Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
192
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6459f29775137dfa42866b/pernah-trauma-jangan-anggap-sepele-sista-kenali-gejalanya-sebelum-terlambat
Setiap manusia memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda, tapi tahukan Sista? Wanita lebih rentan mengalami Depresi di sepanjang hidupnya? Yuk, simak pembahasannya.
Lapor Hansip
18-09-2020 13:55

PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Trauma berkepanjangan dapat memicu Depresi. Kenali gejalanya lebih dini, Sista.

PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Assalamualaikum.
Selamat datang lagi di tread ane, Sist. Kali ini ane ingin membahas mengenai beberapa jenis Trauma yang perlu Sista waspadai.


Setiap manusia memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda, tapi tahukan Sista? Wanita lebih rentan mengalami Depresi di sepanjang hidupnya? Yuk, simak pembahasannya.

PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

7 Macam Trauma yang sering terjadi:


1. Pelecehan Seksual (Sexual abuse)

Adalah tindakan stimulasi seksual oleh pelaku tanpa izin dari si korban. Meski hal ini dapat terjadi pada usia remaja atau dewasa, tapi faktanya anak kecil justru lebih banyak mengalami pelecehan ini dan sebagian dari mereka tidak menyadari kalau apa yang dialami merupakan sebuah kekerasan.

2. Pelecehan Emosional/Psikologis

Berupa kekerasan verbal, umumnya dilakukan oleh orang terdekat, teman, bahkan lingkungan. Jika berkelanjutan keemungkinan besar korban akan menunjukkan perubahan perilaku dan mental. Cenderung diam dan memilih menyendiri.

3. Pelecehan fisik

Seseorang yang sering mendapatkan kekerasan fisik seperti pukulan, tamparan atau tendangan tanpa mampu memberikan perlawanan, maka dia lebih mudah merasa takut pada apa pun karena selalu merasa tidak aman dan was-was.

4. KDRT (Domestic abuse)

Kasus kekerasan dalam rumah tangga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik secara seksual maupun emosional. Lebih banyak dialami oleh istri yang 'kebanyakan' hanya memilih diam karena satu dan lain hal. Mengalami perlakuan kasar seperti penghinaan, manipulasi, ancaman, pemukulan bahkan sampai pengurungan.

Tidak jarang, anak-anaklah yang akan mengalami trauma berkepanjangan karena merasa terluka dan menjadi saksi kekerasan yang dialami orang tuanya.

5. Trauma usia dini (Early childhood trauma)

Hal ini berkaitan erat dengan apa yang di dengar dan dilihat oleh anak, terutama pada anak usia 0 - 6 tahun. Seringnya melihat sang ibu menangis, bentakan atau ancaman baik verbal atau benda tajam meski tidak secara langsung.

Biasanya anak akan tumbuh menjadi lebih pendiam dan tidak berani mengungkapkan perasaannya. Selain KDRT, mengalami peristiwa besar secara mendadak seperti bencana alam dan kematian orang tua juga dapat memicu anak menjadi pribadi yang lebih suka memendam perasaannga sendiri.

6. Penindasan (Bullying)

Imbas dari bullying ini sering berujung fatal, menyimak banyaknya kasus funeral yang terjadi beberapa tahun terakhir ternyata bermula dari hal ini. Bullying dalam lingkup keluarga, teman, lingkungan bahkan dunia maya yang lebih dikenal dengan istilah Kekerasan virtual (Cyberbullying).

7. Kekerasan di Sekolah ( School Violence)

Tanpa kita sadari, ternyata kekerasan juga rentan terjadi di Sekolah, yang sejatinya adalah tempat untuk menimba ilmu. Tindak pembulyan kerap terjadi baik itu antar sesama murid, bahkan Guru terhadap siswa atau sebaliknya. Trend berkelompok atau genk-genk-an justru berdampak pada banyak terjadinya tawuran antar pelajar.

PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Gejala awal dari akibat rasa trauma yaitu:

-Sedih
-Marah
-Takut
-Menyangkal/Memberontak


Biasanya, ketika seseorang mengalami gejala yang ane sebutkan di atas, akan memicu hal-hal sebagai berikut:

-Kerap Mimpi buruk
-Insomnia yang semakin buruk
-Emosional(Mudah marah/menangis)
-Sulit beradaptasi dengan orang lain/lingkungan.


Secara fisik, orang yang menderita trauma akan sering mengalami mual, pusing, waktu makan dan tidur yang tidak teratur dan sembelit.

PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

Trauma berkepanjangan jika tidak ditangani secara tepat, akan memicu gangguan psikologis yang lebih parah. Seperti:

-Post Traumatic Stress Dissorder (PTSD)
-Depressi
-Gelisah
-Gangguan disosiatif
-Penyalahgunaan zat/obat.


Tidak ada obat untuk Trauma, tapi belum terlambat untuk mengatasinya sedikit demi sedikit, Sista. Jangan terlalu bersedih, cobalah lebih terbuka dengan teman dekat, atau datanglah ke Psikolog untuk bercerita.

PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat


Tuhan tidak pernah memberi ujian di luar batas kemampuan kita. Keep strong, Sista. Fihgting!
Sampai jumpa di tread ane selanjutnya.
Terima kasih


Ditulis dan dirangkum oleh Alunaziya
Sumber referensi
di sini
di sini
Diubah oleh alunaziya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Hank619 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 18:44
wah inimah sering kejadian sama cw yah...
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan 13460 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 18:56
emang yang namanya trauma gabisa dianggep sepele, banyak orang yang menyepelekan apalagi belum jadi korbannya, jadi pasti gatau rasanya gimana
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan 13460 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 19:02
Trauma di wc gada gayung
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan 13460 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 19:59
Ane trauma ama mantan ane, perjaka ane diambil dia emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan 13460 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:12
trauma cicak, sebisa mungkin ditutupin dari orang2 krn kalau ada yg tau dan dijadiin bahan jailin gw, gw akan lepas kendali ngelampiasin emosi nya
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:25
ane selalu mencoba utk mengobati diri sendiri.. karena orang lain bisa memberi support.. tapi mau sembuh atau ngga dari trauma semua bergantung pada diri sendiri..
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:34
Trauma sama tikus breeemoticon-Ngakak
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:39
Pengen dateng ke psikolog eh, bayarnya mahal. Mending mengalami itu selamanya. Dan anggap, tidak ada apa apa. emoticon-Hammer2
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:48
trauma sutra huh? emoticon-Ngakak
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:49
Semoga kita sehat selalu dan terhindar dari perasaan yg tidak aman
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:53
Pernah ngalamin waktu kecil, ya karena ane juga bandel sih, diiket di pohon mangga belakang rumah tengah malem

Gara gara itu ga berani ke dapur sendirian sampe SMP
Diubah oleh adhiet6
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 20:56
ane trauma hidup miskin gan...
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 21:07
Tapi bener loh, kalau ga ditangani serius bisa makin parah. Jangan sepelekan gangguan mental dan jangan self diagnose. Haris dengan ahlinya
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 21:08
Ane gk tau apa ini disebut trauma atau nggak
Tpi dlu pas sd ane pernah nemu koran yg ada beritanya kriminal gt,kayak pembunuhan,dll nah yg bikin trauma itu foto korban pembunuhan nya yg sama sekali gk disensor gan, ditampilkan apa adanya,ane masih inget ada foto org meninggal abis di bacok gt di ruang mayat,darah nya pada berserakan di samping nya,ada lagi berita orang di bacok ama preman ,kepala nya di liatin di foto udh ada bekas bacokan di leher, kepala belakang,bnyak bgt
Gilakk anak kelas 2/3sd ngeliat gambar kyk gt , keringet dingin ane,ampe kebayang2 terus wkwkkw
Nah pas smp(2009) ane diliatin tuh sama temen video yg lagi viral di fb waktu itu, video org lagi lompat dari ketinggian gtu ke kolam renang di bawah nya,yg satu kepleset,pala nya kena,itu kepala kebelah dua ,lha ane kaget lah,itu pertama kalinya ane lihat video sesadis itu
Di warnet lagi wkkwkww
Nah besok2 nya ane cari lagi tuh video sejenis buat ngilangin trauma ane itu,dan sampe skrg ya klo liat foto2 spt itu udh biasa sih haha
Malah sampe ane bikin trit dp gan emoticon-Ngakak
Maaf kepanjangan emoticon-Nyepi
Diubah oleh ik54n54
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 21:30
Takut menikah karena melihat orang tua bercerai, apakah termasuk trauma?
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 21:39
ane sih paling trauma tuh kalau dompet pas dibuka gk ada isinya

Gejalanya biasa yang ane rasakan tuh bibir pecah2, kurang makan, anemia dan kadang kejang2
profile-picture
profile-picture
alunaziya dan caerbannogrbbt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 21:43
Quote:Original Posted By ik54n54
Ane gk tau apa ini disebut trauma atau nggak
Tpi dlu pas sd ane pernah nemu koran yg ada beritanya kriminal gt,kayak pembunuhan,dll nah yg bikin trauma itu foto korban pembunuhan nya yg sama sekali gk disensor gan, ditampilkan apa adanya,ane masih inget ada foto org meninggal abis di bacok gt di ruang mayat,darah nya pada berserakan di samping nya,ada lagi berita orang di bacok ama preman ,kepala nya di liatin di foto udh ada bekas bacokan di leher, kepala belakang,bnyak bgt
Gilakk anak kelas 2/3sd ngeliat gambar kyk gt , keringet dingin ane,ampe kebayang2 terus wkwkkw
Nah pas smp(2009) ane diliatin tuh sama temen video yg lagi viral di fb waktu itu, video org lagi lompat dari ketinggian gtu ke kolam renang di bawah nya,yg satu kepleset,pala nya kena,itu kepala kebelah dua ,lha ane kaget lah,itu pertama kalinya ane lihat video sesadis itu
Di warnet lagi wkkwkww
Nah besok2 nya ane cari lagi tuh video sejenis buat ngilangin trauma ane itu,dan sampe skrg ya klo liat foto2 spt itu udh biasa sih haha
Malah sampe ane bikin trit dp gan emoticon-Ngakak
Maaf kepanjangan emoticon-Nyepi


Saya pernah liat tuh videonya yang loncat ke kolam renang.
Kalo saya pertama kali diliatin video sadis itu perang sampit, pas lagi bulan puasa tuh emoticon-Big Grin
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 21:52
ane kaga pernah ngalamin trauma kaya faktor² diatas sih.. pernahnya trauma gegara hampir nyelakain orang.. sampe ane takut naik motor hehe
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 22:21
Wah ane ngalamin satu diantara penyebab trauma itu dan emang kejadian akibatnya. sering mimpi buruk, terutama tentang air. Sumpah serem bgt. Ane sering mimpi tenang tsunami, banjir dan kiamat, pusaran air raksasa, dll. Juga punya insomnia, emosional, gampang tersinggung, dan susah beradaptasi... Kirain ane begitu krn sifat ane yg introvert... Tenyata karena trauma yg itu juga...

Terus suami jg pernah bilang kenapa ane tuh sering banget tiba2 berubah. Misalnya hari ini kita abis jalan2 senang2, eh malamnya malah nangis2 gajelas.

Tau dah.

I'm so sick of this shit.
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
20-09-2020 22:57
Trauma ama cowok gimana sist .
takut pacaran lagi, takut disakitin lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
alunaziya memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia