Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d8e2a6c10d2955fce3d1c90/segi-olahraga-indonesia-tidak-krisis-prestasi-tapi-krisis-kesadaran-diri
Selamat Siang untuk semua kaskuser pengamat olahraga dan pengamat berita sekalian. Izinkan pada kesempatan kali ini ane ikut nimbrung tentang permasalahan olahraga di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa disoroti dalam kasus yang terjadi baru-baru ini terkait dunia olahraga di Indonesia. Rusuh Lagi, Rusuh Lagi! Ane lihat berita di media massa, media online dan siaran berita televisi. Timnas Indones
Lapor Hansip
27-09-2019 22:27

Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

icon-verified-thread
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

Selamat Siang untuk semua kaskuser pengamat olahraga dan pengamat berita sekalian. Izinkan pada kesempatan kali ini ane ikut nimbrung tentang permasalahan olahraga di Indonesia. Ada banyak hal yang bisa disoroti dalam kasus yang terjadi baru-baru ini terkait dunia olahraga di Indonesia.

Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

Rusuh Lagi, Rusuh Lagi! Ane lihat berita di media massa, media online dan siaran berita televisi. Timnas Indonesia mengalami kekalahan 2-3 atas timnas Malaysia. Bermain di 'rumah' sendiri Indonesia harus mengakui keunggulan Malaysia. Oke, ane bisa terima berita ini karena kesebelasan tim Indonesia sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa meladeni permainan timnas Malaysia. Apa daya, timnas Malaysia mampu mengalahkan tim tuan rumah dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Namun, yang membuat ane sedih adalah berita berikutnya, tentang kerusuhan suporter tim tuan rumah terhadap suporter tim lawan. Mengapa harus terjadi hal seperti ini? Apa yang menyebabkan masalah ini sampai terjadi?. Ajang sepakbola Internasional harus ternodai oleh aksi tidak terpuji dari oknum suporter tim Indonesia memaksa masuk ke tribun suporter tim Malaysia. Ane menerka-nerka apakah penyebabnya karena tidak terima akan kekalahan timnas atau masih sakit hati dengan pernyataan oknum Pimpinan Taksi Online Malaysia atau bahkan karena harga tiket yang mahal ditambah antri lama di luar stadion? Entahlah, itu hanya sebatas tebakan ane. Tapi dengan kericuhan yang terjadi ini tentu akan merugikan bagi timnas Indonesia dan sepakbola Tanah Air.

Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

Kericuhan suporter tersebut bisa berbuntut panjang. Selain mendapat sanksi dari FIFA, Indonesia terancam gagal dalam proses mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021. Salah satu kelompok suporter mengaku menyesal dengan kejadian tersebut sebab sebagai tuan rumah, Indonesia seharusnya menjaga situasi tetap aman dan sportif ketika menyambut tim tamu. Lalu apa sebenarnya yang membuat kerusuhan ini sampai terjadi? Salah satu koordinator masyarakat suporter, Arista Budiono memberikan penjelasannya di lapangan kurang lebih seperti ini:


Quote:"Kalau ditanya kenapa bisa rusuh, selain karena lawan Malaysia. Hasil tidak bagus dialami oleh Timnas. Mungkin kalau semalam Timnas menang ricuhnya hanya sedikit, meski tetap ada ricuh.
Tiket mahal, antre di luar capek, di dalam stadion hasil kurang bagus, plus lawan Malaysia. Komplit sudah,"
ujarnya. 

Sport.Detik



Oke, dari pernyataan Arista di atas, ane bisa bayangkan betapa totalitasnya suporter Indonesia untuk mendukung tim Tanah Air berlaga di kancah Kualifikasi Piala Dunia 2022. Rela mengantri panjang dan membeli tiket dengan harga mahal namun dibayar dengan kekalahan timnas Indonesia. Ane juga pasti kecewa dengan kekalahan dengan hasil tersebut, tapi inilah kompetisi ada tim yang menang dan tim yang kalah, ane tidak bisa serta merta mengumpat dan menghina cara bermain kesebelasan timnas kita, padahal kalau ane sendiri dipersilahkan main belum tentu juga ane bisa mencetak gol apalagi bermain sampai 90 menit di lapangan. Oleh karena itu, boleh saja kecewa tapi tetap menjunjung tinggi suportifitas.

Tidak perlu ada aksi kekerasan yang disorot media hingga menjadi perbincangan publik emoticon-Frown. Perlunya kesadaran diri dalam hal ini. Termasuk dari kubu PSSI sendiri, bagaimana mungkin untuk suporter Indonesia sendiri harga tiket bisa sampai mahal sekali harganya? Ada apa dengan manajemen PSSI dalam hal ini?. PSSI juga perlu 'menyadarkan diri' agar memberikan dampak yang baik bagi sepakbola Indonesia ke depannya. Rusuh antar suporter masih sering terjadi, tidak hanya dengan suporter Malaysia tapi juga suporter sesama anak bangsa sendiri, waduh emoticon-Frown.

Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

PSSI sebagai Induk Organisasi Sepakbola di Indonesia bisa belajar dari kejadian yang ada saat ini, pembenahan dalam hal ini perlu dilakukan. Mengapa bisa ada pemimpin PSSI yang memiliki rangkap jabatan? Fokus sepakbola mau dibawa kemana?. Kadang ane berpikir bukankah sebagai Organisasi yang memiliki wewenang untuk menerapkan kebijakan dalam sepakbola setidaknya bisa menjadi panutan bagi elemen yang dipimpinnya. Lebih parah lagi dulu ada oknum pimpinan PSSI yang korupsi tapi masih terus dipertahankan lalu pernah muncul juga dualisme dalam kubu PSSI. Sekarang ini yang ada dipikiran ane semoga saja PSSI bisa melakukan pembenahan untuk semua elemen yang perlu dibenahi agar ke depannya masalah kericuhan, harga tiket yang mahal, dualisme, dan korupsi dalam kubu PSSI tidak terjadi kembali. Ane memang memimpikan Indonesia masuk Piala Dunia, tapi yang lebih ane impikan Sepakbola Indonesia yang lebih maju dan menjunjung penuh sportifitas.

Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

Masuk ke ranah bulutangkis, berita lainnya adalah diberhentikannya Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis yang telah berlangsung selama belasan tahun (2006). Awal permasalahannya adalah karena klaim Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengenai eksploitasi anak pada ajang tersebut. Klaim KPAI menyatakan bahwa ajang Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan merek Djarum yang identik dengan produk rokok. KPAI benar, memang Djarum identik dengan produk rokok, namun mengapa baru sekarang disinggung dan dipermasalahkan? Setelah 13 tahun berjalan audisi umum beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum yang telah melahirkan generasi-generasi berbakat dalam olahraga bulu tangkis mengapa hanya karena masalah Jersey yang dikenakan atlet anak-anak tersebut terdapat merek Djarum menjadi masalah eksploitasi anak? Kemana saja KPAI selama ini?. Sinetron yang menampilkan anak-anak berbuat tidak terpuji mengapa dibiarkan begitu saja? emoticon-Mad.

Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri

Direktur Program Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin saat konferensi pers di Hotel Aston Imperium bahkan sudah mengusulkan 2 opsi yang menurut ane akan menjadi potensi Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum tetap berjalan :

Quote:"Saya sudah kasih usul tidak ada nama Djarum untuk nama event-nya. Selain itu, Jersey ang dipakai peserta juga tidak ada tulisan Djarum-nya dan mereka bisa memakai kaos yang dibawa sendiri,"ujar Yoppy.

lifestyle.konten



Namun KPAI menolak usulan tersebut dan meminta pelaksanaan audisi umum steril dari brand Djarum emoticon-Frown. Berdasarkan pernyataan Yoppy berikutnya:

Quote:"Saya tidak bisa menghapus nama Djarum sama sekali. Wong ini juga menurut Saya sudah sangat berkurang embel-embel Djarum-nya."

lifestyle.konten



Quote:"Saya sudah memberikan usulan, tetapi kalau tidak ada titik temu, ya lebih baik berhenti saja." Tambahnya.

lifestyle.konten


Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri


Itulah yang menjadi alasan pemberhentian Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum emoticon-Frown.  Meski akan menghentikan ajang Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum mulai tahun depan, kabar baiknya Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum tahun 2019 tetap berjalan hingga babak final di Kudus bulan November mendatang. Selain itu, penjaringan bibit muda akan dibina melalui kehadiran mereka dalam turnamen dan memantau pemain berpotensi menjadi atlet bulu tangkis profesional. Langkah yang menurut ane masih memberikan peluang bagi generasi muda untuk menjadi atlet bulu tangkis berbakat tanpa harus melalui Audisi Umum seperti sebelumnya, meskipun ane menyayangkan jika Audisi Umum Beasiswa Bulu Tangkis PB Djarum dihentikan emoticon-Berduka (S).

Sekian semua opini ane mengenai "Ada Apa dengan Olahraga Indonesia" seperti yang ane ulas di atas jelas sekali ada permasalahan yang perlu dibenahi khususnya olahraga Sepakbola dan Bulu Tangkis. Meski menurut ane prestasi Indonesia dalam olahraga tidak begitu buruk sejak ane lihat pencapaian Indonesia dalam Asian Games 2018 yang spektakuler dan mengagumkan ketika berada di peringkat 5 besar.



Sumber: Opini dan Pengamatan Pribadi
Sumber Berita : Merdeka
Sumber Gambar: GoogleImage
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dewars12yo dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 9
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
08-07-2020 07:20
Quote:Original Posted By monstel nanaz
Betul, ini nih yang perlu dibenahi dari olahraga Indonesia, dan jangan korupsi uangnya donk? emoticon-Cape d...


Pesimis bakal begitu memang, tapi udah kebiasaan sih... emoticon-Sorry
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
09-07-2020 11:56
Quote:Original Posted By tanamu
Netoraserare Part 27 END dan 28 EXTRA


Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri






Apa-apaan ini kamu share beginian? emoticon-Cape d...

Quote:Original Posted By tanamu
Hanabitch Borutage + Bonus emoticon-Big Grin


Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri




Apaan ini brohh? emoticon-Cape d...
Diubah oleh siapalarang
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
12-07-2020 10:03
Boleh lah segi olahraga sebenarnya juga ga buruk-buruk amat, ane udah pernah nonton bulu tangkis kok emoticon-Wow
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
03-08-2020 11:56
Mantap gan bermanfaat banget, siapa tau kalo ada yang mau menyehatkan badan bisa di cek ni kelebihan-kelebihan jaket parasut disini
Diubah oleh arriba14
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
13-09-2020 16:20
spamuhuy/ByV1D
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
13-09-2020 16:21
spamuhuy/ByV1D
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
14-09-2020 10:32
Senang melihat Indonesia bisa maju dan harum nama ini tapi semua itu bergantung masyarakatnya termasuk ane emoticon-Sorry
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
14-09-2020 11:47
Mari berolahraga untuk menyehatkan badan emoticon-Cool
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
19-09-2020 16:34
Segi olahraga? Indonesia perlu banyak perbaikan sih, masa cuma dominan di cabang bulu tangkis saja?
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
20-09-2020 08:50
Prestasi membanggakan cuma di bulu tangkis harusnya bisa lebih banyak lagi emoticon-Sorry
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
20-09-2020 13:57
Ayolah aku percaya Indonesia bisa bangkit sepakbolanya asal tidak ada unsur kecurangan emoticon-Cool
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
22-09-2020 10:16
Lihat aja sekarang Piala Thomas/Uber juga dibatalkan dah emoticon-Sorry
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
23-09-2020 23:08
Bener nih harusnya bisa lebih dewasa menyikapi kekalahan. Tapi kalo ada yang ngehina juga kelewatan emoticon-Mad
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
23-09-2020 23:55
Iya donk harus bermain secara fair kalo ada kecurang absolutely no emoticon-Malu
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
25-09-2020 07:15
Thomas dan Uber Cup lagi-lagi batal nih, sedih gue emoticon-Sorry
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
25-09-2020 08:31
Batal lagi deh Thomas/Uber Cup terselenggara di Indonesia emoticon-ceyem
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
25-09-2020 22:25
Ane paling ga suka itu kalau udah tanding Liga sepakbola malah jadinya rusuh antar supporter emoticon-Cape d...
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
25-09-2020 23:41
Kalah rusuh, menang jelek-jelekin tim lawan hadeh ini maunya apa toh?
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
26-09-2020 12:38
Ane agak miris juga kalau lihat kita sesama anak bangsa malah rusuh setelah nonton sepakbola emoticon-Cape d...
0 0
0
Segi Olahraga: Indonesia Tidak Krisis Prestasi Tapi Krisis Kesadaran Diri
01-10-2020 00:01
Sampai batal dah itu bulu tangkis kan? Ulahnya siapa ini coba? emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 8 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia