others
Batal
link has been copied
119
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6a402e337f9360903e5e35/coc-reg-tegal-mengenal-sejarah-quotobongan-duitquot-di-tegal
Berbicara tentang uang kertas, di antara Agan dan Sista pasti punya pengalaman yang hampir sama satu sama lain dalam memiliki atau memegang uang kertas. Namun, di sini ane mau membahas beberapa kriteria uang yang ditarik, bahkan dimusnahkan.
Lapor Hansip
23-09-2020 01:19

[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal

Past Hot Thread
icon-verified-thread
"Obongan Duit" salah satu bangunan bersejarah yang ada di Tegal

[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal


Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang sahabat kaskus di thread ane kali ini.


"Uang bukan segalanya, akan tetapi segalanya butuh uang" Salah satu caption tersebut apakah Agan Sista pernah mendengar atau membacanya? Atau jangan-jangan, Agan dan Sista yang telah menciptakan caption familiar tersebut.

Uang adalah suatu benda yang sangat penting dalam era sekarang ini. Kalo dulu, sistem jual beli dengan cara barter atau saling tukar barang, zaman sekarang uang adalah alat untuk transaksi jual beli. Keberadaan benda satu ini paling dicari dalam kehidupan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Uang yang beredar di negara kita di bawah naungan Bank Indonesia. Dalam peredarannya Bank Indonesia mengeluarkan atau mencetak uang dalam bentuk logam dan kertas.

[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal


Berbicara tentang uang kertas, di antara Agan dan Sista pasti punya pengalaman yang hampir sama satu sama lain dalam memiliki atau memegang uang kertas. Namun, di sini ane mau membahas beberapa kriteria uang yang ditarik, bahkan dimusnahkan.

Menurut peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 15/10/PBI/2013, inilah kriteria uang yang ditarik bahkan dimusnahkan.

1.Lusuh

Uang yang dianggap lusuh adalah uang yang memiliki ukuran dan bentuk yang sama seperti ukuran aslinya, akan tetapi memiliki kerusakan yang diakibatkan minyak, jamur, coretan atau noda lamanya membuat uang tampak kotor. Sedangkan pada uang logam, uang yang lusuh adalah uang yang kotor dan berubah warna.

Nah, pernahkah GanSist memiliki uang dalam kriteria ini? Pasti sering ya. Ane sendiri paling sebel jika mendapat uang penuh coretan dan lusuh. Biasanya sih, uang kembalian saat berbelanja di toko.

2.Rusak

Uang kategori rusak adalah uang yang memiliki ukuran dan bentuk yang tidak lagi sama seperti ukuran aslinya sehingga tidak layak edar. Perbedaan ukuran dan bentuk, bisa saja disebabkan terjadi robekan, bekas terbakar, usang atau kerusakan lain yang menyebabkan perubahan fisik pada uang.

Nah, keadaan yang satu ini juga sering ane alami. Uang kertas tidak sengaja tersobek atau mendapat uang dalam keadaan diplester, diisolatif bahkan direkatkan kembali dengan lem.

3.Cacat

Uang cacat adalah uang yang menjalani salah cetak atau spesifikasi pencetakan tidak sesuai dengan standar Bank Indonesia, akan tetapi terlanjur beredar di masyarakat. Kondisi uang cacat biasanya diumumkan langsung ciri-cirinya oleh pihak Bank Indonesia.

4.Uang lama

Uang lama yang tidak layak edar akan ditarik oleh pihak Bank Indonesia karena dikhawatirkan dipalsukan. Hal ini untuk melindungi masyarakat.

Nah, setelah membaca kriteria uang yang ditarik bahkan dimusnahkan. Kira-kira uang-uang itu akan dimusnahkan dengan cara bagaimana ya, GanSist?

Di sebuah daerah di Tegalsari, dekat dengan Jalan Bawal, Tegal terdapat sebuah bangunan bersejarah yang berhubungan dengan uang. Orang menyebut bangunan ini "Obongan Duit" yang berarti Obongan= Pembakaran dan Duit= Uang. Jadi jika digabung, maknanya adalah pembakaran uang.

Tampak Depan Obongan Duit


Bangunan tua dengan cerobong asap yang menjulang, seolah tampak lama tidak digunakan lagi jika menilik bagian belakang bangunan. Namun, pada bagian depan bangunan terdapat plang bahwa bangunan itu merupakan aset dari Bank Indonesia(BI). Kok bisa?

Tampak Belakang Obongan Duit


Ya, karena bangunan ini merupakan tempat untuk memusnahkan uang yang tidak layak edar. Makanya, warga sekitar menyebut bangunan ini "Obongan Duit". Cocok dengan keadaan bangunan yang memang terdapat cerobong asapnya. Namun, gedung ini di tahun 2000 an sudah tidak digunakan lagi.

Singkat cerita, pada saat proses pembakaran uang berlangsung, biasanya ada beberapa uang yang belum terbakar sempurna terbawa angin. Jadi, hal ini menjadi pemandangan unik tersendiri bagi masyarakat sekitar.

Nah, sahabat kaskus itulah bangunan bersejarah "Obongan Duit" yang berada di Tegal.

Bagaimana, GanSist? Adakah tempat atau bangunan bersejarah yang unik layaknya Obongan Duit ini di daerah Agan dan Sista?

Cukup sekian thread ane kali ini yang mengulas salah satu bangunan bersejarah yang unik di Tegal. Semoga bisa menambah pengetahuan ane dan sahabat kaskus semuanya.

Gak ada salahnya jika berkunjung ke Tegal selain berwisata alam juga berwisata sejarah di bangunan ini.

Jangan lupa singgah dan tinggalkan jejak berupa cendol, rate dan koment. Terima kasih, sampai jumpa lagi dan wassalam.

Terima kasih

Belajar Bersama Bisa


Sumber: Opini pribadi dan referensi 1, 2

Gambar : Pinterest dan Di sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
abahaquarius dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 01:19
Ikut meramaikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 01:20
Mampir Agan dan Sista
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rainydwi dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 01:35
Bikin dua kah , Say?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 05:29
Gercep ya sist.ane belum ketemu ide neh, semoga menang ya sist.amin
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 05:48
Baru tahu ada obongan duit
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 05:53
wah unik. ada bangunan bersejarah
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 06:19
Obongan duit perlu daripada disalahgunakan... emoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 06:34
Info yang menarik, tegal emang banyak budayanya ya ...
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 08:04
Salah satu bangunan tua yg ada di tegal, kalo malem angker
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 09:40
itu untuk uang keseluruhan di Indonesia apa cuma sekitar tegal aja sis?
profile-picture
profile-picture
nlc.168 dan miniadila memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 09:41
Wah informasi yang menarik sis
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 10:29
Oo ... pusat pembakaran uang kertas di negara kita ada di sana rupanya 🤔
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 12:21
Wah, obongan kalau di sini terbakar
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 18:29
Mampir di sini, Ane jadi nambah ilmu tentang salah satu tempat yang ada di Tegal. Nice info, Sist.🤩
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 21:05
Mantap, menambah pengetahuan baru
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 21:08
Baru tau gw, info bagus
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 21:12
Lah ternyata gedung tua ini dulunya jd tmpt pembakaran duit di tegal toh. Tp sayang ya bangunannya udh gak kepake lg, pdhl bersejarah itu mah. Seenggaknya utk mengurangi jmlh duit yg gak layak edar
Diubah oleh lubangkaca
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 21:13
Baru tau info loe gw gan emoticon-Jempol
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 21:17
aku gak doyan uang kertas
profile-picture
miniadila memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Reg. Tegal] Mengenal Sejarah "Obongan Duit" di Tegal
23-09-2020 21:17
Naise info gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scarlot dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia