dilakukan dalam prosesi pernikahan yaitu meminang atau melamar. Keluarga calon mempelai laki-laki datang untuk memohon izin orang tua mempelai wanita untuk melamar anaknya. Jika sudah sepakat maka akan dilanjutkan dengan menentukan tanggal pernikahan.

2. Seserahan

prosesi kedua sebelum menikah yaitu seserahan, orangtua pria akan datang dengan rombongan pembawa barang seserahan, yaitu: buah-buahan, umbi-umbian, sayur-mayur, pembawa mas picis yaitu mas kimpoi berupa perhiasan dan uang untuk diserahkan kepada orangtua calon mempelai wanita.

2. Siram Tawandari

Acara ini adalah siraman untuk kedua calon pengantin. Biasanya juru rias akan membawa keduanya ke tempat siraman (cungkup) diiringi orangtua dan sesepuh. Iringan gending nablong mewarnai prosesi ini. Calon pengantin akan mengenakan sarung batik bernama kain wadasan.

Dalam balutan bernuansa hijau, siraman dimulai dengan membalurkan lulur di dada dan punggung mempelai. Lalu orangtua dan keluarga lainnya bergantian membasuhkan air.

Air bekas siraman ini akan diberikan kepada keluarga yang hadir dan masih berstatus gadis atau jejaka, air ini akan dicipratkan dengan maksud anak gadis dan jejaka segera mendapatkan jodoh yang baik. Acara ini disebut bendrong sirat

3. Parasan

Prosesi dilanjutkan dengan acara parasan alias memaras, bagi calon pengantin wanita acara ini dimulai dengan ngerik yaitu membuang rambut halus pada wajah didampingi oleh orangtua dan para kerabat. Musik karawitan moblong mengiringi prosesi ini. Calon mempelai wanita akan murub mancur bagaikan bulan purnama setelah melaksanakan parasan.

4. Ziarah ke Astana Gunung Jati

Ritual ini dikhususkan jika calon pengantin adalah keturunan keraton Cirebon. Acara ini menyiratkan rasa hormat kepada leluhur.

5. Tenteng Pengantin

Pada hari pernikahan, keluarga mempelai wanita akan mengirimkan utusan sebagai ritual penjemputan calon mempelai pria. Dengan maksud membawa alias menenteng calon pria. Dalam hal ini kedua orang tua pengantin pria dilarang ikut bersama sang anak.

Selanjutnya rombongan yang tiba akan langsung disambut dengan menutupkan kain milik ibu pengantin wanita. Dan ijab kabul segera dilaksanakan. Prosesi ini bermakna jika pengantin pria telah menjadi menantu.

Baru setelah selesai ijab kabul, kain diambil kembali sebagai makna mempelai sudah mandiri tak lagi berada dibawah tanggung jawab orangtuanya.

4. Salam Temon

Selesai ijab kabul, pengantin dibawa ke teras rumah atau ambang pintu untuk melaksanakan prosesi injak telur.

Alat yang digunakan yaitu, pipisan atau sejenis batu persegi panjang/segi empat yang dibungkus dengan kain putih. Pengantin pria menginjak telur kemudian pengantin wanita melakukan sungkem dan membasuh kaki suaminya, pengantin wanita melakukan sungkem pada suaminya.

Rangkaian prosesi ini bermakna perubahan status seorang pria menjadi kepala keluarga yang harus dihormati dengan pengabdian seorang istri penuh cinta kasih.

Bila pengantin berasal dari keluarga yang cukup berada, akan diiringi prosesi gelondongan pangareng yaitu membawa upeti berupa barang (harta).

5. Sawer atau Surak

Prosesi ini dilakukan dengan melemparkan uang receh bercampur beras kuning dan kunyit. Sebagai pertanda rasa syukur orangtua agar anaknya bisa harmonis.

6. Pugpugan Tawur

Pugpugan ini terbuat dari ilalang atau daun kelapa yang sudah lapuk. Kepala pengantin ditaburi pugpugan. Bermakna agar pernikahan dapat awet bagaikan ilalang yang terikat erat sampai lapuk. Selesai acara, baru pengantin pengantin dibawa ke pelaminan. Orangtua pengantin pria lalu dijemput oleh kerabat dari pengantin wanita untuk bersama-sama mendampingi pengantin di pelaminan.

7. Adep-adep Sekul

Prosesi adat ini terdiri dari: Nasi ketan kuning ini dibentuk seperti bulatan kecil berjumlah 13 butir. Pertama, orangtua pengantin wanita menyuapi pengantin sebanyak empat butir. Dilanjutkan dengan orangtua pihak pria memberi suapan sebanyak empat butir. Lalu empat butir lagi, kedua pengantin bergantian saling menyuapi. Sisanya satu butir untuk diperebutkan, siapa yang mendapatkan butiran nasi ketan kuning terakhir melambangkan bahwa dialah yang akan mendapatkan rezeki paling banyak. Sebagai adab dalam keluarga maka suami atau istri harus sama-sama memakan satu butir sisa itu sebagai perlambang keharmonisan.

Prosesi ini dilaksanakan dengan cara duduk berhadapan alias adep-adep. Yang bermakna kerukunan pasangan, hormat orangtua dan mertua.

8. Sembah sungkem

Prosesi dilanjutkan dengan sembah sungkem pada orangtua dengan berjongkok . Kedua pengantin memohon doa restu untuk membina rumah tangga. Setelah selesai, kidung Kinanti akan diperdengarkan dengan harapan agar pengantin dapat menjalankan bahtera rumah tangga yang sakinah, awet hingga ajal menjemput.

9. Pemberian doa restu, ucapan selamat, dan hiburan

Setelah sungkeman, dilanjutkan bersalaman dengan para keluarga dan kerabat sebagai permohonan doa dan restu. Kemudian acara disuguhkan tari-tarian yaitu tari topeng cirebon, tari bedaya cirebon dan tari tayub.


Quote:Pakaian Adat Cirebon

Adapun baju adat dalam pernikahan Cirebon ini memiliki tiga jenis baju adat yang memiliki corak yang khas mencirikan perbedaan status sosial dalam masyarakat. Nuansa hijau dan hitam adalah yang paling utama dalam adat cirebonan.

Pertama

Baju Adat Pengantin Kebesaran Cirebon.

Baju dan riasan ini dikhususkan jika pernikahan dilakukan oleh keluarga bangsawan keraton kanoman cirebon dan keturunannya. Ini yang sering dipakai dalam pernikahan keraton ala royal wedding.
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
Karikatur baju pengantin kebesaran

[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
Pengantin dengan baju pengantin kebesaran

Kedua

Baju adat kepangeranan

Busana pengantin ini dipakai oleh para Bangsawan Cirebon dan keturunannya. Yang asal mulanya dari keraton kasepuhan Cirebon

[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
Karikatur baju adat kepangeranan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
Pengantin memakai baju adat kepangeranan

Ketiga

Baju adat Abah-abah Bandon

Yaitu baju pengantin untuk masyarakat biasa atau umum.
adat[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
Karikatur baju adat abah-abah bondan


Nah, itulah ulasan tentang uniknya adat pernikahan dan baju pengantin dari daerah Cirebon, gansis. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang kekayaan budaya nusantara. Terima kasih.

Referensi:
Wikipedia
1
2
3
Gambar:
1
2
3
4
5
Diubah oleh zatilmutie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 44 lainnya memberi reputasi
45
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 00:39
Wih, kerenn
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 02:06
Semoga tradisinya bisa terus dipertahankan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 02:09
temen ane ada nih yg nikah pake adat cirebon
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 03:49
2 lagi, ada surak nya cuyyy mayan buat jajan, apalagi kalo bawa seser ikan wkwkwkkwkw auto banyak dapetnya... sama kalo bunting ada siraman 7 bulanan (ada suraknya juga)
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 07:28
nice share [COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 07:47
Mantappp
Kerennn
Jd kangen rumah
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 07:48
Cirebon pangeranan baguss dehh
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 10:26
Dirimu dulu pake yang mana Mak? ☺
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 14:13
mantap baru tahu nih sist dari Jabar juga kan?
Diubah oleh Richy211
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 18:53
Keren ya 👍 harus diterusin nih
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 21:08
cirebon empire mana suaranyaaa
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 21:31
Cirebon punya ini hehehehehe nice
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 21:59
Keren bangett, adat-adat daerah di Indonesia emang menarik banget, kalo diterapkan akan menjadi nilai tersendiri yang berkesan apalagi dalam hal pernikahan
profile-picture
zatilmutie memberi reputasi
1 0
1
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 22:33
Quote:Original Posted By thebavarian.90
Sego adepadep
emoticon-Big Kiss

Quote:Original Posted By jamban.bocor
Ada tradisi malam pertamanya? emoticon-Ngacir
emoticon-nulisah

Quote:Original Posted By durexz
Cirebon dulu emang Kesultanan Cirebon.
iya masih jalan sampai sekarang

Quote:Original Posted By pabloo
Main ke Cirebon
emoticon-Siap Gan

Quote:Original Posted By a.dirnt
Cw cirebon tjakep2 gak?

Pastilah
Quote:Original Posted By bhayangkara25
Ane orang cirebon asli gak tahu kalau gak ngelihat trit agan, kalau Cirebon punya adat pernikahan ala Royal Wedding

emoticon-nulisah
Quote:Original Posted By dandlion32
Waa tengkyuu threadsnya nig.. berbagi pengalaman untuk adat istiadat cirebon ini mah
emoticon-Siap Gan

Quote:Original Posted By Sambelterasi052
Motifnya bagus emoticon-Motret
iya

Quote:Original Posted By delreywatson
Nikahan pakai baju adat tuh beda, bagua gitu rasanya

Betul banget
Quote:Original Posted By lianasari993
harus terus dilestarikan

Semoga terus terjaga
profile-picture
lianasari993 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
22-09-2020 22:36
Quote:Original Posted By KrupukMlarat
Wah baru tau, klo di cirebon ada adat pernikahan kyk keraton2 gitu
iya gan

Quote:Original Posted By GakTauApaan
Cirebon gtu lho... emoticon-Kiss
keren

Quote:Original Posted By aygilagility
royal wedding ala cirebon hehehe, good nice thread!

Thanks
Quote:Original Posted By katlalana
Nikahan pakai adat tuh keliatan sakral banget ya, suka liatnya
mantul ya

Quote:Original Posted By chevfu
selama ane kondangan ke crb, yg prnah ditemui cuma baju adat kepangeranan selebihnya g pernah tuh. padahal baju adat kebesaran keren tuh cewenya,
mungkin hanya di keraton yang bisa pakenya

Quote:Original Posted By zeetun
Adat harus dipertahankan ganemoticon-Jempol
betul

Quote:Original Posted By japarina
wah lengkap tritnya.. ane seneng baca prosesi nikahan tradisional gini. walopun panjang, tapi masing-masing prosrsinya bermakna.. bajunya juga macem-macem meskipun makenya ribet emoticon-Ngakak
🥰

Quote:Original Posted By yuni.wahyuni114
Wih, kerenn
🙏

Quote:Original Posted By indramamoth
Semoga tradisinya bisa terus dipertahankan

Betul
Quote:Original Posted By ziont
temen ane ada nih yg nikah pake adat cirebon

emoticon-Siap Gan
Quote:Original Posted By Emn
nice shareemoticon-Kangen [COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton


Quote:Original Posted By oonevin
Mantappp
Kerennn
Jd kangen rumah
emoticon-Kangen

Quote:Original Posted By arimbii11
Keren ya 👍 harus diterusin nih

emoticon-Big Kiss
Quote:Original Posted By novamaiden
cirebon empire mana suaranyaaa
cirebon mah kaga ada empire emang asli ada kesultanannya

Quote:Original Posted By lecharite
Cirebon punya ini hehehehehe nice

emoticon-Big Kiss
Quote:Original Posted By yuhu2000
Keren bangett, adat-adat daerah di Indonesia emang menarik banget, kalo diterapkan akan menjadi nilai tersendiri yang berkesan apalagi dalam hal pernikahan

emoticon-Big Kiss
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
23-09-2020 04:16
Keren, Mak.
Lengkap dan detAil❤
0 0
0
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
23-09-2020 13:42
Mantap
0 0
0
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
24-09-2020 00:25
Kewren gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gangster.desa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
24-09-2020 15:02
anjayfulll royal wedding keraton wkwkkww
0 0
0
[COC Reg.Cirebon]Cirebon Punya Tradisi Pernikahan Ala Royal Wedding Keraton
29-09-2020 14:50
Ya kerennsih jadi kaya pernikahan itu bener2 sakral gt gan
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia