• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane

mamaproduktif
TS
mamaproduktif
Cara Mudah Menanam Pepaya California di Lahan Sempit Versi Ane

Pandemi covid19 ini membuat keluarga agan dan sista di rumah menjadi tambah kreatif dan inovatif. Salah satu hikmahnya adalah belajar berkebun baik secara biasa maupun secara hidroponik. 

Kebetulan ane pindahan rumah pada bulan Pebruari awal sebelum covid19 ramai dan diberlakukan psbb di daerah-daerah.  Rumah yang ane tinggali memiliki space tanah yang lumayan untuk belajar bercocok tanam. 

Kebetulan ane dan keluarga di rumah suka buah pepaya california, maka muncullah keinginan untuk menanamnya di lahan rumah ane yang seadanya.

Kenapa california?

karena rasanya yang manis bila dimakan dibandingkan dengan varietas pepaya lainnya, warna jingga yang memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, vitamin C, B1, B5, B3, K,E, serat, kalsium, asam folat dan magnesium.


Bercocok tanam seadanya dengan hasil mengupas pepaya california yang rasanya manis dan menyehatkan ini akhirnya ane pisahkan biji-bijinya. Setelah itu ane keringkan beberapa hari (2-3 hari) dengan dijemur di sinar matahahari. 

Penyiapan semai biji pepayanya juga mudah banget loh. Agan sista semai biji di dalam polybag yang berukuran 20cm ruang terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung. 

Tanah yang di dalam polibag bisa dicampur dengan arang sekam dan pupuk kandang perbandingan 3: 2:1. Waktu itu karena di tempat ane tidak ada sekam dan pupuk kandang ane menggunakan tanah gembur dekat sawah. Kriteria nya itu tidak basah dan juga tidak kering hanya lembab.

Setelah waktu kira-kira 2 minggu maka akan muncul kecambah benih pepaya, dan bisa dipindahkan semaiannya ketika usia pohon 40-50 hari. 

Setelah usia itu maka semaian sudah bisa dipindah ke tempat yang agak luas. Lahan yang disiapkan harus diberikan pupuk kandang kalau tidak ada bisa dengan tanah aliran air dari sawah atau (got).  

Untuk pemindahan, gansis harus memberikan jarak per pohon idealnya adalah 1-1.5 meter yah. Penanaman dilakukan pada sore hari.

Perawatan pohon pepaya juga gampang loh, hanya disiram dua kali tiap pagi dan sore hari. 

Penyiangan dilakukan secara manual saja yaitu dengan menyabut rumput liar di sekitar pohon. Karena menghindari pemakaian pupuk kimia ane melakukan perawatan hanya dengan menggunakan pupuk kompos saja. Tinggal tunggu panen saja. 

Ini adalah pohon pepaya california belakang rumah yang sudah berusia 5bulan sudah keluar bunga pepaya itu cirinya sebentar lagi akan berbuah. 

Manfaat buah pepaya banyak banget loh diantaranya:
1. Melancarkan pencernaan
2. BIsa menjaga kesehatan mata
3. Melindungi kesehatan kulit
4. Mengurangi resiko kanker
Dan masih banyak lagi manfaatnya.

Selain pepaya california ane juga menanam buah mangga, alpukat mentega, juga sayur-sayuran guna memanfaatkan lahan yang masih tersisa.


Sekian thread ane kali ini. Semoga bermanfaat buat kaskuser semua. Yuk belajar bercocok tanam.

Penulis: @mamaproduktif
Referensi gambar: dokumentasi pribadi dan dimarih

betiatinaBasboyTetsunotien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.4K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
Tanaman
icon
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.