Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
315
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f6365e27414f5571b2d0506/bahaya-stop-penggunaan-masker-scuba-ini-alasannya
Pada awal pandemi masker medis sangat terbatas stoknya dan hanya diperuntukan untuk tenaga medis sehingga harganya melambung tinggi, bahkan sempat menyentuh 500ribu/Box yang isinya 50 pcs masker, itu sangat mahal. Belakangan muncul berbagai jenis masker kain yang beredar di masyarakat salah satunya berbaham Scuba.
Lapor Hansip
17-09-2020 20:34

Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
GIF

Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!

Disaat PSBB penggunaan masker memang sangat dianjurkan bahkan diwajibkan terutama di daerah merah yang terkena dampak pandemi virus.

Pada awal pandemi masker medis sangat terbatas stoknya dan hanya diperuntukan untuk tenaga medis sehingga harganya melambung tinggi, bahkan sempat menyentuh 500ribu/Box yang isinya 50 pcs masker, itu sangat mahal. Belakangan muncul berbagai jenis masker kain yang beredar di masyarakat salah satunya berbaham Scuba.

Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
Sumber gambar : Disini

Dari bentuknya memang sangat fahsionable, nyaman digunakan, mudah dicustom dan tentunya harga yang murah menjadikan masker scuba bak primadona di kala pandemi seperti sekarang.

Tapi semua itu berakhir, sekarang masker scuba sudah dilarang penggunaanya oleh PT. KCI saat menaiki KRL, mungkin kedepannya di setiap daerah ada pelarangan masker scuba. Salah satu faktor alasannya adalah terlalu tipisnya masker scuba, sehingga sangat tidak efektif dalam menangkal virus corona.

Quote:
"Masker scuba atau buff adalah masker dengan satu lapisan saja dan terlalu tipis sehingga kemungkinan untuk tembus lebih besar," ujar Wiku, seperti diberitakan Kompas.com.


Dilihat dari keefektifannya dalam penggunaannya seperti berikut ini.

Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
Gambar : Instagram @commuterline

Quote:- Masker N95 Masker ini memiliki efektivitas 95 hingga 100 %.

- Masker bedah Masker ini memiliki efektivitas 80 hingga 95 %.

- Masker FFP1 Masker jenis ini memiliki efektivitas 80 hingga 95 %.

- Masker bahan 3 lapis Masker ini memiliki efektivitas 50 hingga 70 %.

- Masker scuba/buff Jenis masker ini memiliki efektivitas 0 hingga 5 %


Terlihat jelas, masker scuba dan buff berada ditingkat paling bawah yaitu 0-5% jadi sangat tidak direkomendasikan.

Quote:
Mungkin banyak orang berpikir, menggunakan masker jenis apa saja lebih baik dibandingkan tidak memakainya sama sekali. Akan tetapi, hal itu salah," jelas pemimpin studi Duke University, Martin Fischer.

"Kami mengamati bahwa jumlah droplet meningkat saat orang memakai buff. Kami yakin, bahan yang digunakan pada buff dapat memecah droplet menjadi partikel berukuran lebih kecil. Hal ini membuat pengguna buff menjadi kontraproduktif, karena tetesan yang lebih kecil lebih mudah terbawa udara dan membahayakan orang di sekitar," lanjut dia.

Sumber :Di Sini



Lalu apa yang harus dilakukan? Masih sangat dianjurkan untuk menggunakan masker kain katun 3 lapis, disamping itu kita juga harus mematuhi protokol kesehatan 3M (Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak).

Jangan jadikan pelarangan masker scuba sebagai polemik, mungkin banyak diluar sana pedagang masker scuba yang pendapatannya menurun drastis, tapikan masih bisa menjual masker bedah dan masker kain 3 lapis. Jika ini adalah sesuatu hal yang baik, mari kita dukung bersama agar pandemi ini cepat berakhir.

Ingat juga, penggunaan masker kain ada batasan reuse nya ya kalau tidak salah 8x cuci dan harus diganti.

Oke, sekian info dari saya. Tetap sehat, tetap berkarya, dan tetap panjang umur.

Quote:
Sedikit curhat ane tentang penggunaan masker scuba, akhir maret ane beli 5 masker scuba dengan harga Rp. 15.000 karena waktu itu awal booming masker scuba dan awal masuknya corona di Indonesia, liat dari bentuknya keren abis kekoreaan gitu. (Pas cek di markerplace ternyata harganya 8ribu, seminggu kemudian harganya 5 ribu, terakhir cek harganya dibawah 5ribu, wkwk)

Kirain maskernya tebel, ehh pas sampe dirumah, ternyata maskernya tipis banget cuma 1 lapis aja. Oke ane cuci dan jemur terus dipake itu masker.

Oke sih, di muka itu keliatan keren banget tapi karena ujung yang buat ketelinganya kaya ada grigi grigi gitu dan kuping ane alergi terhadap itu akhirnya ane putuskan untuk akhiri dan beralih pakai masker kain yang buat hijab, enak bisa nempel di leher emoticon-Leh Uga


Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
emoticon-Sundul Up








Sumber :
Info berita dari : Sini
Tulisan by : gentongb
Gambar : terlampir
Diubah oleh gentongb
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 39 lainnya memberi reputasi
38
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 09:05
Semua memang pada gonjang-ganjing saat ini, soal masker saja sudah sangat ribut. Operasi masker sekarang jadi trend dan bayaran denda yang sekian itu. Untuk para muslimah silahkan pakai cadarmu dengan lengkap.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 09:18
yah negara mana bisa dipake
0 0
0
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 09:25
Lebih aman sepertinya pakai yg masker hijau ternyata ada 2 lapis dia dan lebih enak ngomong.

Dbnding scuba panas muka klau lama2 pakai
Diubah oleh steven.thereds
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 10:41
Bagaimana kalo pake masker scuba sampe 3 lapis? Jadikan tebal juga wkwkwk
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 11:04
aku sih jarang pake maskerr... kmana mana pake helm fullface... lebih amaannn dari segala hal...\
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 11:49
Lho polkis pada pake scuba tuh di jalanan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 12:09
kalo masker kain nggak bermanfaat donk 🙈
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 12:50
sebetulnya bisa menyesuaikan sih gan, tergantung sikon juga menurut ane.. tp kalo mau keluar rumah dan ketemu sm orang banyak ya anjurannya lbh baik ga pake yg model buff gitu memang
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 13:57
Bener, mending yg kain berlapis drpd scuba ini
0 0
0
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 14:34
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:01
Lah gw mah dari awal ga percaya make scuba naek motor aja gw make masker medis+ buff biar dobel,klo n95 ga nyaman,
0 0
0
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:02
Gw mah udah tau pas megang itu bahan masker. Cuma rata2 orang +62 mau keliatan keren. Bukan kesehatan, jadi susah klo ngomong sama orang dablek.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:05
Maskeran pakai bengkoang sajalah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:05
Masasih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ncritss dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:05
Idiiih ada2 aja,lah kemarin kementrian edarin surat ke desa biar semua desa pengadaan masker yg desainnya di tentukan kementrian desa,dan itu Scuba.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:05
Ane pake dua lapis, kadang ditambahin tissue kalo ada, cuman engap kalo dipake lari sama nanjakemoticon-Leh Uga
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:07
Quote:Original Posted By adnnin
buff scuba dll itu masih bisa berguna kalo yang sakit yang make.

kalo loe yang make, terus dibatukin orang sakit/OTG langsung di depan muka loe, ya tembus.


nah sekarang kalo yang OTG ga mau make masker karena konspirasi BG untuk menguasai dunia depopulasi untuk membunuh superman,

ya mau ga mau loe yang harus pake masker mahalan dikit.

tapi masa sih ada orang2 seegois itu, maksa orang lain beli masker mahal2 cuma karena dia ga mau pake masker?
ga yakin ah. orang indonesia itu terkenal ramah ramah kok.
0 0
0
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:09
Kalo ogut menyimpulkan, dilihat dari harganya yang merakyat.. Masker scuba dan buf ini tak bagus buat bisnis... emoticon-Blue Guy Peace
Tapi yasudahlah, namanya juga sudah aturan, jadi masker scuba & duff buat kaen lap aja deh... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
fma7x dan DavOldTraff memberi reputasi
2 0
2
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:09
Gw agak geleng deh klw KAI yang bikin peraturan, gw aj bwa hasil swab sama surat bebas covid yg berlaku 14 hari aja tetap dipaksa rapid di stasiun, dan hasilnya reaktif, gw swab lg eh negatif dahlah naik pesawat akhirnya
0 0
0
Bahaya!! Stop Penggunaan Masker Scuba, Ini Alasannya!!
18-09-2020 18:09
padahal masker kain lebih ramah lingkungan, bisa dicuci emoticon-Hammer (S)
Diubah oleh remiar
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia