datalkAvatar border
TS
datalk
Menyeimbangkan 4 Hal Ini, Cara Ane Agar Tetap "Waras" Selama WFH
Sumpek, Bosen , Khawatir dan Stress


6 bulan sudah kita hidup bersama pandemi Covid-19 ini. Pastinya banyak sekali perubahan dalam kehidupan kita sehari-hari yang belum pernah kita alami sebelumnya. Fisik berjarak, gerak & aktivitas terbatas, anak-anak sekolah dirumah, kerja dari rumah, ga bisa aktivitas keluar. Belum lagi berita tentang makin merajalelanya covid-19 ini bikin kita khawatir dan rawan stress.


Ane yakin banyak dari gansis mengalami hal serupa. Wajar saja kalo iya, ane awal-awal juga begitu. Namanya juga hal baru, pasti butuh penyesuaian yang seringkali berat di awal. Tapi mau ga mau kita harus membiasakan dan menyesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan baru di-era pandemi kayak gini. 


Quote:



Ane mau berbagi tips pribadi yang ane rangkum dari baca artikel-artikel tentang gimana tips & trick biar ga stress saat WFH dan hidup di era new normal gini. Tipsnya macem-macem, ada yang ngasih 5 langkah, 7 langkah sampe 20 langkah juga ada.


Quote:



emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News


1. Pastikan Kerjaan Lancar Selama WFH
Hampir semua profesi sekarang kena dampak pandemi. Sebagian besar yang kerja kantoran kayak ane harus kerja dari rumah yang ga pernah terjadi sebelumnya. Pastinya gagap banget pas awal-awal. Padahal kalo ini ga lancar, bakal merembet ke hal-hal lain di kehidupan kita. Keluarga, sosial hingga kesehatan.


Nah langkah pertama pastikan gansis bisa kerja di rumah tanpa halangan. Internet, ruang kerja, laptop/PC adalah contoh hal yang harus dipastikan mendukung selama WFH. Bagi ane yang bagian teknis, laptop/PC adalah senjata utama, kalo ga ada ini ane ga bisa ngerjain apa-apa, ya masa cuma ikut meeting doang. Gabut dong. Kerjaan ane harus pake software tertentu yang agak berat, biasanya pake PC kantor yang spec-nya mendukung, beruntung sebelum WFH ane sempat beli laptop dulu jadinya ga mati gaya pas tiba-tiba harus dirumah.



Dok. Pribadi


Itu dia senjata utama ane saat WFH. Pas mau beli pertengahan tahun kemarin mikirnya lama bener, maklum harganya lumayan nguras kantong. Setelah riset dan banding-bandingin, ane mutusin buat minang HP Envy ini niatnya dulu buat investasi kedepan aja belajar sendiri. Ga nyangka ternyata kepake banget pas corona datang. Ane jadi ga nyesel beli ini walaupun agak mahal. Coba kalo dulu beli yang biasa aja pasti bisa jadi produktivitas ane turun gara-gara laptopnya lemot buat running software. Masalah PC, solved.


Buat internet kebetulan ane ga ada kendala, provider yang selama ini ane pake lancar jaya buat concall dan sebagainya. Buat set-up ane beli meja dan kursi yang murah-murah aja di marketplace biar mendukung kerjaan ane. Namanya juga darurat, yang penting ada space khusus buat ane bisa "bertapa" buat nyelesaiin kerjaan dengan cukup nyaman.


2. Salurkan Hobi
Hidup ga cuma kerja saja. Biar tetap waras dan produktif suasana hati harus tetap bahagia. Salah satu cara mainstream adalah menyalurkan hobi. Memang sih, ga semua hobi bisa tersalurkan di masa seperti ini terutama yang butuh aktivitas luar dan butuh berinteraksi langsung dengan orang lain kayak futsal atau sepak bola misalnya. Tapi, bukan berarti ga bisa. Gansis bisa coba-coba menekuni hobi baru yang mungkin selama ini udah masuk list tapi belum sempat diesksekusi.



Hobi ane biasanya adalah jogging, seminggu sekali hamlir pasti ane sempatin buat lari tapi karena ada pendemi gini jadi mikir buat olahraga outdoor. Akhirnya, ane alihkan hobi ane ke hal lain yang ane minati tapi jarang dieksekusi, yaitu ngulik audio dan nge-desain tipis-tipis. Kebetulan ada temen bikin podcast, ane diajak bantuin ngurus audio & artworknya. Jadilah itu menjadi pelarian ane saat bosen sama kerjaan.

Dok. Pribadi


3. Keep Connected
Kelihatannya sepele, tapi ini cukup sering disinggung kalo ente nyari tips produktif selama WFH. Ane setuju juga sih, hubungan dengan keluarga, teman atau tetangga bisa membuat hidup kita lebih berwarna dan dinamis.
 
Walaupun ga bisa kumpul secara fisik tapi ngobrol, maen bareng sama keluarga di rumah, telfon orang tua, nyapa tetangga kanan-kiri, seru-seruan sama teman main lewat zoom, atau maen among us yang lagi booming misalnya. Apapun itu, hubungan sosial penting agar kita tidak merasa kesepian yang rawan menyebabkan stress atau depresi.


4. Me Time
Ini juga penting. Walaupun mungkin sekarang nyaris 24 jam di rumah bersama anggota keluarga lain, tapi menyisihkan waktu melakukan sesuatu yang digemari sendiri tanpa gangguan tetap penting. 


Buat ane, me time adalah main game. Ane bukan gamer berat, casual aja. Mainnya juga di laptop, bukan di console. Terlalu sayang duitnya buat dibeliin console, toh ga banyak main game lain. Kalo udah suntuk, ane biasanya nyalain PES terus main beberapa game abis itu udah lumayan lagi.

Dok. Pribadi


Begitupun istri ane. Ane kasih waktu doi buat me time nonton drama setelah seharian ngurusin rumah dan jaga anak. Gantian ane yang jagain anak. Giamanapun juga kalo istri happy suami juga happy. ye ga gan? wkwk.


Itu dia gan tips yang ane lakuin biar tetap waras selama WFH. Kalo waras kerjaan aman, perasaan bahagia, imun juga terjaga jadi ga gampang sakit.

Ane cukup beruntung sebelum pandemi udah lebih dulu minang HP Envy yang jadi senjata utama mengarungi masa WFH dan so far sangat memuaskan. Maklum spec dan budgetnya juga lumayan. Buat gansis yang pengen lebih optimal saat WFH dan terkendala PC tapi budgetnya ga cukup buat minang Envy, nih ane kasih rekomendasi.
emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2



Quote:




Sekian tips dan sharing dari ane gan. Semoga pandemi ini segera berlalu dan kita semua bisa melewatinya dengan baik. Tetap waras dan produktif emoticon-Smilie



Sumur :

Pengalaman pribadi berdasarkan informasi yang TS peroleh dari berbagai sumber.
Diubah oleh datalk 20-09-2020 11:24
dakumahapatuh
anon009
nyimak92
nyimak92 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.