Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
77
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d921f3be83c7266ea40ff4d/uu-kpk-direvisi-ane-ikut-beropini
Selamat malam agan dan sista pengamat berita sekalian. Polemik di Negeri ini seakan tidak ada habis-habisnya. Sudahlah jatuh tertimpa tangga pula, masalah yang satu belum usai sudah menuai masalah baru. Saat mendengar kata revisi, ane jadi teringat masa kuliah dulu, tahu sendiri yang namanya tugas akhir pasti tidak jauh-jauh dari kata revisi atas permintaan dosen. Biasanya revisi tugas akhir bertu
Lapor Hansip
30-09-2019 22:28

UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

icon-verified-thread
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Selamat malam agan dan sista pengamat berita sekalian. Polemik di Negeri ini seakan tidak ada habis-habisnya. Sudahlah jatuh tertimpa tangga pula, masalah yang satu belum usai sudah menuai masalah baru. Saat mendengar kata revisi, ane jadi teringat masa kuliah dulu, tahu sendiri yang namanya tugas akhir pasti tidak jauh-jauh dari kata revisi atas permintaan dosen. Biasanya revisi tugas akhir bertujuan agar ada perbaikan atau peningkatan dari versi sebelumnya dalam hal ini tugas akhir kuliah. Ane bisa terima karena kalau tidak ada revisi justru terasa aneh kalau ada sesuatu yang cacat dari tugas akhir tapi malah dibiarkan. Intinya adalah revisi bertujuan agar diperoleh suatu karya atau hak cipta yang sesuai kebutuhan dan meminimalisir kekurangan yang ada pada versi sebelumnya.

UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Baru-baru ini kita dihadapkan pada penggunaan kata 'revisi' terhadap Undang Undang KPK. Menurut ane pribadi Undang-Undang KPK saat sebelum direvisi juga sudah baik-baik saja, tidak merugikan apalagi melanggar Undang-Undang yang berlaku. Kecuali ada oknum tertentu sih yang gerah dengan UU KPK yang berlaku saat itu emoticon-Ngakak (S). Jadi bagi ane, Undang Undang yang sudah bagus dan sudah disepakati bersama mengapa harus diubah-ubah lagi ke versi terbaru? Tidak ada kecacatan dalam Undang Undang KPK sebelumnya, Justru yang menjadi kecacatan adalah sikap terburu-buru DPR dalam mengesahkan revisi UU KPK.

UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Mengapa terkesan terburu-buru? Ada apa dibalik revisi ini? Apakah ada kepentingan oknum dibaliknya? Entahlah ane bukanlah seorang yang ahli di bidang politik dan hukum. Ane hanyalah pengamat berita yang hanya menyikapi datangnya berita sambil memilah milah mana yang sesuai fakta dan mana yang hoaks. Hingga pakar Hukum Tata Negara juga menanyakan hal tentang revisi UU KPK yang terkesan buru-buru.

UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Terkesan buru-buru, lalu ada lagi kejanggalan lain dimana Ketua KPK tidak dilibatkan. Why not?
Ada apa ini? Bukankah yang dibahas revisi UU KPK? Tapi Ketua KPK kok tidak dilibatkan. Hal ini berbanding lurus dengan pernyataan ketua KPK Bapak Agus Rahardjo dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Hari Jumat tanggal 13 September kemarin.

Quote:"Yang sangat kami prihatin dan mencemaskan adalah mengenai RUU KPK, karena sampai hari ini kami draf yang sebetulnya aja kami tidak mengetahui, jadi rasanya pembahasannya seperti sembunyi-sembunyi, kemudian saya juga mendengar rumor, dalam waktu yang sangat cepat kemudian akan diketok, disetujui,"  kata Ketua KPK Agus Rahardjo.

News.Detik



Tuh kan, kelihatan kejanggalannya kan? Ketika yang direvisi UU KPK tapi pihak dari KPK tidak ikut dilibatkan itu sama saja dengan bikin tugas akhir tentang Ilmu Pertanian tapi yang dibahas Ilmu Perikanan kan ga nyambung? emoticon-Cape d... (S).

Jika ingin merevisi UU KPK bukankah sebaiknya mengundang dari pihak KPK agar hasil revisi UU KPK bisa mencapai kesepakatan bersama, bukan sepihak. Bagaimana mungkin DPR begitu tergesa-gesa dalam merevisi UU KPK yang selama ini baik-baik saja.

UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Kejanggalan berikutnya yang ane dapati dari berita daring adalah Revisi UU KPK yang awalnya tidak diproritaskan tapi malah menjadi prioritas. Ada apa ini? Revisi UU KPK awalnya masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2015-2019. Namun demikian, revisi UU KPK tidak masuk dalam Prolegnas Prioritas 2019. Seharusnya, DPR memasukkan suatu perencanaan rancangan UU ke Prolegnas Prioritas terlebih dahulu sebelum membahasnya. Hal inilah yang disoroti sebagai menyalahi aturan dan cacat formil. Padahal aturannya sudah tertuang dalam UU 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan


Quote:Pasal 45
(1) Rancangan Undang-Undang, baik yang berasal dari DPR maupun Presiden serta Rancangan Undang-Undang yang diajukan DPD kepada DPR disusun berdasarkan Prolegnas.

