News
Batal
KATEGORI
link has been copied
24
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6482538d9b173fc525f6f3/ingat-ya-aturan-tentang-sepeda-sudah-terbit-ini-daftar-larangan-bagi-pesepeda
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Dalam aturan tersebut dimuat beberapa larangan bagi pesepeda yang berkendara di jalan. Larangan tersebut tercantum dalam pasal 8 huruf a hingga f. Larangan yang dimuat antara lain, pertama, pesepeda yang berkendara di jalan dilarang membiarkan s
Lapor Hansip
18-09-2020 16:48

Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda

Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Dalam aturan tersebut dimuat beberapa larangan bagi pesepeda yang berkendara di jalan.

Larangan tersebut tercantum dalam pasal 8 huruf a hingga f. Larangan yang dimuat antara lain, pertama, pesepeda yang berkendara di jalan dilarang membiarkan sepedanya ditarik oleh kendaraan bermotor dengan kecepatan yang membahayakan keselamatan dengan sengaja.

Kedua, pesepeda dilarang mengangkut penumpang, kecuali sepeda dilengkapi dengan tempat duduk penumpang di bagian belakang sepeda.

Ketiga, pesepeda dilarang menggunakan atau mengoperasikan perangkat elektronik seluler saat berkendara, kecuali dengan menggunakan piranti dengar.

Keempat, pesepeda dilarang menggunakan payung saat berkendara. Kelima, pesepeda dilarang berdampingan dengan kendaraan lain, kecuali ditentukan lain oleh rambu lalu lintas.

Keenam, pesepeda dilarang berkendara dengan berjajar lebih dari dua sepeda.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi juga mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sepeda yakni memiliki spakbor, bel, rem, lampu, alat pemantul cahaya berwarna merah, alat pemantul cahaya berwarna putih atau kuning dan pedal.

Meski begitu, penggunaan spakbor dikecualikan untuk sepeda balap, sepeda gunung dan jenis sepeda lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu, penggunaan lampu dan alat pemantul cahaya dipasang pada malam hari dan kondisi tertentu, dimana kondisi jarak pandang terbatas karena gelap, hujan lebat, terowongan dan/atau kabut.

"Selain itu, untuk berkendara sepeda yang aman pesepeda pada malam hari harus menyalakan lampu serta menggunakan atribut yang dapat memantulkan cahaya, memakai alas kaki dan memahami serta mematuhi tata cara berlalu lintas," kata Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (18/9).

Tak hanya itu, dalam permenhub ini juga disebutkan, sepeda yang dioperasikan di jalan juga harus berdasarkan Standar Nasional Indonesia. Standar Nasional Indonesia ini dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undang-undangan.


https://nasional.kontan.co.id/news/i...-bagi-pesepeda
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan simsol... memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 16:52
misal depan gue jarak sekitar 10m ada pesepeda penderita covid, lalu batuk atau bersin, dropletnya kena ke muka gue

apa ga berbahaya ?

seharusnya ditambah pesepeda wajib pake masker
Diubah oleh daroi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sheedzzz dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 16:59
Boleh masuk TOL
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 17:15
Standart Nasional Indonesia itu APA aja yg harus di penuhi ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 17:31
Wajib helm berkaca atau full face ga ?

Jatuh ke trotoar kan berbahaya.
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 17:51
Ada sanksinya ga sih ?
Sekalian mohon dibuat aturannya sen kiri dan sen kanan pada sepeda.

Biar kalau ibu - ibu naik sepeda , ane tau dia mau belok kemana emoticon-Big Grin
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 17:51
Masih kurang : jangan selonong masuk jalur cepat
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 18:11
Jadi mau beli sepeda road race, tapi mahal banget πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 18:20
ketujuh.. pesepeda dilarang terobos lampu merah.. muak lihat pesepeda kalo di persimpangan terobos lampu merah dan nyebrang seenaknya.. pengen gue tabrak aja..
Diubah oleh sosialismerah91
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 18:46
no.6 berlaku buat motor juga tuh... jalan pelan bejejeran sambil ngobrolemoticon-Marah
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 18:50
yang penting ga boleh masuk tol
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 19:04
Yang harusnya diatur bagaimana adab bersepeda di jalan raya. Bukan cuma ngga boleh make hape, pake lampu dan perlengkapan lainnya.
Bagaimana aturan kalau mau nyebrang, dll dll. Di luar negeri pesepeda kalau mau nyebrang wajib di zebra cross, ngga boleh asal pindah jalur.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 19:07
Terlalu bnyk cat eye bikin norak, padahal cukup blkg lampu kedip, samping ban terserah pakai atau tidak. Kalo demi keamanan mah motor dinegri tetangga jg pake reflektor samping, cuma nmax baru yg pakai sih
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 19:36
yg no 6 perlu diralat, hanya untuk jalan yg sangat lebar dan relatif sepi
Kalau jalannya cuma 1 jalur tetap nggak boleh berjajar
Untuk tambahan mungkin wajib di jalur paling kiri karena kecepatan sepeda relatif rendah.

Meski aturan sudah keluar sosialisasi perlu digalakan, soalnya orang Indonesia biasanya malas baca aturan emoticon-Big Grin
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 20:33
Misal ane bawa sepeda keliling taman dekat rumah yang lagi sepi pagi2 cerah tanpa alat selayak lagi main sepeda, termasuk kagak tuh??
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
18-09-2020 22:12
Selain itu, untuk berkendara sepeda yang aman pesepeda pada malam hari harus menyalakan lampu serta menggunakan atribut yang dapat memantulkan cahaya, memakai alas kaki dan *memahami serta mematuhi tata cara berlalu lintas* ," kata Budi dalam keterangan tertulis, Jumat (18/9).

*Memahami serta memenuhi tata cara berlalu lintas*

Ngerti ga woyy,
lampu merah jangan di trobos. Lampu merah bukan di buat untuk kendaraan bermotor, tapi buat mengatur arus kendaraan bagi pengguna jalan.

Kendaraan yg pelan ada di lajur kiri, bukan di kanan ngalangin pengguna jalan lainnya. Kecuali lo sepdahan konstan 40-60 KM/ jam.

Klo udah ada jalur sepeda dipake, bukan malah ngerecokin kendaraan lain yg pake jalur kendaraan bermotor.
Diubah oleh dimasew
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
19-09-2020 00:03
Wah banyak yg gak standar tuh, asal sepeda bs jalan hajar aja ke jalan raya
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
19-09-2020 00:15
harusnya ditulis dengan huruf tebal: sepeda hanya boleh di lajur paling kiri dari jalan. males banget di jalan urusan dengan sepeda yang pelan tapi ada di tengah lajur.
0 0
0
Ingat ya! Aturan tentang sepeda sudah terbit, ini daftar larangan bagi pesepeda
19-09-2020 06:45
Harusnya polisi juga perlu ngeluarin SIM buat pengendara sepeda! biar jelas klo melanggar bisa di tilangπŸ˜‚
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia