News
Batal
KATEGORI
link has been copied
202
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f697959c8393a0334625dd0/benarkah-masker-scuba-dilarang-karena-alasan-politik
Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.
Lapor Hansip
22-09-2020 11:11

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?

Past Hot Thread
Quote:



Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Belakangan ini di dunia maya sedang hangat pembicaraan mengenai larangan penggunaan masker scuba. Netizen mengklaim jika masker jenis scuba dilarang penggunaannya karena alasan politik.

Klaim tersebut ramai di jejaring media sosial Facebook sesaat setelah klaim yang disebarkan oleh akun bernama Tommy Cen pada 16 September 2020. Dalam unggahannya, akun Facebook bernama Tommy Cen mengunggah foto beberapa tayangan berita tentang larangan penggunaan masker scuba.

Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?


Tidak sampai disitu, akun tersebut juga memuat narasi yang berisi klaim larangan penggunaan masker scuba karena politik. Berikut narasinya:

"ini politik perusahaan beneran...dl awal podemi masker di save harga di naikan selangit & kluar lah masker scuba produksi rmhan harga murah jg bisa di cuci pakai lagi...skrg di larang masker scuba krn masker mereka tdk laku jg mahal...bantu tdk mlh sll nyusahin masyarakat melulu...bila mau membantu stiap rumah di bagi masker 1 kotak/bln scr free n sosialisasi br jlnin larangan itu," tulis akun Facebook Tommy Cen.

Lantas benarkah klaim tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Hansip Hoax, didapatkan fakta dari situs Liputan6.com bahwa larangan penggunaan masker scuba bukanlah karena alasan politik.

Sebenarnya, larangan penggunaan masker scuba adalah karena masker jenis tersebut tidak efektif dalam menangkal virus corona. Alasannya adalah karena masker scuba berbahan elastis dan berpori besar. Selain itu masker scuba mempunyai bahan yang tipis.

Kemudian masker scuba juga tidak memiliki kemampuan menyaring partikel yang lebih kecil. Dan, hal yang paling penting lagi adalah menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto, bahwa scuba sebenarnya bukanlah termasuk kategori masker.



KESIMPULAN
Dari hasil pemeriksaan fakta tersebut, Hansip Hoax menyimpulkan bahwa klaim mengenai larangan penggunaan masker scuba yang dikarenakan alasan politik adalah klaim yang tidak benar alias hoaks. Klaim yang sebenarnya adalah larangan tersebut dikarenakan masker scuba tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus corona.


Sebarkan ya informasi dan klarifikasi ini ke rekan dan keluarga kalian agar terhindar dari hoaks yang menyesatkan.



SUMBER:
Liputan6


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:39
yg cm bisa menangkal itu cuma bulu idung... you know
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:40
ane males nyuci masker jadi pakenya yg disposable.
seharusnya jgn dilarang tapi dibuat persyaratan khusus seperti jumlah lapisan atau tambahan filternya
profile-picture
jejaksigondrong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:43
kemarin motogp semuanya pakai scuba emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
perx456 dan V.I.Wodrowsky memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:43
Oh Indonesiaaaaaaaaaaaaaa... Kapan kalian pinternya kalo cara mikirnya kaya begini??? emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:45
scuba mask yang murah memang rendah kemampuan perlindungannya, jadi supaya tetap bisa dipakai harus dilapis tisu. ini sama dengan masker tisu sekali pakai yang sangat mirip masker bedah.
tapi ada scuba mask premium yang memang cukup melindungi, kita tiup lilin pakai masker begini nggak akan bisa.
tapi pada akhirnya, masih lebih baik pakai masker apapun asal mulut & hidung tertutup dari pada nggak pakai masker sama sekali.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:45
Yha karna sekarang masker medis dah banyak di pasaran
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:46
Nih masker jg gak nyaman dipake sbnrnya, bikin sakit daun telinga, udah gitu kayak selewat aja sekedar nutup, blm lagi bagian tengahnya klo salah sisi pemakaian bikin sakit hidung, dagu sm bibir. Not recomended mmg sih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:47
yg penting gaya dulu.. urusan fungsi pikir belakangan wkwk
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:50
Waktu itu masyarakat gagap mencari masker..
bahkan sempet bingung dengan beberapa Pernyataan Pejabat di Negeri ini.., kalo Masker dipakai hanya untuk yang sakit saja (#CMIIW)
dan seiring perjalanan, akhirnya Negara kasih pengumuman kalo kita mau beraktifitas / keluar Rumah.., harus pakai Masker..

dan GILAAA !!! masker bak barang mewah.., udah mah langka.., mahal lagi...
hampir ane cari2 di Apotek.. kosong semua..., giliran ada.. itu harga 1 Pak ampe 3 lembar merah.......

Dann..., peluang ini diambil oleh rakyat utk ramai2 buat masker..
Dari masker yang bergambar wajah muka sampai berbahan kain batik..

harganya punn.., cukup bersahabat...

Saya mah salah satu yang suka beli masker ini.. terlebih yang Masker Scuba.., simpel dan enak dipakai..
Ada juga koq yang lebih dari 1 Lapis.., saya pernah beli ini di Apotek...

Dipinggir2 jalan juga masih banyak dijual...

jadi kalo denger berita Masker ini DILARANG.., ya.. kesihan juga tuh ama yg jualan2 itu di jalan-jalan...

Lagiannn...., omongan Pejabat di Negeri ini kalo ada 50juta Masker yg siap dibagikan.... mana ?????


Gak salah dong kalo rakyat punya hak memilih cari Masker yang Nyaman dipakai, Aman di kantong.

Menurut saya ini karena Negara GAGAP dalam menangani wabah ini sih..

Coba instruksikan ke PEMDA2 utk buat Masker Bersakala Besar dengan ketentuan memenuhi syarat Kesehatan..
Bagikan ke RT/RW ato Pos-pos siaga yang sudah ditunjuk...

Atau kalo memang mau dilepas ke PASAR...
ya buatlah ATURAN yang Jelas..,
mengenai STANDAR MASKER dll...
Kalo ada MASKER yang tidak sesuai Aturan.., jangan disita... suruh ditarik lagi sama si Pengusaha..., suruh perbaiki....

jadi kan Pengusaha juga tidak rugi2 Amat..
Nahhh.., kalo sudah ketahuan Sekali terkena razia dan masih bandel..
baru tuh diSIKAT biar kapok...
Diubah oleh jejaksigondrong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mujaersepat dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:53
Ga pernah pake krn katanya kurang safe...mending pake masker sensi...murah aman
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:54
mang klo mental kadrun klo ga fitnah ya hoax
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:57
yang dimaksud "dilarang" itu apa ada konsekuensi hukumnya
bila tetap memakai masker scuba ?
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 15:59
dilapis tisu kain lah 2 lembar, bisa jadi 3 ply kan? bikin ribet aja
profile-picture
mimiesp1 memberi reputasi
1 0
1
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:01
udah byk yg pake,
stok numpuk..
sekarang dilarang
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:01
Quote:Original Posted By guntur9090
Logikanya simpel aja. .
Kenapa baru dikeluarkan sekarang pernyataan bahwa Scuba ga efektif?
Dulu warga dilarang pakai masker bedah dan N95 karena untuk keperluan tenaga medis, lalu disuruhlah warga pakai masker kain. .
Tapi tidak diatur masker kain yang seperti apa.


Pernyataan masker scuba ga efektif itu udah sejak lama
Udah dr bulan Januari malahan tp emang ga ada perhatian khusus
Pemerintah sendiri menganjurkan masker kain 3 lapis drpd masker scuba

Sampai banyak konveksi yang bikin masker lapis 2 yang ditengahnya bisa dimasukan tisue

Tp karena masker scuba sangat murah, dengan kisaran harga dibawah 3rb, malah menjadi pilihan

Sampe ada sindiran di luar negeri

"Pakai masker scuba dimasa pandemi bikin lo terlihat keren dan goblok secara bersamaan"
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:02
itu bukan masker. itu cuma penutup mulut.
masker apaan setipis gitu, heran ane liat org yg pake itu emoticon-Cape d...
0 0
0
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:02
masker scuba udah nggak boleh dipakai lagi ya?
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:04
Ya jelas hoax lah, ntu cuma cuitan pedagang masker yg ga laku aja. Pake komplen napa ga dr dulu dilarang lah ini lah itu lah.... Padahal semua org yg pegang masker skuba pasti udah tau tuh masker ga efektif buat menyaring virus, secara tipis dan gampang utk bernafas kayak ga ada hambatan.
Intinya mreka semua udah tau tuh masker ga guna cuma ngeyel aja, pembeli beli buat formalitas biar ga diciduk, sedangkan penjual jual ya krn liat celah bisnis, masalah melanggar aturan mah bodo amat yg penting untung, tuh liat iklan masker skuba promonya aja tipis dan nafas tanpa hambatan.
Giliran sekarang pemerintah udah tau trik para ngeyelers dan dilarang maka meronta-ronta lah pedagang yg udah keburu stok dan penggunanya krn trik mreka dah ga guna. emoticon-Wkwkwk
profile-picture
Mangazatria memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:04
Scuba ini waktu awal corona gak recommended, waktu di coba buat niup lilin masih bisa tembus udaranya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Benarkah Masker Scuba Dilarang karena Alasan Politik?
22-09-2020 16:14
Wuuuuuuuu bukannya ngasih solusi nyusahin Mulu
profile-picture
introvertpsycho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia