News
Batal
KATEGORI
link has been copied
260
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f68593b5cf6c4778f55fabf/kpai-minta-kurikulum-sejarah-diubah-karena-terlalu-jawa-sentris
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tetap mewajibkan mata pelajaran sejarah namun dengan perbaikan. Sebab, kurikulum saat ini terlalu Jawa sentris.
Lapor Hansip
21-09-2020 14:41

KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris

Past Hot Thread
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris

Suara.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk tetap mewajibkan mata pelajaran sejarah namun dengan perbaikan. Sebab, kurikulum saat ini terlalu Jawa sentris.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti menilai dalam kurikulum 2013 yang dipakai dalam mata pelajaran sejarah saat ini terlalu Jawa Sentris yang kurang memberikan pengetahuan sejarah daerah lain di Indonesia.

"Sehingga anak Papua, anak Aceh, Anak Kalimantan, Anak Sulawesi, Anak Sumatera, dll belajarnya sejarah Jawa, padahal daerahnya juga memiliki sejarah yang layak dipelajari anak bangsa ini," kata Retno di Jakarta, Senin (21/9/2020).

Kurikulum sejarah saat ini juga dinilai Retno terlalu didominasi oleh sejarah perang dan kekerasan mulai dari Perang Bubat, Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Jawa, Perebutan tahta Singosari Ken Arok, dan sebagainya.

"Barangkali ini perlu diperbaiki agar generasi muda tidak salah menafsir seolah-olah sejarah bangsa kita penuh kekerasan sehingga nantinya dicontoh oleh generasi berikutnya, dikhawatirkan generasi mudanya akan menyelesaikan masalah dengan kekerasan bukan dengan dialog," jelasnya.

Selain itu, Retno juga meminta kurikulum sejarah yang baru nanti agar tidak terlalu terpaku pada hafalan semata yang kerap dikeluhkan siswa sebagai mata pelajaran yang membosankan.

"Bagaimananya dari peristiwa sejarah itu jarang digali dan didalmi melalui dialog. Kalau hafalan, cenderung mudah dilupakan dan tidak dipahami makna suatu peristiwa sejarah," pungkas Retno.

Sebelumnya, Mendikbud Nadiem Makarim menegaskan isu penghapusan pelajaran Sejarah tidak benar, sebab penyederhanaan kurikulum pendidikan nasional masih dalam proses pembahasan dengan berbagai pihak.

"Saya ingin mengucapkan sekali lagi bahwa tidak ada sama sekali kebijakan regulasi atau perencanaan penghapusan mata pelajaran sejarah di kurikulum nasional," kata Nadiem.

Dia mengakui isu ini muncul dari draf sosialisasi Penyederhanaan Kurikulum dan Asesmen Nasional Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendikbud yang dipresentasikan internal pada 25 Agustus 2020, lalu bocor ke publik.

Namun, draf yang tersebar ini, kata Nadiem belum final dan bukan satu-satunya pilihan dalam penyederhanaan kurikulum.

Nadiem juga menyebut proses penyederhanaan kurikulum nantinya juga tidak dilakukan secara langsung di semua sekolah melainkan dilakukan secara bertahap melalui uji coba mulai tahun depan.

"Penyederhanaan kurikulum tidak akan dilakukan sampai tahun 2022, di tahun 2021 kami akan melakukan berbagai macam prototyping di sekolah penggerak yang terpilih dan bukan dalam skala nasional," imbuh Nadiem.

Dalam draf yang bocor ke publik itu dikatakan bahwa mata pelajaran sejarah untuk kelas 10 SMA akan digabungkan dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Kemudian untuk kelas 11 dan 12 mapel sejarah masuk dalam kelompok peminatan yang tak bersifat wajib.

Padahal, dalam kurikulum 2013 yang dipakai selama ini mata pelajaran Sejarah harus dipelajari dan terpisah dari mata pelajaran lainnya.


https://www.suara.com/news/2020/09/2...ntris?page=all

Mmng mudah merangkum sejarah dari sabang-merauke?emoticon-Hammer

Blm lagi ada penambahan kerajaan2 baru spt sunda empireemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Habibananasuper dan 38 lainnya memberi reputasi
35
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:03
Jadi menurut ibunya sejarah perang itu terlalu kejam buat d pelajarin anak2? Gak mau ngubah isi alquran sekalian kah? Biar kisah rasul saat perang d hapus juga? Biar anak kecil yg belaja ngaji gak kenal kekerasan.
profile-picture
profile-picture
x369963x dan farhan.faf memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:06
Kelompok tak berguna lebih baik dibubarkan tu kapeaye
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan sampaitahu memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:07
KPAI kenapa ga fokus pendidikan seks buat anak" biar ga pada bunting diluar nikah emoticon-Traveller
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:19
Pelajaran sejarah, jaman dulu apa yaa ane udah lupa, paling inget soal kerajaan kerajaan di nusantara, jaman penjajahan, sama perjuangan kemerdekaan
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:20
KPAI : Komisi Pengamat Anime Indonesia
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:28
Aneh ahh lohhhh Sejarah itu dari kelas berapa sampe berapa pak beda2...
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:31
Sukarno sentris. Kapitalissentris
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:36
Sejarah Sunda Empire kudu masuk bu emoticon-Cool
kalo gak, Indonesia ga boleh daftar ulang ke Deheren Seventeen emoticon-Cool





udah kayak rangga blom gue? emoticon-Leh Uga
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:36
Padahal dulu salah satu orang yang menjadi tonggak sejarah Indonesia pernah berkata, Jas Merah, Jangan Pernah Sekalipun Melupakan Sejarah. Fix KPAI lagi gabut. Beresin noh tiktokers ga ada akhlak.
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:37
yang penting nilai sejarah nya yg diajarin, semangat perjuangan de el el
bukan ngapalin tanggal kejadian, buat ape...
emoticon-Sorry
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:42
percayalah, bocah sd-smp lebih suka b.inggris ketimbang sejarah emoticon-Ngacir
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:44
Bocah jaman skrg lbh suka jam kosong atau classmeet. Ygsuka bolos malah masuk
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:45
di negara lain mata pelajaran sejarah ttp wajib dah walau g jd penentu kelulusan tp ttp wqjib diajarin
emoticon-Traveller
Diubah oleh hantupuskom
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 20:58
Kudunya Arab sentris keles yesss?
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 21:00
sejarah di sekolah itu paling penting harus ditulis ulang karena pelajaran sejarah sekarang selain cuma hafalan, utamanya masih versi orba. supaya nasbung tau kalau trisila & ekasila itu sepaket saat dicetuskan bung karno, bukan versi pdip.
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 21:03
sebaiknya mtk waktunya dikurangi... keburu koslet otak sebelum memasuki pelajaran sejarah..... emoticon-Ngacir
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 21:06
Gak jawa sentris kok, belajar sejarah dari perang Medan Area hingga sejarah kerajaan ternate dan tidore. Hmm
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 21:10
KPAI ga ada kerjaan apa gimana sihhh
Kadang hal hal yang dibahas bukan ranah nya
🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃🙃
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 21:20
Di ubahnya seperti apa yak? Kasih usul seperti apa, ane juga bingung
0 0
0
KPAI Minta Kurikulum Sejarah Diubah karena Terlalu Jawa Sentris
21-09-2020 21:21
bingung aku, jadi yang tidak java-sentris begimana?
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia