syududududuuAvatar border
TS
syududududuu
Ternyata Mencukur Rambut Bayi Tidak Menjadikannya Lebih Tebal dan Lebat Loh!


GanSis!

Waktu anakmu baru-baru lahir, apa GanSis menggunduli kepalanya?
Kenapa sih GanSis melakukan itu?

Dalam hukum islam, disunahkan untuk mencukur rambut bayi dan memberi sedekah perak seberat rambut bayi tersebut. Ada yang mengatakan menggunduli tidak wajib loh, jika kamu hanya mengira-ngira beratnya saja juga boleh kok.

Tapi apakah semua orangtua yang menggunduli rambut anaknya untuk atas anjuran tersebut? Nyatanya tidak GanSis, sejumlah budaya Asia seolah mewajibkan mencukur rambut bayi setelah usia tertentu untuk meningkatkan pertumbuhan rambutnya. Ternyata banyak loh orang yang percaya kalau mencukur rambut anak akan membuatnya tumbuh lebih tebal dan lebat. Oleh karena itu, tidak jarang GanSis menyaksikan rambut bayi dicukur di usianya yang masih sangat kecil.

Tapi, apakah alasan tersebut benar adanya atau sebenarnya semua hanya itu ‘kepercayaan’ dari kedua orangtuanya saja?



Faktanya, orangtua zaman dulu sering mencukur rambut bayi karena memang mereka berharap dengan mencukur rambut sang buah hati akan membuat rambutnya tumbuh lebih tebal dan sehat dari sebelumnya. Tapi sebenarnya hal itu tidak benar loh GanSis.

GanSis semua harus tau kamu rambut anak terlahir dengan rambut lembut dan ringan yang disebut rambut vellus. Seiring bertambahnya usia, bayi akan mulai kehilangan lapisan rambut lembut ini sekitar bulan keempat dan akan digantikan oleh rambut terminal atau rambut dewasa, GanSis. Nah, tekstur dan volume pada rambut dewasa ini sebenarnya bukan hadir karena efek digunduli sebelumnya, tapi karena pengaruh genetika dari kedua orangtuanya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa mencukur rambut bayi setelah melahirkan atau tidak, tidaklah memengaruhi tekstur, dan lebatnya rambut bayi, itu hanya ilusi semata, GanSis. Karena nyatanya rambut yang mereka miliki akan mengikuti genetika orangtuanya. Ingat juga, mencukur rambut bayi akan memberikan ilusi rambut yang lebih tebal. Itu karena rambut tumbuh kembali secara lebih merata dan memiliki tepi yang tumpul.

Jadi bagaimana keputusanmu?
Tetap mencukur rambut bayi seperti saran orangtua atau tidak?
Memang banyak ritual yang mengharuskanmu mencukur rambut bayimu, tapi mau mencukur rambut bayimu atau tidak, itu keputusanmu ya GanSis.



SUMBER
tata604
erina79purba
japarina
japarina dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.