mengeja
TS
mengeja
Perang Salib Utara, Kampanye Militer Tentara Salib ke Tanah Baltik


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

Hai, GanSis apa kabar?

emoticon-I Love Indonesia


Tentara Salib dalam Perang Salib Utara.
crusaderhistory.wordpress.com

Perang Salib Utara atau Perang Salib Baltik adalah kampanye militer yang dilakukan oleh institusi Gereja Katolik terhadap penganut pagan Baltik, Finlandia, Slavia Barat (Polandia), dan masyarakat di pesisir Laut Baltik yang dimulai pada abad ke-12.

Dalam skala rendah, kampanye militer ini juga menyasar masyarakat Slavia Timur yang telah memeluk Kristen Ortodoks, seperti Belarusia dan Rusia. Uniknya beberapa rangkaian perang yang terjadi telah dinamai Perang Salib sejak lama oleh masyarakat Abad Pertengahan sebab konteks memerangi paganisme dan bid’ah. Jadi konteks Perang Salib tak melulu melawan kekuatan Islam di Mediterania Timur.


Paus Alexander III pencetus Perang Salib Utara.
britannica.com

Paus Alexander III adalah paus pertama yang menaruh perhatian khusus untuk kegiatan misionaris di sebelah timur Laut Baltik. Atas saran sahabatnya Uskup Agung Eskil dari Lund, ia mendirikan Keuskupan di Uppsala, Swedia.

Maraknya gangguan pagan Baltik dan Finlandia terhadap para pendeta di Eropa Utara memaksa Paus Alexander III menerbitkan keputusan non parum animus nosterpada tanggal 11 September 1171/1172. Panggilan berperang ditujukan bagi umat di Denmark, Norwegia, dan Swedia untuk melawan orang-orang kafir atas imbalan pengampunan dosa.

Namun, perang justru melegitimasi konversi paksa oleh mereka yang bertempur. Raja-raja Kristen yang terjun ke wilayah yang modern ini menjadi Belarusia, Estonia, Finlandia, Latvia, Lithuania, Polandia, dan Rusia melakukan pembaptisan paksa.


Tentara Salib dari Ordo Teutonik.
medium.com

Tentara Salib dari Ordo Teutonik yang menjadi ujung tombak, mendapat keuntungan besar dari Perang Salib Utara. Mereka menguasai rute perdagangan di sepanjang kawasan yang melintasi perbatasan Baltik.

Memang konflik bersenjata antara pagan di pesisir Laut Baltik dan masyarakat Jermanik telah umum terjadi selama beberapa abad sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh perebutan kekuasaan dan pengaruh demi mencapai keuntungan ekonomi. Perang Salib Utara hanya melanjutkan pola yang sudah ada, meskipun saat ini atas perintah agama.

Kampanye paling awal diketahui pada tahun 1147, saat raja-raja Jerman dalam lingkup Kekaisaran Romawi Suci memerangi suku-suku pagan Slavia di Polabia (modern ini negara bagian Mecklenburg-Vorpommern). Kekaisaran Romawi Suci yang dibantu Kerajaan Denmark dan orang-orang Polandia yang telah memeluk Kristen menyerang Konfederasi Obotrite-Liutizia.


Potret masyarakat Wends pada Abad Pertengahan.
en.wikipedia.org

Perang berakhir setelah pemimpin musuh, Niklot dan Pribislav setuju menerima Kristen dan membayar upeti. Dalam literatur Abad Pertengahan, perang ini disebut Perang Salib Wendish. Wendish asal kata Wends adalah nama sejarah untuk masyarakat Slavia yang hidup bertetangga dengan permukiman Jerman.

Berikutnya adalah Perang Salib Swedia yang terbagi dalam tiga babak. Perang Salib Swedia I terjadi pada tahun 1150-an. Raja Eric IX dari Swedia dan Uskup Henry dari Uppsala melancarkan ekspedisi militer ke bagian barat daya Finlandia.


Ekspedisi militer oleh Raja Eric IX dari Swedia dan Uskup Henry dari Uppsala menuju Finlandia.
en.wikipedia.org

Secara tradisional Perang Salib Swedia I dianggap sebagai upaya pertama Gereja Katolik mengkristenkan Finlandia. Namun, beberapa sumber mengatakan kegiatan misionaris di barat daya Finlandia telah ada sejak abad ke-10. Pada abad ke-12, daerah tersebut mungkin hampir sepenuhnya memeluk Kristen.

Lalu ada Perang Salib Swedia II pada pertengahan abad ke-13, melawan pagan di Tavastia. Perang berakhir dengan kemenangan pihak Swedia dan penaklukan Tavastia. Berlanjut ke Perang Salib Swedia III pada tahun 1293, memerangi pagan di Karelia. Perang juga berakhir dengan kemenangan pihak Swedia dan penaklukan Karelia.

Tak mau kalah dengan Swedia, masyarakat Denmark juga melancarkan Perang Salib Denmark ke Finlandia pada tahun 1191 dan 1202. Perang terakhir dipimpin oleh Uskup Anders Sunesen dari Keuskupan Lund.

Pada abad ke-13, turut terjadi Perang Salib Livonia di wilayah yang modern ini menjadi Estonia, Lithuania, dan Latvia. Sebagian besar perang dilancarkan oleh raja-raja Jerman di bawah Kekaisaran Romawi Suci dan Kerajaan Denmark.


Negara salib Terra Mariana dan Kadipaten Estonia pada tahun 1260.
en.wikipedia.org

Perang diakhiri dengan pembentukan negara salib Terra Mariana dan Kadipaten Estonia. Terra Mariana berdiri pada tanggal 2 Februari 1207, sebagai bagian dari Kekaisaran Romawi Suci, tapi batal pada tahun 1215, saat Paus Innosensius III menyatakan Terra Mariana tunduk langsung terhadap Takhta Suci di Roma.

Sementara itu, Kadipaten Estonia atau Denmark Estonia berdiri pada tahun 1219 sampai 1346, setelah dijual ke Ordo Teutonik.

Beralih ke Perang Salib Prusia pada abad ke-13, yang menyasar masyarakat pagan di Prusia dan Baltik. Sebelumnya raja-raja Polandia yang telah memeluk Kristen sudah melakukan ekspedisi militer, namun gagal sehingga mengundang Ordo Teutonik untuk memerangi “kafir” di tempat itu.

Ordo Teutonik berhasil memenangkan pertempuran dan membangun kendali atas Prusia yang perlahan terdampak Jermanisasi dengan terhapusnya bahasa Prusia dan budaya pagan setempat. Beberapa orang Prusia yang tak mau beralih ke Kristen mengungsi ke negara tetangga Lithuania yang di masa depan juga takluk oleh kekuatan Kristen.

Terakhir adalah Perang Salib Lithuania yang dimulai pada tahun 1283 sampai 1435. Sesungguhnya serangan pertama terhadap pagan Lithuania dan Samogitia terjadi pada tahun 1208, tapi itu bukanlah ancaman langsung hingga tahun 1280-an. Pada saat itu, Kadipaten Lithuania sudah menjadi negara tersentralisasi yang mampu membangun pertahanan terpusat. Namun, besarnya kekuatan koalisi Kristen akhirnya menumbangkan pemerintahan pagan dan mengubah Lithuania menjadi wilayah kekuasaan Kristen.


Potret ksatria Lithuania dalam Perang Salib Utara.
forums.totalwar.com

Walaupun begitu konflik tak jua mereda akibat banyaknya kepentingan. Perang antara Ordo Teutonik dan Lithuania adalah salah satu perang terpanjang dalam sejarah Eropa. Sejarah juga mencatat bahwa Baltik merupakan lokasi Eropa terakhir yang berhasil dikristenkan.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)

Twitter: @HaraTidasi | IG: @hara_tidasi
indramamothmulivwtyrodinthor
tyrodinthor dan 39 lainnya memberi reputasi
40
10.4K
97
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.