• Beranda
  • ...
  • Health
  • Bukan Omong Kosong Belaka, Deretan Mitos Tentang Makanan Ini Terbukti Benar Loh

nurindaeyoAvatar border
TS
nurindaeyo
Bukan Omong Kosong Belaka, Deretan Mitos Tentang Makanan Ini Terbukti Benar Loh

Sumber: Pexels

Hai Agan dan Sista, gimana kabarnya hari ini? Semoga selalu sehat dan berbahagia. Beberapa waktu lalu aku bikin threadtentang mitos Coca-Cola yang ternyata enggak terbukti sama sekali. Nah, kali ini aku bakal bikin thread yang juga membahas soal mitos tentang makanan. Tapi sekarang mitosnya yang sudah terbukti benar.

Iyap, beberapa mitos makanan yang akan dibahas di threadini sudah terbukti benar berdasarkan penelitian yang solid. Enggak usah lama-lama lagi, yuk langsung saja kita bahas mitos makanan yang terbukti benar. Mitos-mitos ini cukup umum, jadi mungkin kalian sudah sering mendengarnya.

1. Teh Hijau Baik Untuk Metabolisme Tubuh


Sumber: Pexels

Pakar nutrisi bernama Kelly Jones, MS, RD, CSSD, LDN membenarkan mitos bahwa teh hijau baik untuk metabolisme tubuh kita. Perlu diperhatikan bahwa metabolisme yang dimaksud di sini bukan sekedar pembakaran kalori, tapi termasuk semua proses kimiawi dan fisik dalam tubuh untuk merusak dan membangun molekul.

Jones menambahkan bahwa kefektifan teh hijau dalam mendukung metabolisme tergantung juga dengan seberapa energik dan hormon di tubuh kita. "Seberapa energik dan bagaimana hormon metabolisme kalian beraksi bisa dikaitkan dengan hal ini (manfaat teh hijau untuk metabolisme)," kata Kelly Jones.

Lebih lanjut, Kelly Jones menerangkan bahwa manfaat itu hanya bisa didapat jika kita minum teh hijau asli, bukan dalam bentuk ekstrak atau suplemen. "Tapi waspadalah terhadap ekstrak dan suplemen teh hijau. Itu tidak sama dengan kita minum teh dari daun teh. (minum) ekstrak sering dikaitkan dengan (munculnya) masalah hati," lanjut Jones.

2. Sayur dan Buah Beku Sama Sehatnya dengan yang Segar


Sumber: Unsplash

Kalau kalian pernah mendengar mitos makanan yang satu ini, maka kalian harus mempercayainya. "Karena buah atau sayuran beku biasanya diproses tak lama setelah panen. Dalam beberapa kasus, (buah dan sayuran beku) bisa mengandung lebih banyak nutrisi antioksidan dibanding yang segar. Jika kalian adalah tipe orang yang menyimpan produk segar yang bisa basi di kulkas, simpanlah dalam keadaan beku," jelas Kelly Jones.

3. Cokelat Baik Untuk Tubuh Kita


Sumber: Unsplash

Eits, bukan sembarang cokelat yah. Yang dimaksud di sini adalah cokelat hitam. Kelly Jones mengatakan bahwa makan cokelat hitam secara teratur bisa meningkatkan mooddan kognisi (cara berpikir) kita. Antioksidan yang terkandung dalam cokelat hitam juga disebut lebih banyak ketimbang susu cokelat.

"Selama cokelat yang dikonsumsi adalah cokelat hitam, asupan (cokelat hitam) teratur dikaikan dengan peningkatan mooddan kognisi," jelas Kelly Jones lagi. "Ini mungkin karena karakteristik sensorik cokelat yang dinikmati serta karena senyawa fitokimia dalam cokelat."

4. Oatmeal Bisa Membantu Mengatur Kadar Gula Darah


Sumber: Pexels

Oat mengandung serat larut yang dikenal berguna untuk mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan membuangnya. Kelly Jones menyarankan agar menambahkan berbagai jenis beri dan kacang-kacangan saat menyajikan oatmeal. Tambahan ini disebut bermanfaat untuk kesehatan jantung.

5. Apel Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Sumber: Unsplash

Ahli gizi bernama Charlotte Martin, MS, RDN, CSOWM, CPT membenarkan mitos bahwa buah apel bagus untuk sistem kekebalan tubuh. Hal ini tak lain karena apel yang kaya akan serat, vitamin, dan berbagai nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh.

"Apel mengandung serat, vitamin C, dan berbagai nutrisi bermanfaat lainnya yang dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan," kata Charlotte Martin. "Jadi, memasukkan apel sebagai menu makanan kalian, bersama dengan berbagai produk lain, adalah cara yang baik untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat."

6. Jus Buah Tidak Lebih Sehat Dibanding Soda


Sumber: Pexels

Jus buah sering dipandang sebagai minuman yang lebih sehat dibanding soda. Tapi hal ini ternyata tak sepenuhnya benar. Soda dan jus buah sama-sama terdiri dari bahan utama berupa air dan gula. Kadang jus buah juga mengandung gula dalam jumlah yang sama dengan kandungan gula di soda.

Meski gula dalam jus buah dianggap sebagai gula alami, tapi itu tidak lantas membuatnya lebih sehat. Pasalnya penelitian membuktikan bahwa gula alami dari jus buah dan gula buatan dalam soda diproses sama dalam sistem metabolisme tubuh kita.

"Meskipun jus buah 100 persen mempertahankan beberapa vitamin dan mineral dari buah, tapi soda dan jus buah terdiri dari bahan utama gula dan air. Jus buah sering kali mengandung gula yang sama dengan gula dalam soda," jelas Charlotte Martin.

7. Wortel Baik Untuk Kesehatan Mata


Sumber: Pexels

Kalian pasti sering mendengar mitos tentang wortel yang satu ini. Dan memang benar bahwa wortel baik untuk kesehatan mata kita. Pasalnya, wortel diketahui sangat kaya akan beta karoten yang diubah oleh tubuh kita menjadi vitamin A. Nah, vitamin A ini berguna untuk mendukung fungsi kornea dan merupakan komponen protein yang memungkinkan kita bisa melihat dalam kondisi minim cahaya.

8. Bayam Bisa Bikin Kita Kuat


Sumber: Unsplash

Siapa yang tahu mitos ini dari kartun Popeye? Di film kartun itu, Popeye menjadi kuat setelah makan bayam. Ternyata hal itu memang beneran terbukti secara ilmiah loh. Maggie Michalczyk, MS, RD menyebutkan bahwa sayuran hijau baik untuk otot kita karena mengandung zat besi.

"Sayuran hijau ini (bayam) bisa meningkatkan kekuatan otot dan itu mengandung zat besi. Ini diperlukan untuk memaksimalkan fungsi sel darah merah dan sangat esensial untuk peredaran oksigen dari paru-paru ke otot yang sedang bekerja," jelas Maggie Michalczyk. "Untuk penyerapan zat besi yang optimal dari sayuran kaya akan zat besi seperti bayam, pastikan untuk menambahkan sumber vitamin C (dalam menu makanan kita)."

Sumber: Eat This

farinamany
ujellyjello
tien212700
tien212700 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
7.5K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.