• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inilah 5 Sinetron Indonesia Dengan Episode Terbanyak, Bisa Mencapai Ribuan

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah 5 Sinetron Indonesia Dengan Episode Terbanyak, Bisa Mencapai Ribuan
Sinetron adalah singkatan dari sinema elektronik, adalah sebutan bagi program drama berseri di Indonesia. Sinetron dalam bahasa Inggris disebut soap opera atau artinya opera sabun. Sedangkan di Amerika Latin disebut telenovela. Sinetron mulai berkembang di Indonesia saat memasuki era 1990an di mana pada saat itu mulai bermunculan stasiun televisi swasta mulai bermunculan.

Pada awalnya sinetron tayang setiap seminggu sekali karena proses syuting dan persiapan yang memakan waktu untuk menjaga kualitas cerita. Di era 90an kita mengenal "Si Doel Anak Sekolahan" dan "Keluarga Cemara" sebagai sinetron yang tayang seminggu sekali dengan sistem per musim. Namun lama kelamaan banyak sinetron yang pada akhirnya tayang setiap hari dengan durasi yang menyaingi durasi film bioskop. Ini dikenal dengan sinetron stripping atau sinetron kejar tayang.

Hal tersebut disebabkan oleh tingginya minat masyarakat terhadap sinetron sehingga pihak rumah produksi memilih untuk terus memproduksi episode dalam sinetron sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan kualitas cerita. Karena toh cerita rusak dan tak karuan pun akan mendatangkan cuan yang banyak. Banyak sinetron Indonesia yang mencapai ratusan bahkan ribuan episode. Pihak rumah produksi akan terus membuat episode yang banyak hingga rating turun.

Nah, ada beberapa sinetron Indonesia dengan episode terbanyak sepanjang masa jangan harap ada "Tersanjung" karena jumlah episodenya tidak ada apa-apanya dengan deretan sinetron berikut ini.

1. Tukang Ojek Pengkolan (RCTI)

Sinetron yang sering disingkat menjadi TOP ini tayang pertama kalinya pada 25 April 2015 dan masih bertahan saat thread ini dibuat. Per September 2020, jumlah episode Tukang Ojek Pengkolan adalah 2.515 episode dan menjadi sinetron Indonesia terpanjang sepanjang masa. Awalnya TOP bisa dibilang menjadi "Premen Pensiun versi Jakarta" walaupun berbeda tema. Akan tetapi kualitas ceritanya berbanding terbalik dengan Preman Pensiun.

2. Dunia Terbalik (RCTI)

Masih dari RCTI. Dunia Terbalik adalah sinetron komedi yang tayang pertama kali pada awal tahun 2017 dan masih terus berjalan saat thread ini dibuat. Per Agustus 2020 jumlah episodenya mencapai 2.202. Sinetron ini dibintangi oleh Felicya Angelista, Agus Kuncoro, Indra Birowo, Sutan Simatupang, dll. Ceritanya sendiri mengisahkan para suami yang ditinggal istrinya yang bekerja di luar negeri. Menariknya, ratingnya cukup tinggi dan banyak masyarakat yang minat terhadap sinetron ini.

3. Tukang Bubur Naik Haji The Series (RCTI)

Sinetron yang disingkat menjadi TBNH ini sebenarnya adalah sinetron yang diadaptasi dari FTV berjudul sama dan juga pemain yang sama yang pernah tayang pada sekitar 2006 yang lalu. TBNH tayang pertama kali pada 2012 dan tamat pada 2 Junu 2017 dengan jumlah 2.185 episode. Dibintangi oleh Mat Solar, Uci Bing Slamet, Nani Wijaya, Citra Kirana, Andi Arsyil Rahman, dan Latief Sitepu. Awalnya cerita berfokus pada keluarga Sulam namun menjadi bercabang ke mana-mana dan keluar dari judul itu sendiri.

4. Anak Langit (SCTV)

Sinetron ini diproduksi oleh SinemArt dan mempunyai keterkaitan dengan Anak Jalanan yaitu ceritanya yang tentang geng motor. Tayangnya pertama kali pada 2017 kemudian tamat pada sekitar Maret 2020 dan episodenya berjumlah 1.560. Sinetron ini dibintangi sejumlah artis yang lumayan sering mondar mondir di acara Infotainment.

5. Bajaj Bajuri (Trans TV)

Dari daftar ini mungkin hanya Bajaj Bajuri yang mempunyai kualitas yang cukup baik. Sinetron komedi ini tayang di Trans TV dari 2002 hingga 2007 dan menjadi tontonan favorit masyarakat Indonesia di era 2000an awal. Bajaj Bajuri berjumlah 1.291 episode dan juga sempat tayang ulang di antv. Bajaj Bajuri banyak disukai karena komedinya dan juga ceritanya yang tak jauh dari kehidupan sehari-hari dan tidak dibuat-buat. Sinetron ini dibuat oleh Aris Nugraha yang juga sutradara dari Preman Pensiun

Gimana gan? banyak sinetron yang panjangnya kayak Tembok Besar China. emoticon-Ngakak

Quote:
alifrian.
bedypop
byungtaeng
byungtaeng dan 22 lainnya memberi reputasi
23
9.5K
217
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.