News.Detik


Namun yang terjadi adalah DPR seolah-olah mengabaikan prosedur tersebut dan tetap memaksa menjalankan revisi Undang-Undang tersebut di akhir masa jabatan. Hal inilah yang menjadi kejanggalan dalam proses revisi UU KPK yang menurut ane sendiri juga menyalahi aturan. Bagaimana mungkin mengesahkan Revisi Undang-Undang KPK namun mengabaikan aturan Undang-Undang yang telah mengatur Rancangan Undang-Undang tersebut? Lihat kembali Pasal 45 di atas.


UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Maka tidak heran revisi UU KPK menuai penolakan publik. Tapi DPR tetap memaksakan untuk mengesahkan revisi UU KPK tersebut. Pada tanggal 27 November 2015 Badan legislatif DPR dan Menkumham Yasonna Laoly menyetujui Revisi UU KPK menjadi prioritas. Namun wacana itu sempat meredup hingga akhirnya disahkan menjadi inisiatif DPR pada tanggal 5 September 2019 lalu. Coba kita bayangkan, bagaimana mungkin DPR sebagai wakil Rakyat tapi tidak mendengar suara rakyat yang bahkan menolak revisi UU KPK secara nyata? Ditolakpun DPR tetap mengesahkan revisi UU KPK tersebut, bukan?

UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini

Terakhir dari ane, semoga saja ada perubahan ke arah yang lebih baik dari DPR dan KPK dalam hal terkait revisi UU KPK yang lebih adil lagi dan melibatkan kedua belah pihak yang seharusnya dihadirkan dalam rencana revisi UU KPK agar tercapai kesepakatan bersama andaikata UU KPK memang perlu direvisi. DPR adalah wakil rakyat yang seharusnya mendengar aspirasi rakyat semoga untuk kasus ini menemui jalan keluar yang terbaik bagi semua pihak, Amiin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zafinsyurga dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
15-09-2020 19:09
Wahh ini mau direvisi berapa kali? Memang kyk tugas akhir? emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
19-09-2020 16:38
Memangnya tugas akhir apa pakai direvisi segala ane kadang bingung lihat yang begini emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
20-09-2020 08:46
Hehehe ini direvisi biar apa? Biar makin kenceng korupsinya? emoticon-Ngacir2
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
20-09-2020 13:58
Apakah ada unsur pelemahan atau memang sengaja ? emoticon-Bingung
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
22-09-2020 10:15
Apa yang bagus direvisi, setiap yang baik direvisi, ntahlah gila kadang emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
23-09-2020 17:07
KPK ini dah kerja bagus tapi malah direvisi, kagak ngerti ane dah emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
23-09-2020 23:59
KPK kok direvisi? bukannya sifat dan sikap korupsi yang perlu diubah? emoticon-Malu
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
25-09-2020 07:31
Masih belum paham entah apanya yang direvisi. Pengen ane pentung oknumnya emoticon-Marah
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
25-09-2020 08:37
Capek bilanginnya, kalo udah untuk penyidikan selalu dihalang-halangi emoticon-Sorry
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
25-09-2020 22:21
Apakah ini tugas akhir pemirsa sehingga harus direvisi? Dosennya siapa?
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
25-09-2020 23:43
Biar ruang gerak korupsinya lebih leluasa gitu ya makanya direvisi emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
26-09-2020 12:36
KPK direvisi maunya apa ini koruptor? sengaja kah? mau ngerusak sesuatu yang sudah bagus-bagusnya emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
26-09-2020 21:08
Apa perlu direvisi untuk sesuatu yang sudah bagus-bagus begini, ga ngerti ane emoticon-Bingung
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
26-09-2020 22:14
Udah keburu direvisi yaudah deh makin ganas aja korupsinya, males ane emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
27-09-2020 00:32
Undang-Undang udah kayak tugas akhir ya? pakai direvisi segala emoticon-Ngakak
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
27-09-2020 13:07
Selalu saja ketika ada yang bagus harus direvisi segala karena dianggap mempersempit ruang gerak emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
27-09-2020 17:12
Masalah ini yang ane ga habis pikir dah buat apa juga direvisi? emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
27-09-2020 23:07
Entah apa maksudnya direvisi ini, makanya ane juga berat hati buat nerimanya emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
28-09-2020 11:14
Benci banget apapun yang mempersempit ruang gerak koruptor diganggu aja emoticon-Cape d...
0 0
0
UU KPK Direvisi, Ane Ikut Beropini
28-09-2020 22:30
UU KPK direvisi memang ada apaan sih? biar nguntungin koruptor? emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia