• Beranda
  • ...
  • Buku
  • 8 Karya Fiksi biar Menjalani Masa Pandemi Makin "baik"

iqbalawalAvatar border
TS
iqbalawal
8 Karya Fiksi biar Menjalani Masa Pandemi Makin "baik"

Fiksi membangkitkan imajinasi. Dan imajinasi adalah modal utama lahirnya sebuah kreativitas. Ini bisa menjadi jawaban, sebenarnya apa manfaat membaca buku-buku fiksi selain untuk hiburan.

Dan bukankah "hiburan" juga merupakan obat paling mujarab, ketika kita sangat bosan dengan keadaan, saat dunia seakan berjalan selalu salah, atau merasa nasib baik tidak pernah berpihak.

Fiksi akan berada di tengah! Bukan sebagai pemandu untuk bisa keluar dari keadaan baik (emangnya buku fiksi itu buku how todan motivasi yang bertabur janji? Bukan lahyaw). Melainkan, sebagai pemantik pikiran agar lebih liar, terbuka, dan berani.

Nih, 8 karya fiksi buat menemanimu melewati hari-hari di masa pandemi yang semakin shit.Kalau punya rekomendasi lain, silakan kasih infonya Gan-Sis.

(1) Dataran Tortilla, John Steinbeck 

Kisah jenaka kehidupan Danny dan para sahabatnya di daerah kumuh Amerika Serikat. Akan membuka pikiranmu tentang ketidakberdayaan kaum paisanosatau orang campuran Spanyol, Indian, Meksiko, dan Kaukasia yang dianggap warga kelas dua di negeri Paman Sam.

(2) Bumi Manusia, Pramoedya Ananta Toer 


Tidak perlu baca semua tetraloginya kalau tidak sempat. Cukup yang satu ini aja! Kita akan dibawa kepada kemegahan dunia kolonial yang hipokrit dan diskriminiatif. Namun indah dengan kisah cinta Minke dan Annelies.

(3) Coin Locker Babies, Ryu Murakami 


Kamu merasa depresi selama pandemi? Bacalah karya depresif yang psikotik dengan berpegang pada teori bahwa negatif kali negatif akan mendapatkan hasil positif. Selamat mencoba karya penulis Jepang sakit jiwa ini.

(4) Di Bawah Kibaran Sarung, Joko Pinurbo


Kamu yang hobinya rebahan dan masih jomblo, tidak ada salahnya menghibur diri dengan puisi-puisi nakal ala Joko Pinurbo. Dari sunggingan senyum, sampai dorongan untuk bermastrubasi bisa muncul setelah membacanya.

(5) The Hobbit, or There and Back Again, J.R.R. Tolkien 


Bosan dengan dunia yang melulu diisi kabar pandemi atau gimik para selebritas dan tokoh politik? Mending kita bertualang bersama Bilbo Baggins ke "Middle Earth" untuk bertemu makhluk-makhluk mitologi lainnya.

(6) Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Eka Kurniawan


Judulnya emang terkesan bucin, tapi jangan harap dengan isinya. Kata-kata liar bertenaga dari setiap narasi, akan membebaskanmu yang bosan dengan aturan berbahasa. Ceritanya juga tak lazim dan seru, tentang Ajo Kawir yang burungnya tak “berdiri” 

(7) Pedro Paramo, Juan Rulfo 


Kalau kamu merasa Seratus Tahun Kesunyian terlalu rumit dan terlalu tebal. Nih, baca yang lebih ringkas tapi tak kalah "magis", tentang Juan Preciado dan kota hantu Comala. Bisa membuatmu banyak mengumpat senang.

(8) The Vegetarian, Han Kang 


Aneh memang, novel muram biasanya justru memberikan pencerahan. Seperti yang ini! Namun jangan harap ia berisi motivasi-motivasi gombal. The Vegetarian itu tentang menghadapi konsekuensi hidup yang pedih akibat pilihan yang dibuat orang lain. Sangat ironis!

Tentu Gan-Sis punya selera bacaan berbeda-beda. Ini hanya rekomendasi, alias nggak mutlak diikuti. Silakan kalau ada yang mau menambahkan. Biar ane juga bertambah referensinya. 

"Trit ane yang lain tentang buku silakan mampir"
 
Buku-Buku yang Membelokkan Sejarah
Buku-Buku yang Menggemparkan Dunia 

 

Diubah oleh iqbalawal 14-09-2020 10:42
indramamoth
hendrikchunz
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
3.7K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.