• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bikin Ngiler, Inilah 13 Makanan Khas Indonesia yang Terbuat dari Tahu

Hirarahmi39Avatar border
TS
Hirarahmi39
Bikin Ngiler, Inilah 13 Makanan Khas Indonesia yang Terbuat dari Tahu

Sc: kompas.com

Selamat Datang di Hirarahmi Area!

Selamat pagi Agan dan Sista! Sudah sarapan apa belum nih? Kalau belum buruansarapan, gih! Takutnya nanti--ketika baca thread Rahmi pagi ini--Agan dan Sista mendadak lapar. Karena kali ini, Rahmi akan memaparkan tentang makanan khas Indonesia yang terbuat dari tahu.

Oiya, Agan dan Sista suka tahu nggak sih? Ya, tahu merupakan bahan makanan yang terbuat dari endapan kacang kedelai. Tak hanya nikmat, tahu juga kaya akan protein yang berguna bagi tubuh.

Nah, di Indonesia, ada beberapa daerah yang memiliki makanan khas terbuat dari tahu. Makanan apa saja itu? Simak thread Rahmi sampai habis, ya!

Cekidot!

1. Tahu Genjrot


Sc: piknikdong

Orang Cirebon mana suaranya, nih? Yup! Olahan tahu kali ini berasal dari Cirebon. Merupakan tahu Sumedang yang digoreng dan dipotong kecil-kecil, lalu disajikan dengan kuah gurih nan terbuat dari cabai, bawang putih, bawang merah, gula, dan sedikit kecap manis. Cara makannya pun unik. Yaitu ditusuk menggunakan lidi.

Hmmm, dari gambarnya aja keliatan menggiurkan, ya, Agan dan Sista!

2. Tahu Tek


Sc : QoechingPhie

Olahan tahu berikut ini bisa juga disebut dengan tahu campur, khas Lamongan, Jawa Timur. Tahu tek merupakan tahu goreng setengah matang yang dimakan bersama lontong, kentang goreng, telur, dan taoge. Kemudian disiram kuah kacang campur petis yang gurih. Sebagai pelengkap, ditambahkan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Aduh, baru makanan kedua aja, Rahmi udah lapar beneran, Agan dan Sista!

3. Tahu Telur


Sc : resepistimewa

Berikutnya kita bahas makanan khas Jawa Timur. Tahu telur adalah sajian nikmat--terbuat dari tahu yang dipotong dadu lalu digoreng bersama kocokan telur. Disajikan dengan kuah gurih nan terbuat dari campuran kacang, bawang putih, rawit, dan terasi udang. Tambahkan daun seledri sebagai topping.

4. Tahu Guling


Sc : IDN Times

Jalan-jalan ke Yogyakarta
Jangan lupa beli tahu guling
Jika cinta katakan cinta
Ntar diambil orang, kamunya pusing

Wahaha. Bagaimana pantunnya Rahmi, Agan dan Sista?


Sesuai pantun di atas, tahu guling memang khasnya kuliner Yogyakarta. Terbuat dari tahu, kupat atau ketupat, tempe goreng, taoge, kol, dan bakwan. Belum lengkap jika belum disiram kuah manis gurih yang terbuat dari kecap manis, bawang putih, gula merah, gula pasir, dan daun jeruk. Jika suka, bisa ditambahkan mie.

Duh, ngiler.

5. Kupat Tahu


Sc : merah putih

Hayo, siapa yang sering susah bedain antara kupat tahu dan tahu kupat? Kalau ada yang masih susah bedain, nih Rahmi jelasin.

Kupat tahu merupakan sajian khas Singaparna, Tasikmalaya, dan Magelang, yang terbuat dari tahu kuning goreng, ketupat, taoge, dan disiram bumbu kacang. Sedangkan tahu kupat ....

Next ke nomor selanjutnya!

6. Tahu Kupat


Sc : travelingyuk.com

Sedangkan tahu kupat merupakan makanan khas Solo, yang diolah dari tahu putih goreng, kupat, irisan bakwan, taoge, dan mie kuning, kacang goreng, dan sedikit ranjangan kubis. Selanjutnya, diguyur kuah manis yang terkomposisi dari kecap manis, bawang putih, dan bawang merah.

Nah, sekarang udah bisa bedain, kan? Kupat tahu dari tahu kuning, sedangkan tahu kupat dari tahu putih.

Oke, next!

7. Tahu Gimbal


Sc : tribunnewsWiKi

Tahu, tahu apa yang gimbal?

Ya, tahu gimbal dong! Hehe.


Tahu gimbal berasal dari Semarang. Isiannya adalah tahu goreng, irisan lobak mentah, lontong, taoge, telur, dan udang goreng tepung atau gimbal. Kemudian disiram saus kacang encer yang dicampur petis udang.

Ada yang suka tahu gimbal? Komen, ya!

8. Ketoprak


Sc: detikfood

Siapa sih yang nggak tahu dengan kuliner asal Jakarta ini? Yup, ketoprak; terbuat dari tahu goreng dan disajikan dengan bihun, taoge, telur rebus, lalu disiram saus kacang dan kecap manis. Tak lupa ditaburi bawang goreng dan emping melinjo biar makin nikmat.

9. Tahu Acar


Sc : cookpad.com

Kuliner tahu yang satu ini berasal dari Solo. Hai orang Solo, Rahmi izin membahas makanannya, ya!

Oke lanjut!


Tahu acar merupakan olahan tahu goreng setengah matang, yang dimakan dengan mie dan kuah asam, manis, gurih. Sebagai pelengkap, tak lupa untuk ditaburi irisan kol, tomat, mentimun, dan kacang goreng yang masih ada kulit arinya.

Wah, jadi kayak soto begitu, ya, Agan dan Sista!

10. Tahu Brontak

Agan dan Sista tahu nggak sih, kenapa olahan tahu yang satu ini disebut 'brontak'? Yup! Karena tahu brontak dahulunya merupakan menu yang disajikan oleh para istri untuk bekal suami mereka di medan perang. Makanya makanan ini disebut 'brontak' atau perlawanan.



Nah, tahu brontak berasal dari Lumajang, tapi juga terkenal di Padang. Bentukannya yaitu berupa tahu goreng berisi taoge dan cabe. Itu isiannya zaman dulu, ya. Sekarang, tahu brontak sudah diisi oleh beragam isian, berubah telur, daging cincang, kol, dan udang.

Kalau di Padang, tahu brontak lebih terkenal dengan isiannya telur dan disajikan dengan saus pedas.

12. Tahu Isi


Sc : yummyapp

Siapa nih yang kalau beli gorengan selalu ada tahu isi juga? Ya, sepertinya tahu isi memang kesukaannya sejuta rakyat, ya!

Oiya, tahu isi tak cuma terkenal di Indonesia, loh. Tapi sudah menyebar ke Malaysia dan Singapura. Hebat!

Nah, tahu isi sendiri adalah tahu goreng yang diisi dengan bihun, irisan lobak, dan wortel di dalamnya. Nikmat dimakan saat masih panas dan ditambah rawit.

Bang tambah rawitnya dua!

13. Tahu Petis


Sc : bukalapak

Dan ini yang terakhir, tahu petis asal Semarang. Merupakan tahu goreng yang dimakan dengan saus hitam--saus petis yang diolah dari udang. Cara makannya, tahu bukan dicocolin ke dalam saus, tetapi saus tersebut dioleskan di tengah-tengah irisan tahu.

Duh, keliatan nikmat banget, ya! Apalagi ditambah rawit.

🌮🌮🌮🌮🌮


Nah, itulah makan khas Indonesia yang berasal dari olahan tahu. Apakah masih ada makanan lain yang belum Rahmi sebutkan? Plis, komen di bawah, ya!

🌮🌮🌮🌮🌮


Sekian dulu thread Rahmi pagi ini. Terima kasih sudah berkenan mampir. Jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, dan sampai jumpa di thread Rahmi berikutnya!



didiwijaya99
dxstarz
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.1K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread•82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.