widoko
TS
widoko
Ahok VS Erick Thohir, Lawan yang Setimpal?
Di tengah kasus Corona yang belum menunjukkan tanda - tanda mereda, perpolitikan tanah air juga tak berhenti dengan pro kontra. Salah satunya adalah di seputar badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Salah satu BUMN kelas kakap tanah air, Pertamina.


Erick - Ahok (Sumber: tribunnews.com)


Sorotan tajam saat - saat ini tertuju pada Pertamina. Pasalnya perusahan raksasa plat merah tanah air tersebut dikabarkan rugi besar. Konon sampai angka sekitar 11,28 triliun rupiah selama semester satu tahun 2020.


Kritik Ahok (Sumber: suara.com)


 Atas ruginya Pertamina, nama Komisaris Utamanya, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok pun ikut terbawa - bawa. Salah satu yang disorot karena Sang Mantan Gubernur DKI tersebut sebelumnya pernah mengatakan bahwa Pertamina merem saja bisa untung.


Ahok - Erick (Sumber: tribunnews.com)


Setelah heboh ruginya Pertamina tersebut, Ahok kembali menjadi pusat pemberitaan karena mengkritik Pertamina, tempat ia bernaung saat ini sebagai Komisaris Utama. Lewat sebuah video yang viral Ahok membeberkan bobrok pertamina, antara lain berkaitan dengan Pertamina yang mengakuisisi sumur minyak di luar negeri dari hasil utang. Ahok juga menyampaikan masalah lain Pertamina berkaitan dengan pejabat Pertamina yang sudah dicopot tetapi menerima gaji sebesar sekitar 75 juta. 

Atas videonya yang viral tersebut, Ahok pun dipanggil Menteri BUMN, Erick Thohir. Menarik untuk ditunggu bagaimana kelanjutan cerita Pertamina setelah pemanggilan itu. Adakah perubahan yang signifikan atau muncul hal - hal baru.

Bertemunya Ahok dan Erick Thohir seperti bertemunya dua matahari di BUMN saat ini. Ahok sebagai Komut BUMN raksasa Pertamina selama ini dikenal sebagai pribadi berkarakter kuat. Tidak jarang ia ceplas - ceplos mengkritik, termasuk yang terbaru di Pertamina sendiri.

Sedang Erick Thohir yang saat ini sebagai Menteri BUMN juga bukan pribadi ecek - ecek. Kebijakan-kebijakan berani sering ia berlakukan. Hasil survei Indo Barometer yang dipublikasikan sekitar Februari 2020 lalu mengganjar Erick Thohir sebagai menteri yang paling berani dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai menteri.

Nama Erick Thohir mencuat setelah dianggap berhasil menyelenggarakan Asian Games 2018. Selanjutnya ia juga sukses sebagai Ketua Tim Pemenengan Jokowi - Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Erick Thohir. Tokoh yang juga  berkarakter kuat dan merupakan orang dekat di lingkaran pemerintahan Presiden Jokowi. Sosok sebanding untuk mengimbangi Ahok di BUMN? Akankah setelah ini Ahok berani melancarkan kritik terbuka ke Pertamina? Dua-duanya sebetulnya aset bangsa dan negara jika dimanfaatkan pada track yang benar. Setelah pemanggilan, sedikit banyak akan kita saksikan...I]

Referensi:

1. https://bisnis.tempo.co/read/1308441/dapat-gelar-menteri-terbaik-erick-thohir-cambukan-bagi-kami


Diubah oleh widoko 20-09-2020 06:24
zeetunisu152mulivw
mulivw dan 20 lainnya memberi reputasi
15
7.5K
149
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.