Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
108
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f5ef2c0eaab253a095de563/segudang-pelajaran-dari-flu-spanyol-1918
Flu spanyol adalah salah satu pandemi paling mematikan sepanjang sejarah yang disebabkan oleh virus influenza H1N1 yang menyerang sistem pernapasan.Pandemi flu Spanyol berlangsung dari tahun 1918 hingga 1920
Lapor Hansip
14-09-2020 11:34

Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Bersama saya dan...hy...

Quote:
Flu spanyol adalah salah satu pandemi paling mematikan sepanjang sejarah yang disebabkan oleh virus influenza H1N1 yang menyerang sistem pernapasan.Pandemi flu Spanyol berlangsung dari tahun 1918 hingga 1920 dan telah menginfeksi total 500 juta orang di dunia atau sepertiga penduduk bumi (jumlah populasi bumi pada tahun 1918 adalah 1,8 miliar) dan menewaskan 20-50 juta orang bahkan menurut sebuah sumber mencapai 100 juta namun angka pastinya tidak dapat dipastikan karena kurangnya pencatatan.Tingkat mortalitas flu Spanyol sangat tinggi dan menyerang manusia dengan usia balita, usia 20-40 tahun , dan orang yang lebih tua dari 65 tahun menjadikan virus ini rentan ke semua orang.

Tidak ada yang tahu darimana flu ini berasal namun flu Spanyol dilaporkan pertama muncul di Eropa,Amerika Serikat dan beberapa negara Asia sebelum menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.Flu spanyol menyebar dengan sangat cepat disebabkan terutama oleh demobilisasi tentara di bulan-bulan terakhir Perang Dunia I.



Alasan Disebut Flu Spanyol



Tidak ada yang tahu asal flu ini dan tidak ada bukti yang menunjukkan kalau flu ini berasal dari Spanyol.Disebut flu Spanyol karena media spanyol yang pertama kali dan satu-satunya yang memberitakan flu mematikan ini pada saat itu.Malahan,orang Spanyol sendiri mengatakan flu ini berasal dari Perancis dan menyebutnya sebagai flu Perancis.

Gejala Flu Spanyol


Flu Spanyol terjadi dalam tiga gelombang dan gelombang kedua adalah yang paling mematikan.Gelombang pertama flu Spanyol terjadi pada musim semi tahun 1918,gejala yang ditimbulkan relatif ringan,korban yang terjangkit akan mengalami gejala flu biasa seperti meriang,demam dan kelelahan yang biasanya sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.
Namun saat gelombang kedua terjadi ditahun yang sama 1918,korban mengalami gejala seperti kulit membiru dan paru-paru terisi dengan cairan kental sehingga membuat penderita mati kelelahan.Setelah terjangkit,rata-rata penderita hanya bisa bertahan beberapa jam hingga hari sebelum akhirnya tewas.Tingginya tingkat kematian dan penyebaran flu Spanyol membuat angka harapan hidup orang Amerika Serikat turun menjadi hanya 12 tahun pada tahun 1918.

Menghadapi flu Spanyol ditengah keterbatasan
 
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
Gambar

Dokter dan ilmuwan tidak yakin bagaimana cara menangani flu Spanyol.saat itu tidak ada obat maupun vaksin untuk melawan flu mematikan ini.Untuk mengurangi gejala dokter menggunakan obat seperti aspirin yang sayangnya tidak membantu.Tidak adanya metode penyembuhan membuat korban semakin banyak dan rumah sakit menjadi over kapasitas.Gedung sekolah,rumah penduduk dan bangunan lainnya dijadikan rumah sakit darurat untuk menampung pasien yang membludak.
Beberapa wilayah juga menutup sekolah,fasilitas publik dan gereja untuk mengurangi angka penyebaran namun ada juga wilayah yang tidak percaya flu Spanyol dan menyebutya sebagai flu biasa namun langsung mengubah sikapnya setelah ribuan orang mati hanya dalam beberapa hari setelahnya.
Banyaknya wiayah yang mewajibkan perusahaan menutup kegiatan bisnis karena para pekerjanya banyak yang tertular juga untuk menekan angka penyebaran tentulah terdampak terhadap ekonomi.Industri jasa dan hiburan menjadi yang paling terdampak pandemi flu Spanyol dan membuat ekonomi sempat kacau dibeberapa wilayah.Namun tidak ada bukti kuat yang bisa menunjukkan bahwa ekonomi dunia pada saat itu kolaps akibat pandemi flu Spanyol.

Berakhirnya Flu Spanyol
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
Gambar

Flu spanyol yang menjangkiti setengah miliar orang dan menewaskan puluhan juta orang dalam kurun waktu kurang dari dua tahun akhirnya berakhir pada 1920 akibat berkembangnya herd immunitymanusia yang selamat dari infeksi.Walau flu Spanyol hilang dengan sendirinya akibat herd immunity namun kita harus kehilangan 50 juta orang dan tentulah itu sangat mematikan.

Briefhistory : Segudang Pelajaran dari Flu Spanyol
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918

Kita contohkan Amerika Serikat sebagai representatif penanganan pandemi Spanyol karena saya gak dapat data daerah lain.

Quote:
Philadelphia mendeteksi kasus pertama flu Spanyol pada 17 September 1918.Otoritas setempat mengkampanyekan larangan batuk,meludah dan bersin ditempat umum sebagai upaya menekan penyebaran flu Spanyol.Namun sayang beberapa hari setelah kampanye dilaksanakan, kota Philadelphia menyelenggarakan parade yang diikuti 200.000 orang dan akibatnya jumlah kasus meroket.Hingga 3 oktober barulah otoritas menutup sekolah,gereja dan tempat keramaian lainnya juga ditutup.Kebijakan lain juga diterapkan yakni karantina, memakai masker dan social distancing dan kebijakan tersebut dibuktikan ampuh oleh sejarah.Dalam perjalannanya juga banyak warga negara yang bebal dalam mengikuti kebijakan pemerintah seperti tidak mau memakai masker.Saking ekstremnya,bahkan seorang otoritas kesehatan pada 1918 di San Fransisco menembak tiga orang karena menolak memakai masker.Dan di Arizona polisi memberlakukan denda $10 bagi yang tidak memakai alat pelindung diri.



Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
sumber data




Quote:
Beberapa wilayah menerapkan social distancingtelat dan beberapa wilayah lebih awal dan berkelanjutan dan hasilnya terdapat perbedaan angka kematian yang cukup signifikan terhadap kedua kasus diatas.Bahkan studi membuktikan perbedaan tingkat kematian terhadap dua kasus diatas mencapai 50%.

Sejarah membuktikan intervensi kuat pemerintah dalam merealisasikan kebijakan seperti sosial distancingadalah kunci menekan angka penyebaran flu Spanyol.

Data diatas bersumber dari National Geographic .

Dalam kasus Covid-19 pertama kita sendiri dulu yang harus sadar betapa bahayanya virus ini.Pertama,semua harus dimulai dari sendiri untuk memakai masker dan tidak berkerumunan.Selanjutnya sejarah menuntut pemerintah serius dalam menerapkan kebijakan social distancing atau kalau di Indonesia PSBB.Pelajaran selanjutnya agan-agan lebih tahu.





Quote:Orang yang bijak berkata “history repeat itself”.Ya..ya…saat itu ada juga yg gak percaya flu Spanyol dan menyebutnya “all is well …all is well its just the flu!” dan booom gelombang kedua muncul dan mereka harus menarik omongannya.Ditengah Covid-19 ada juga orang yang gak percaya dan menyebut ini rekayasa elit global atau semacamnya untuk mengontrol kita.well Covid-19 itu bahaya,sekarang kita hanya berharap segera ditemukan vaksin sebelum gelombang kedua sempat terjadi.Tetap patuhi protokol kesehatan dan berharap kita cepat keluar dari pandemi Covid-19.

Thank,


Saleum.
Sumber : tulisan pribadi
Referensi : kesini , kemari , kesini , kesini , kemari .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ryan Limanto dan 31 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 21:21
Herd imunity
Kayaknya itu kuncinya
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 21:41
Yes bener gan berarti memang dari dulu pasti ada aja kelompok yg memang tidak percaya dengan sebuah wabah, sekarang temen ane lagi rajin2nya nih ngepost dan repost kalo Covid itu hoax, konspirasi mamarika, antek aseng, freemesen, wahyudi. Apa orang kita memang harus kena dulu ya baru percaya bahwa covid bahaya nyata yg ada terlepas itu memang buatan atau mutasi
profile-picture
eyefirst2 memberi reputasi
1 0
1
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 21:43
Setidaknya penanganan wabah abad sekarang lebih baik dari pada dulu
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 21:56
"Namun ada juga wilayah yang tidak percaya flu Spanyol dan menyebutya sebagai flu biasa namun langsung mengubah sikapnya setelah ribuan orang mati hanya dalam beberapa hari setelahnya." Relate banget apa yang sedang terjadi saat ini masih ada aja orang yang gak percaya padahal ada data loh emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
bintanghu dan eyefirst2 memberi reputasi
2 0
2
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 21:58
Akibat keserakahan dan kekuasaan...manusia menggali kubur nya sendiri...Gan emoticon-Turut Berduka
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1 0
1
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 22:07
Koq serem ya gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scarlot dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 22:09
Mirip dgn covid ya dr penyebaran maupun bbrp gejalanya
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 22:28
virus baru memang akan selalu bermunculan di masa mendatang.
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 22:46
Musingin dah emoticon-Cape d...
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 22:52
semua akan herd immunity pada waktunya.. cuma masalah waktu aja virus corona jg akan menghilang..
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 23:21
oh jadi Flu spanyol adalah salah satu pandemi paling mematikan sepanjang sejarah yang disebabkan oleh virus influenza H1N1 yang menyerang sistem pernapasan

Pandemi flu Spanyol berlangsung dari tahun 1918 hingga 1920 dan telah menginfeksi total 500 juta orang di dunia atau sepertiga penduduk bumi
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 23:41
Sebenernya simpel sih, banyakin sosialisasi kesehatan, rutin operasi masker dan physical distancing, dan perberat hukuman bagi pelanggar protokol kesehatan emoticon-Ngakak
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
21-09-2020 23:47
hiks seremnya itu gelombang ke dua emoticon-Mewek semoga nggak sampai terulang lagi di pandemi yang sekarang
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 00:16
Entahlah org jaman skr pada jumawa, gak mau belajar dr orang lama dan kesalahan. Rasakan sendiri nanti akibatnya
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 01:13
Ajarkan anakcucu kita untuk menghadapi kondisi seperti ini, dan jangan bandel atas nama kebebasan berekspresi

Karena pandemi niscaya kelak akan berulang
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 01:24
Indonesia butuh sosok suharto lagi sekarang gan kayaknya. Rakyat dimari susah diatur soalnya emoticon-Cape d...
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 02:05
Harusnya kejadian tersebut bisa menjadi prlajaran untuk semua emoticon-Big Grin
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 02:09
wkwkwk, ttp aja manusia sukanya mengulang kesalahan~
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 02:49
Mantap lah, ditembak dulu baru ada yang nurut. Cocok kok kalo disini
0 0
0
Segudang Pelajaran Dari Flu Spanyol 1918
22-09-2020 02:51
Buset 2 tahun dengan 3 gelombang. Ngeri juga. Ini jangan sampe pandemi kopid juga sampe selama itu amit amit emoticon-Frown kapan ane gawenya emoticon-Frown
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia