hansiphoax
TS
hansiphoax
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
Quote:





Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.

Klaim tersebut ramai di jejaring media sosial Facebook sesaat setelah klaim yang disebarkan oleh akun bernama Tommy Cen pada 16 September 2020. Dalam unggahannya, akun Facebook bernama Tommy Cen mengunggah foto beberapa tayangan berita tentang larangan penggunaan masker scuba.



Tidak sampai disitu, akun tersebut juga memuat narasi yang berisi klaim larangan penggunaan masker scuba karena politik. Berikut narasinya:

"ini politik perusahaan beneran...dl awal podemi masker di save harga di naikan selangit & kluar lah masker scuba produksi rmhan harga murah jg bisa di cuci pakai lagi...skrg di larang masker scuba krn masker mereka tdk laku jg mahal...bantu tdk mlh sll nyusahin masyarakat melulu...bila mau membantu stiap rumah di bagi masker 1 kotak/bln scr free n sosialisasi br jlnin larangan itu," tulis akun Facebook Tommy Cen.

Lantas benarkah klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, didapatkan fakta dari situs Liputan6.com bahwa larangan penggunaan masker scuba bukanlah karena alasan politik.

Sebenarnya, larangan penggunaan masker scuba adalah karena masker jenis tersebut tidak efektif dalam menangkal virus corona. Alasannya adalah karena masker scuba berbahan elastis dan berpori besar. Selain itu masker scuba mempunyai bahan yang tipis.

Kemudian masker scuba juga tidak memiliki kemampuan menyaring partikel yang lebih kecil. Dan, hal yang paling penting lagi adalah menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, bahwa scuba sebenarnya bukanlah termasuk kategori masker.



KESIMPULAN
Dari hasil pemeriksaan fakta tersebut, Hansip Hoax menyimpulkan bahwa klaim mengenai larangan penggunaan masker scuba yang dikarenakan alasan politik adalah klaim yang tidak benar alias hoaks. Klaim yang sebenarnya adalah larangan tersebut dikarenakan masker scuba tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.


Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.



SUMBER:
Liputan6


Quote:
aldonisticfebrifzneriksa
eriksa dan 32 lainnya memberi reputasi
33
15.9K
202
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.