• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengenal Lebih Dekat Isuzu Traga, Si Pendatang Baru di Segmen Kendaraan Niaga

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Mengenal Lebih Dekat Isuzu Traga, Si Pendatang Baru di Segmen Kendaraan Niaga
Bicara soal kendaraan niaga terutama pick up, mungkin banyak dari kita yang akrab dengan nama Mitsubishi L300. Salah satu varian pick up terlaris saat ini, bisa dibilang ia menjadi rajannya pick up. Namun dominasi L300 sedikit terganggu, tatkala muncul saingan baru pada bulan April 2018 lalu. Saingan ini berasal dari negara yang sama, namanya adalah Isuzu Traga.

Produk dari Isuzu akhir-akhir ini memang mulai diminati oleh masyarakat, setelah sukses dengan poduk truk bernama Isuzu NMR, Isuzu memulai peruntungan disegmen kendaraan pick up.

Produk terbaru Isuzu menawarkan body yang lebih besar daripada pesaingnya dikelas yang sama. Selain itu mereka menawarkan sesuatu yang baru pada tampilan muka depan serta bodynya.




Ilustrasi Isuzu Traga.

Sumber


Kalau dilihat Traga menawarkan bentuk grill yang cukup lebar pada bagian depannya, dimana terdapat lekukan tebal pada grillnya. Bentuk bumpernya juga dibuat mengikuti bentuk grill tersebut.

Kabin yang besar akan memberi pandangan yang lebih luas untuk pengemudinya. Lampu utamanya juga dibuat besar, dimana hal ini akan memberi penerangan maksimal saat malam hari. Namun spionnya sendiri tergolong kecil untuk pick up dengan ukuran jumbo.




Ilustrasi bagian depan.

Sumber Ilustrasi


Traga punya dimensi yang cukup besar dibanding L300. Traga memiliki panjang 2.810 mm, lebar 1.620 mm, serta luas bak 4,6 meter persegi. Dalam test ride yang dilakukan pada awal kemunculannya, Traga mampu membawa 60 galon air sekali angkut.

Bak yang lebih besar tentu membuatnya lebih unggul, dengan ini Traga tidak perlu mengangkut beban yang berlebihan (over load). Sekarang kita beralih ke sisi interiornya.




Ilustrasi bak Traga.

Sumber Ilustrasi


Meski terlihat besar dari luar, tapi saat masuk ke kabinnya. Ternyata kabinnya sendiri tidak terlalu luas, untuk kendaraan niaga yang biasa membawa 3 orang termasuk sopirnya. Kabin Traga malah terlihat sempit. Jika kita keluar masuk kabinnya, rasanya seperti masuk kabin truk engkel, namun dengan posisi lebih rendah.

Salah satu faktor sempitnya kabin Traga adalah dashboard yang dibuat sangat besar, jika kita duduk sebagai penumpang. Tentu dashboard ini akan mengurangi ruang gerak pada kaki.

Selain itu posisi tuas perseneling yang berada ditengah joknya membuat kabin pick up ini terasa kurang lega. Jika membawa tiga orang, orang kedua yang duduk ditengah tentu tidak akan mendapat cukup ruang (kakinya mentok dashboard). Bahayanya kalau dalam perjalanan dengan tiga orang, nanti si sopir bisa salah pegang tuas perseneling, takutnya ia justru memegang tuas yang lain.

Sepertinya tuas perseneling ini menjadi masalah yang harus diperhatikan oleh Isuzu, jika mereka mau memindahkan tuasnya ke dashboard atau dibuat menyatu dengan setir. Maka kabin mereka akan sedikit lebih lega.




Ilustrasi kabin Traga.

Sumber Ilustrasi


Untuk bagian dashboardnya sendiri sudah dilengkapi dengan blower, sistem audio dan digital analog cluster. Fitur yang sudah cukup bagus untuk mobil angkutan barang sehari-hari. Diatas kertas Traga lebih unggul, namun dilapangan L300 masih lebih dominan.




Fitur pada dashboard.

Sumber Ilustrasi


Untuk sektor mesin, Traga membawa mesin legendaris milik Panther. Meski legendaris, mesin ini juga tergolong tua. Mesin berkode 4JA1-L dengan kapasitas 2.500 cc direct injection. Mampu menghasilkan tenaga mencapai 80 ps dan torsi 191 Nm yang bisa dicapai mulai dari 1.800 rpm. Mesin ini dikenal bandel, irit solar, dan tahan terhadap solar busuk yang beredar di Indonesia.

Tenaga pada mesin Isuzu Traga selanjutnya dikimpoikan dengan transmisi manual 5 kecepatan yang diambil dari Isuzu D-Max. Untuk memudahkan perawatan, 70% komponennya juga berasal dari produk Isuzu lainnya seperti suspensi dan kaki-kaki.

Isuzu Traga hadir dalam tiga varian yakni box, pick up serta mikrobus (minibus). Untuk varian terakhir TS belum melihatnya beredar dijalan. Menurut pihak Isuzu, untuk varian mikrobus, mereka akan menjual chasisnya saja. Untuk bodynya, pembeli harus merakitnya di karoseri.




Isuzu Traga pick up.

Sumber Ilustrasi



Isuzu Traga box.

Sumber Ilustrasi




Isuzu Traga mikrobus.


Sumber Ilustrasi


Traga dijual sedikit lebih mahal daripada L300, dimana untuk varian pick up dihargai Rp 208,3 juta dan Rp 236,3 juta untuk varian boxnya. Sementara saingan senegara yakni Mitsubishi L300, versi pick up dihargai Rp 192 juta, sementara varian box dari L300 dijual Rp 215 juta (harga September 2020).

Untu varian mikrobus pihak Isuzu belum ada rencana untuk menjualnya, meski sempat hadir di ajang pameran otomotif GIIAS 2019. Mereka akan melihat pasar terlebih dahulu sebelum menjual produk mikrobusnya. Diperkirakan harga chasisnya saja dibanderol Rp 201,7 juta, untuk L300 harga chasisnya saja dibanderol Rp 187,5 juta.







Isuzu Traga mikrobus, eksterior belakang dan interior.

Sumber Ilustrasi


Meski memiliki kelebihan berupa bak yang lebih luas, namun untuk bersaing dengan L300. Mereka harus melakukan pembenahan, terutama pada interior dan spionnya.

Kalau di kota besar, populasi Traga memang mulai banyak saat ini kalau TS perhatikan, namun untuk kota atau kabupaten kecil. Nama L300 masih mendominasi, meski Traga juga sudah mulai diminati disana. Namun populasinya belum terlalu banyak, memang tidak mudah menggeser posisi L300, dimana ia sudah terbukti tangguh disegala medan di Indonesia serta kuat disiksa (membawa muatan over load).

Isuzu kedepannya memang harus berani berinovasi agar bisa bersaing dengan rekan senegaranya tersebut, diatas kertas mereka unggul namun dilapangan L300 masih lebih unggul diatas mereka.




Sumber Ilustrasi


Demikian sedikit ulasan mengenai kendaraan niaga kali ini, semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua dan tentunya referensi bagi yang mau membeli kendaraan niaga. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, jangan lupa untuk ikut berkomentar. Sampai jumpa lagi, dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer




Referensi: 1.2.3.4.5.6
Ilustrasi: google image
galigulagaluujellyjellotien212700
tien212700 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
6.7K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.