Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9e173edc06bd3b478b4567/cocooking-ga-cuma-ayam-singkong-geprek-pun-ane-cobain-aslinyalo
Ane adalah penikmat ayam geprek, walaupun masih terbilang baru ayam geprek sudah banyak peminatnya nih gan, bahkan di wilayah ane sendiri khususnya di Kota Bandung warung ayam geprek sudah banyak membuka usaha dimana-mana.
Lapor Hansip
16-09-2018 15:41

[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo

Past Hot Thread
icon-verified-thread

Yoo.. Agan dan Sista, terima kasih sudah mampir di thread ane yang sederhana sekaligus ikut meramaikan event COC Cooking yang sedang berlangsung tahun ini. Ane adalah penikmat ayam geprek, walaupun masih terbilang baru ayam geprek sudah banyak peminatnya nih gan, bahkan di wilayah ane sendiri khususnya di Kota Bandung warung ayam geprek sudah banyak membuka usaha dimana-mana. Nah karena ayam geprek sudah sering ane rasakan, ingin sesekali ane menikmati versi makanan geprek lainnya. Salah satunya adalah singkong geprek gan emoticon-Big Grin. Makanan sederhana dan mudah didapatkan bahan utamanya membuat ane jadi punya niat bikin sendiri singkong geprek dengan dipandu oleh sang belahan jiwa ane yang cantiknya gak pernah minus emoticon-Malu (S). Kemampuan ane memasak memang biasa saja, tapi namanya mencoba dan bahan sudah tersedia, ane tidak mau melewatkan kesempatan untuk merealisasikannya.


Quote:

Tahap awal yang ane lakukan adalah menyiapkan bahan utama dan bahan pendukung lainnya. Singkong yang sudah tersedia lalu ane kupas dan potong menjadi beberapa bagian sesuai keinginan, setelah dipotong, lalu singkong dicuci bersih. singkong 300 gram, bawang putih 2 siung, garam 1 sendok makan, haluskan, lalu beri air sedikit, letakkan di sebuah wadah dan aduk rata bersama singkong, diamkan selama 30 menit agar bahan-bahan yang sudah dihaluskan tadi meresap. Lalu panaskan minyak goreng secukupnya, goreng singkong, kira-kira 2/3 bagian singkong matang, angkat, lalu berlanjut untuk digeprek, ane pakai ujung ulekan a.k.a mata cobek emoticon-Big Grin. Selesai digeprek, goreng kembali singkong tersebut hingga matang, angkat, kemudian tiriskan. emoticon-Smilie


Eitt... Itu belum selesai ya gan.. masih ada sausnya nih untuk melengkapi hidangan singkong geprek. Saus yang ane hidangkan ini adalah versi ane sendiri ya gan, agan bebas kok mau bikin saus versinya agan. Cara membuat saus versi ane ini adalah dengan menghaluskan cabe rawit sesuai keinginan, ane cukup menggunakan 5 buah cabe rawit, lalu 1 siung bawang putih dan sedikit garam. Panaskan air sebanyak 50 ml. Tidak lupa 50 gram gula merah dicampur dengan cabe rawit yang sudah dihaluskan tadi lalu masukkan ke dalam air yang sedang dipanaskan. Setelah mendidih, angkat, saring agar residu pada gula merah tidak tercampur. Singkong geprek beserta sausnya siap di hidangkan.

Nah ini gan penampakannya... emoticon-Big Grin

[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo






Quote:

Tambahan: Lebih Ramai dengan Ayam Kunyit Pedas Ala Ane

[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo


Quote:

Sebelumnya ane sudah bilang kalau ane penikmat ayam geprek, makanya kali ini ane menambahkan menu baru selain singkong geprek yang sudah dibuat sebelumnya. Menu yang ane olah kali ini bukan ayam geprek walaupun bahan dasarnya juga membutuhkan daging ayam. Resep membuat Ayam Kunyit Pedas ala Ane, pertama-tama ane potong ayam menjadi beberapa bagian dengan tujuan agar daging cepat matang ketika dimasak, ane sediakan daging ayam berukuran sedang setengah ekor, dengan bobot sekitar 450 gram, setelah dibersihkan, rendam dengan air cucian beras atau air asam jawa (bukan dengan air cuci pakaian ya gan?) emoticon-Big Grin.Hal ini ane lakukan untuk mengurangi bau dan rasa amis daging ayam tersebut, rendam daging ayam tersebut sekitar 30 menit.

Bumbu yang dihaluskan:

  1. Cabe rawit sebanyak 21 buah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 ruas jari kunyit
  4. 1 ruas jari jahe
  5. 3 butir kemiri


Haluskan bahan-bahan di atas dengan garam dan gula secukupnya.
3 siung bawang merah diiris tipis, 1 buah serai dimemarkan, 2 buah tomat sedang diiris tipis.

Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang merah hingga menguning, lalu masukkan bumbu halus. Sengaja bawang merah yang ane tumis lebih dahulu agar bumbunya beraroma wangi dan sedap. Setelah itu, masukkan ayam yang sudah direndam tadi, tambahkan air sebanyak 500ml, panaskan dengan api sedang, aduk setiap beberapa saat. Biasanya untuk 450 gram daging ayam, ane membutuhkan waktu memasak sekitar 25 sampai 30 menit, bila sudah hampir matang, coba cicipi rasanya, jika rasa kuah atau daging ayamnya kurang sedap, dapat ditambahkan dengan kaldu blok atau kaldu bubuk. Jika sudah dipanaskan selama 30 menit atau lebih, masakan ayam pedas siap dihidangkan dan disantap tentunya
emoticon-Big Grin.




profile-picture
ngejleb memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
15-09-2020 20:00
Geprek lagi geprek lagi ohh wahai singkong, aku mau donk emoticon-Leh Uga
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
15-09-2020 20:36
Asyek nih ada singkong geprek, ane ga jago masak sayangnya emoticon-Sorry
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
16-09-2020 11:52
Simgkong geprek ini enaknya sama kayak ayam geprek ga ya? emoticon-Leh Uga
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
18-09-2020 01:16
Baru tahu ada singkong geprek nikmat begini emoticon-Leh Uga
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
20-09-2020 08:57
Ada berapa banyak singkong gepreknya gan? Ane dibagi donk sini, demen banget soalnya emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
20-09-2020 14:01
Bagi donk singkongnya gan, ane pengen nyobain nih emoticon-Wow
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
22-09-2020 10:13
Kalau cuma diposting di thread ane cuma kebagian ngilernya doank, makanannya ga ada emoticon-Sorry
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
22-09-2020 19:45
Bagi gepreknya donk gan, ayam geprek soalnya udah terlalu biasa emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
23-09-2020 17:00
SIngkong Geprek ada juga toh? Kirain cuma ayam emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
23-09-2020 23:04
Pengen juga nih nyicip Singkong Geprek racikan dari TSnya emoticon-Wow
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
25-09-2020 16:34
Bagi singkong gepreknya donk gan, masa makan sendiri aja?
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
25-09-2020 22:16
Asekk nih ada Singkong Geprek, ane mau donk kalo dikasi sih ya? emoticon-Malu
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
25-09-2020 23:27
Quote:Original Posted By tanamu
YAKIYAMA LINE (Kahlua Suzuki) Suimitsu Shoujo


[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo




Ini maksudnya ngajak ribut kamu? emoticon-Cape d...
Diubah oleh jatsgdgsti
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
26-09-2020 21:16
Singkong jadikan makanan kayak gini memang ga aneh apa? Baru tahu juga ane emoticon-Ngakak
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
26-09-2020 22:16
Singkong aja bisa tanam sendiri tinggal bikin racikan sambal dan bumbu rempah aja nih? emoticon-Cool
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
27-09-2020 13:12
Singkong nih rasanya kayak apa ya kalo dibikin resepnya seperti itu? emoticon-Matabelo
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
27-09-2020 17:17
Kalau punya singkong geprek begini lumayan juga, tapi kebetulan ane kurang paham cara membuatnya.
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
27-09-2020 18:44
Sungguh singkong geprek yang enak dan layak untuk dicoba emoticon-2 Jempol
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
27-09-2020 22:54
Wah ternyata ga cuma nanam singkong doank, tapi ikutan masak sampai jadi singkong geprek emoticon-Cool
0 0
0
[COCooking] Ga Cuma Ayam, Singkong Geprek Pun Ane Cobain #AslinyaLo
28-09-2020 11:28
Singkong geprek kayaknya enak nih, tapi untuk bikinnya belum tentu bisa emoticon-Ngakak
0 0
0
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Selera Nusantara (Indonesian Food)
salah-satu-sate-enak-di-pontianak-kalbar
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia