• Beranda
  • ...
  • MotoGP
  • Kenapa Ketika Motor MotoGP Terjatuh, Mesinnya Langsung Mati? Simak Penjelasannya!

KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Kenapa Ketika Motor MotoGP Terjatuh, Mesinnya Langsung Mati? Simak Penjelasannya!
Hampir disetiap gelaran MotoGP, ada aja pebalap yang alami kecelakaan atau terjatuh. Baik itu kecelakaan yang menimbulkan resiko buruk (highside) atau kecelakaan ringan (lowside). Kecelakaan lowside biasanya cukup sering terjadi, dan ketika alami kecelakaan seperti ini, pebalap akan berusaha untuk tetap melanjutkan balapan. 

Pebalap yang dibantu oleh beberapa orang marshal akan berusaha untuk menyalakan motor yang mati saat terjadi kecekaan. Proses menyalakannya adalah dengan cara mendorong motor. Nah, pernyataanya GanSis, kenapa pas jatuh atau kecelakaan, motor langsung mati. Kan pasti bakalan ngabisin waktu banget kalau harus nyalain lagi.


Ternyata GanSis, mesin motor MotoGP mati ketika kecelakaan adalah karena sensor memutus tenaga mesin ketika motor jatuh. Jadi ini dibikin sengaja dimatiin GanSis, dengan menggunakan sensor. Sensor yang disebut dengan lean angle atau bank angle ini akan membaca kemiringan motor. Ketika kemiringannya melebihi batas dan terdeteksi motor jatuh, maka sensor dengan otomatis akan menonaktifkan mesin demi keamanan.

Pengadaan sensor ini bukan tanpa alasan GanSis, semua ini adalah untuk alasan keselamatan pengendara dan mencegah adanya kerusakan yang lebih parah dari motor. Misalnya ketika tangki bensin mengalami kebocoran dapat menyebabkan kebakaran jika mesin tetap menyala saat motor terjatuh. Atau bisa jadi si pebalap akan terseret motor jika mesin masih menyala saat motor terjatuh, dan ini akan membahayakan pebalap.

Sensor ini sebenarnya gak hanya digunakan di motor MotoGP GanSis, motor – motor yang dijual massal juga udah dilengkapi dengan fitur serupa. Mesin akan mati ketika motor terjatuh. Namun, sensor lean angle yang digunakan di MotoGP udah lebih canggih dan memungkinkan pebalap menikung dengan sudut kemiringan yang lebih ekstrem.

Ketika motor MotoGP terjatuh dan mesinnya mati, pebalap harus bersusah payah menyalakan mesinnya lagi. Sebab, motor MotoGP tak dilengkapi dengan kick starter atau tombol electric starter seperti motor yang dipakai di jalanan umum. Sebab, komponen-komponen tersebut akan menambah berat motor MotoGP jika disematkan. Cara menyalakannya adalah dengan cara di dorong. Tapi jika lagi di paddock atau sebelum start, motor akan dinyalakan menggunakan roller starter.


aygilagility
bedypop
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
12.6K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
MotoGP
MotoGP
icon
1.5KThread2.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.