News
Batal
KATEGORI
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f53d7cdc8393a2f1e2ee5cd/perubahan-aktivitas-cari-nafkah-di-lingkungan-rumah-ane-hingga-kini
Siapa yang mau memungkiri bahwa penyebaran Covid-19 sedemikian masiv tanpa terkecuali di Negeri kita tercinta ini. Setiap pemberitaan media massa, elektronik maupun online tidak henti-hentinya membahas mengenai pandemi yang mewabah dan memakan banyak korban jiwa ini. Tapi tetap dalam doa ane maupun masyarakat seluruh dunia berharap agar wabah virus corona segera berakhir. Salah satu sektor yang te
Lapor Hansip
06-09-2020 01:24

Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini

icon-verified-thread
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini

Siapa yang mau memungkiri bahwa penyebaran Covid-19 sedemikian masiv tanpa terkecuali di Negeri kita tercinta ini. Setiap pemberitaan media massa, elektronik maupun onlinetidak henti-hentinya membahas mengenai pandemi yang mewabah dan memakan banyak korban jiwa ini. Tapi tetap dalam doa ane maupun masyarakat seluruh dunia berharap agar wabah virus corona segera berakhir. Salah satu sektor yang terkena dampak adalah ekonomi. Melalui pemberitaan, keadaan ini semakin jelas bahwa Menteri Keuangan Sri Mulyani menuturkan seperti dikutip dalam liputan6.com:

Quote:"Covid-19 setidaknya memberi 3 dampak besar terhadap kondisi perekonomian di Indonesia. Pertama, daya beli atau konsumsi rumah tangga jatuh sangat dalam. Padahal konsumsi 60% menopang ekonomi."

"Dalam estimasi dampak Covid-19 kita melihat pertama konsumsi masyarakat akan drop dan kita semua tahu konsumsi pengaruhi ekonomi hampir 60%. Kedua dengan adanya ketidakpastian, investasi ikut melemah, mereka terhenti akibat Covid."

"Ketiga seluruh dunia mengalami pelemahan ekonomi sehingga membuat ekspor Indonesia ke beberapa negara tujuan terhenti. Beberapa komoditas yang mengalami penurunan antara lain minyak, batu bara dan CPO."

Dari penuturan Menkeu di atas sesuai dengan keadaan di lapangan. Sektor perekonomian mengalami penurunan yang signifikan. Bahkan di sekitar tempat tingga l ane, tetangga, saudara, kerabat mengeluhkan sulitnya mencari pendapatan di tengah pandemi ini. Sebelum Covid-19 diberitakan mewabah tanggal 2 Maret 2020,aktivitas bekerja atau dalam kaitan 'mencari nafkah' berlangsung secara normal di sekitar rumah ane tinggal. Mereka yang bekerja di kantor seperti biasa pergi sesuai ketentuan jam kantor. Mereka yang punya usaha bengkel, reparasi AC, berdagang di pasar berjalan tanpa ada kendala. Termasuk ane juga merasakan hari-hari kerja seperti biasanya menghabiskan waktu selama 8 jam di kantor tempat ane bekerja.

Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini

Pada awalnya berita Covid-19 hanya mencakup wilayah di luar Indonesia namun seiring berjalannya waktu, 2 Maret 2020 muncul pemberitaan terkait kasus pertama penderita Corona melalui pengumuman dari Bapak Presiden Joko Widodo seperti dilansir pada DetikNewsberikut ini:

Quote:Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa terdapat 2 orang Indonesia dikonfrmasi positif Covid-19 yakni wanita berusia 31 tahun dan seorang ibu berumur 64 tahun.

Kasus pertama ini diduga bermula dari pertemuan wanita 31 tahun tersebut dengan Warga Negara Jepang yang masuk ke wilayah Indonesia. Mereka bertemu di sebuah klub dansa di Jakarta pada tanggal 14 Februari.

Berita ini tentu menghebohkan sekaligus membuat khawatir masyarakat di Indonesia. Seperti diketahui bahwa virus Corona sifatnya menular dan dapat menjangkiti siapa saja tanpa pandang usia. Bahkan ganasnya pandemi ini telah menimbulkan ribuan lebih korban jiwa. Meskipun khawatir saat pemberitaan itu aktivitas mencari nafkah ane maupun orang-orang di sekitar ane masih berjalan seperti biasanya.

Dua minggu berlalu, barulah keadaan mulai semakin menyulitkan ada teman ane yang dirumahkan, tetangga ane yang sepi pelanggan, pembatasan berjualan di pasar dan interaksi jual-beli turut dibatasi. Tapi bagi ane kondisi masih stabil dan ane hanya mendengar teman dari divisi lain dirumahkan sedangkan ane masih tetap rutin kerja di kantor. Pemerintah daerah juga memberlakukan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Hal ini adalah upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Dapat ane katakan setelah wabah corona semakin menjadi-jadi di Indonesia tanpa terkecuali di sekitar lingkungan rumah ane, tak dapat dielakkan lagi kondisi kesulitan ekonomi mulai dirasakan. Termasuk ane sendiri yang pada akhirnya harus menjalani WFH dan pemotongan gaji. Sesuatu yang tadinya tidak memberatkan ane pada kenyataannya justru semakin memberi pengaruh besar terhadap kehidupan ane. Kondisi keuangan orang tua yang semakin hari semakin menurun membuat hari ane tergerak untuk membantu mereka meskipun ane sendiri juga merasakan kesulitan. Tagihan bulanan orang tua menjadi tanggung jawab ane, biaya sekolah adik bungsu juga termasuk di dalamnya. Pemotongan gaji sebesar 20% setiap bulannya membuat ane harus berjibaku dengan kondisi saat ini.

Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Tapi hal ini rupanya dirasakan juga oleh tetangga, kerabat dan sanak saudara yang tinggal di sekitar lingkungan rumah ane. Mereka mengeluhkan jam kerja dan gaji yang dikurangi. Bahkan paling parah ada karyawan yang dirumahkan tanpa mendapat gaji sama sekali. Tidak jarang ada pula dari mereka meminta pinjaman uang ke ane karena keadaan ekonominya mengalami kesulitan. Ane tetap membantu namun tidak dalam jumlah besar alias semampunya saja.

Keadaan ekonomi yang semakin sulit pada akhirnya membuat orang-orang di sekitar ane mencari cara terbaik agar tetap dapat melanjutkan kehidupan. Alih profesi menjadi pilihan saat itu dari mereka yang semula sebagai karyawan kantoran pada akhirnya membuka warung makan atau bercocok tanam. Sebagian lagi ada yang memilih untuk menjadi pekerja lepas untuk tetap menghasilkan pendapatan. Sedangkan ada pula yang tetap memegang prinsip "tidak keluar rumah, maka tidak akan dapat uang" alias tetap memaksakan diri untuk bekerja di luar rumah karena itulah salah satu mata pencaharian yang bisa diandalkan.

Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Saat ini, perubahan aktivitas mencari nafkah tersebut masih berlangsung termasuk ane yang setiap saat menerima tugas dari kantor untuk dikerjakan di rumah. Bagi ane dengan tetap bekerja dapat membantu orang tua dan adik untuk tetap bersekolah. Bagaimanapun juga harapan ane dan masyarakat menginginkan kehidupan yang seperti sebelumnya, bebas dari wabah dan dapat berinteraksi kembali dengan rekan-rekan kerja maupun di lingkungan sekitarnya. Ane memahami dampak yang mungkin muncul di masa mendatang dari perubahan aktivitas ini mengubah cara berpikir, pola hidup dan interaksi sosial masyarakat. Tanpa terkecuali kemajuan teknologi dengan dukungan platform daring membawa peranan penting untuk bisa menghasilkan pendapatan demi menjaga kelangsungan hidup.

Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Sekian apa yang ane alami dan keadaan di sekitar lingkungan rumah ane dengan perubahan aktivitas mencari nafkah demi menjaga keadaan ekonomi keluarga masing-masing. Ane berharap pandemi covid-19 dapat segera berakhir dan keadaan perlahan pulih kembali seperti sedia kala.


Sumber Berita: Liputan6.com dan DetikNews
Sumber Fakta : 
Ane yang mengalami ane yang bercerita.



Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
Diubah oleh theoneta
profile-picture
profile-picture
d0dittt dan jatsgdgsti memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
17-09-2020 10:57
Masih beruntug gue WFH, teman gue dirumahkan gitu aja tanpa gaji emoticon-Malu (S)
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
18-09-2020 01:13
Salah satu hal yang ga boleh ditinggalkan ya ini... Bahaya banget ntar keluarga mau dikasi makan apa? emoticon-Bingung
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
19-09-2020 15:59
Untunglah ane walaupun di rumah ga jadi pengangguran masih ada yang gaji emoticon-Cool
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
19-09-2020 16:32
Sama gan, di tempat ane juga gitu kok ada yang dirumahkan, ada pula yang kerja di rumah, ibaratnya rumah jadi kayak kantornya lah gitu emoticon-Big Grin
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
20-09-2020 08:52
Cari nafkah yang banyak biar bisa bantu anak-anak dan istri di rumah emoticon-Cool
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
20-09-2020 14:05
Ane cari nafkah masih tetap di luar gan, ga di rumah, kalau di rumah kagak makan kita-kita emoticon-Sorry
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
22-09-2020 10:10
Walaupun berubah tetap jangan berhenti cari pemasukan yah emoticon-Malu (S)
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
23-09-2020 17:06
Cari nafkah tetaplah jangan malas, keluarga di rumah butuh makan emoticon-Cape d...
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
23-09-2020 22:57
Kelak memang bakal merubah pola hidup manusia saat ini emoticon-Sorry
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
25-09-2020 00:09
Zaman susah , cari nafkah pun sekarang terbatas di rumah aja, apa mungkin bisa?
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
25-09-2020 07:22
Ane juga bisa bayangin betapa susahnya cari nafkah, di rumah aja tanpa penghasilan rasanya seperti ini bukan Ironman.
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
25-09-2020 16:32
Tetaplah serius cari nafkah agar dapat membantu anak-istri di rumah.
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
25-09-2020 22:18
Di sekitar lingkungan rumah ane paling banyak kerjanya ya bercocok tanam, apalagi lahannya luas emoticon-Wow
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
25-09-2020 23:45
Bener sih dulu banyak kerja di kantor, pabrik dan gudang. Sekarang di rumah karena dirumahkan emoticon-Sorry
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
26-09-2020 12:34
Sudah susah sekarang mau kerja di kantor juga, beberapa perusahaan ada yang kolaps lho emoticon-Takut
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
26-09-2020 18:09
Betul memang terjadi perubahan yang lain dari biasanya.
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
26-09-2020 21:13
Pola mencari nafkah sampai benar-benar berubah ya akibat Covid-19? emoticon-Takut
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
26-09-2020 22:19
Ane sendiri cari nafkah sudah ga di kantor lagi, cukup di rumah saja mengurug diri emoticon-Sorry
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
27-09-2020 13:10
Quote:Original Posted By tanamu
Tsunade no In Kangoku (Naruto) Chapter 2


Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini





Kamu gue laporin nanti post beginian emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh QloveDith
0 0
0
Perubahan Aktivitas Cari Nafkah Di Lingkungan Rumah Ane Hingga Kini
27-09-2020 17:19
Iya nih benar-benar terasa ada perubahan, lebih banyak yang manfaatin waktu daringnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia