iskrim
TS
iskrim
Selain Seragam Berubah, Ini Loh Arti Pangkat Dan Tugas Mereka
Dunia keamanan Indonesia tengah mendapat penyegaran, khususnya bagi Satuan Pengamanan (Satpam) yang kini tengah berbenah diri demi menyesuaikan tuntutan zaman yang kian kompleks tingkat pengamanannya.

[ HT# 648 ]



Ibarat sebuah kendaraan memang sudah seharusnya facelift atau mengganti covernya agar terlihat lebih segar dan memberikan sesuatu yang lebih dalam hal pelayanan dan pengamanan lingkungan.


Ini terbukti Satpam bukan saja merubah warna seragam tapi juga memiliki pangkat layaknya Polisi dan Tentara. Wajar saja, sejak terbentuknya satpam dari tahun 1980, seragam satpam sama sekali belum mengalami perubahan (mohon koreksi bila saya salah), Putih dan Biru tua.

Menurut saya, hal ini sesuatu yang positif bagi dunia per satpaman. Dengan adanya perubahan ini harapan saya profesi Satpam tidak lagi di pandang sebelah mata oleh masyarakat, yang menganggap pekerjaan Satpam hanyalah orang bayaran yang di beri 'seragam' dan lebih meningkatkan pelayanan masyarakat, lebih mampu bergerak cepat dan tanggap di situasi yang lebih kompleks.

Meski di lapangan kenyataannya ada yang demikian rupanya kini satpam terus berbenah dengan secara mandiri ada perusahaan swasta yang dengan cakap dan profesional memberikan pendidikan agar profesi Satpam 'naik derajat'. Pendidikannyapun tak main-main, selain tentu saja tes fisik yang harus lulus syarat, setidaknya pendidikan dan pelatihan militerpun wajib mereka ikuti dan harus lulus dengan mendapatkan sertifikat ditangan.

Alasan mengapa seragam Satpam dipilih warna coklat adalah untuk menimbulkan kesan kedekatan emosional dan kebanggan Satpam di masyarakat. Gimana menurutmu?. Pendapat saya pribadi lebih suka Putih Biru sih, berasa lebih nge-blend dan lebih bersahabat dengan masyarakat. Kalau Coklat.. you nowlah dan mungkin akan menjadi arogan setelahnya?

Kalau dulu seragam Satpam terbagi dalam 4 macam, kini selain berubah menjadi warna Coklat bertambah 1 lagi jenis seragamnya, yakni; PDH, Pakaian Dinas Lapangan Khusus (PDL Sus), Pakaian Dinas Lapangan Satu (PDL Satu), Pakaian Sipil Harian (PSH), dan Pakaian Sipil Lengkap (PSL).

Dan, Satpam yang kini sudah semakin mirip Polisi itu, satpam pun kini memiliki pangkat layaknya Polisi dan Tentara juga.


jurnal security


Kepangkatan Satpam dibagi menjadi tiga golongan: Tingkat manajer, Supervisor, dan Pelaksana dan telah di syahkan oleh KapolriJenderal (Pol) Idham Azis dan ditetapkan pada 5 Agustus 2020 lalu.

Untuk golongan Manager di bagi lagi menjadi Manajer Utama dengan tanda 3 pangkat Merah, Manajer Madya dengan tanda 2 pangkat segitiga Merah dan Manajer 1 pangkat segitiga Merah.

Untuk golongan Supervisor dibagi lagi menjadi Jenjang Supervisor Utama, Supervisor Madya, dan Supervisor semua golongan memiliki tanda pangkat segitiga Kuning.

Untuk golongan Pelaksana dibagi menjadi tiga, Pelaksana Utama, Pelaksana Madya, dan Pelaksana. Ketiganya memiliki tanda kepangkatan berwarna Putih.


Selamat tinggal Putih Abu-Abu, eh Putih Biru-Biru emoticon-Berduka (S)


Seperti sebelumnya, semua calon Satpam harus mengikuti pendidikan dan pelatihan yang kini diselenggarakan oleh Polri atau Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) yang ditunjuk atau memiliki Surat Izin Operasional (SIO) jasa pelatihan.



Sebuah opini
Sumur. TKP1, TKP2
Img.Google



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS



Diubah oleh iskrim 03-10-2020 23:54
minhakim20aygilagilityujellyjello
ujellyjello dan 26 lainnya memberi reputasi
23
8.5K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.