• Beranda
  • ...
  • Health
  • PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat

alunaziya
TS
alunaziya
PERNAH TRAUMA? Jangan Anggap Sepele, Sista. Kenali Gejalanya Sebelum Terlambat
Trauma berkepanjangan dapat memicu Depresi. Kenali gejalanya lebih dini, Sista.



Assalamualaikum.
Selamat datang lagi di tread ane, Sist. Kali ini ane ingin membahas mengenai beberapa jenis Trauma yang perlu Sista waspadai.


Setiap manusia memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda, tapi tahukan Sista? Wanita lebih rentan mengalami Depresi di sepanjang hidupnya? Yuk, simak pembahasannya.



7 Macam Trauma yang sering terjadi:


1. Pelecehan Seksual (Sexual abuse)

Adalah tindakan stimulasi seksual oleh pelaku tanpa izin dari si korban. Meski hal ini dapat terjadi pada usia remaja atau dewasa, tapi faktanya anak kecil justru lebih banyak mengalami pelecehan ini dan sebagian dari mereka tidak menyadari kalau apa yang dialami merupakan sebuah kekerasan.

2. Pelecehan Emosional/Psikologis

Berupa kekerasan verbal, umumnya dilakukan oleh orang terdekat, teman, bahkan lingkungan. Jika berkelanjutan keemungkinan besar korban akan menunjukkan perubahan perilaku dan mental. Cenderung diam dan memilih menyendiri.

3. Pelecehan fisik

Seseorang yang sering mendapatkan kekerasan fisik seperti pukulan, tamparan atau tendangan tanpa mampu memberikan perlawanan, maka dia lebih mudah merasa takut pada apa pun karena selalu merasa tidak aman dan was-was.

4. KDRT (Domestic abuse)

Kasus kekerasan dalam rumah tangga terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, baik secara seksual maupun emosional. Lebih banyak dialami oleh istri yang 'kebanyakan' hanya memilih diam karena satu dan lain hal. Mengalami perlakuan kasar seperti penghinaan, manipulasi, ancaman, pemukulan bahkan sampai pengurungan.

Tidak jarang, anak-anaklah yang akan mengalami trauma berkepanjangan karena merasa terluka dan menjadi saksi kekerasan yang dialami orang tuanya.

5. Trauma usia dini (Early childhood trauma)

Hal ini berkaitan erat dengan apa yang di dengar dan dilihat oleh anak, terutama pada anak usia 0 - 6 tahun. Seringnya melihat sang ibu menangis, bentakan atau ancaman baik verbal atau benda tajam meski tidak secara langsung.

Biasanya anak akan tumbuh menjadi lebih pendiam dan tidak berani mengungkapkan perasaannya. Selain KDRT, mengalami peristiwa besar secara mendadak seperti bencana alam dan kematian orang tua juga dapat memicu anak menjadi pribadi yang lebih suka memendam perasaannga sendiri.

6. Penindasan (Bullying)

Imbas dari bullying ini sering berujung fatal, menyimak banyaknya kasus funeral yang terjadi beberapa tahun terakhir ternyata bermula dari hal ini. Bullying dalam lingkup keluarga, teman, lingkungan bahkan dunia maya yang lebih dikenal dengan istilah Kekerasan virtual (Cyberbullying).

7. Kekerasan di Sekolah ( School Violence)

Tanpa kita sadari, ternyata kekerasan juga rentan terjadi di Sekolah, yang sejatinya adalah tempat untuk menimba ilmu. Tindak pembulyan kerap terjadi baik itu antar sesama murid, bahkan Guru terhadap siswa atau sebaliknya. Trend berkelompok atau genk-genk-an justru berdampak pada banyak terjadinya tawuran antar pelajar.



Gejala awal dari akibat rasa trauma yaitu:

-Sedih
-Marah
-Takut
-Menyangkal/Memberontak


Biasanya, ketika seseorang mengalami gejala yang ane sebutkan di atas, akan memicu hal-hal sebagai berikut:

-Kerap Mimpi buruk
-Insomnia yang semakin buruk
-Emosional(Mudah marah/menangis)
-Sulit beradaptasi dengan orang lain/lingkungan.


Secara fisik, orang yang menderita trauma akan sering mengalami mual, pusing, waktu makan dan tidur yang tidak teratur dan sembelit.



Trauma berkepanjangan jika tidak ditangani secara tepat, akan memicu gangguan psikologis yang lebih parah. Seperti:

-Post Traumatic Stress Dissorder (PTSD)
-Depressi
-Gelisah
-Gangguan disosiatif
-Penyalahgunaan zat/obat.


Tidak ada obat untuk Trauma, tapi belum terlambat untuk mengatasinya sedikit demi sedikit, Sista. Jangan terlalu bersedih, cobalah lebih terbuka dengan teman dekat, atau datanglah ke Psikolog untuk bercerita.




Tuhan tidak pernah memberi ujian di luar batas kemampuan kita. Keep strong, Sista. Fihgting!
Sampai jumpa di tread ane selanjutnya.
Terima kasih


Ditulis dan dirangkum oleh Alunaziya
Sumber referensi
di sini
di sini
Diubah oleh alunaziya 18-09-2020 06:57
emineminnaHank619tien212700
tien212700 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.2K
192
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.