si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Berkenalan Dengan Drozd, Kendaraan Amfibi Terbaru Dari Rusia
Pertengahan tahun 2020 ini, perusahaan asal Rusia sedang mempersiapkan kendaraan amfibi yang mampu berakselerasi dengan baik di air maupun di darat. Jika sekilas kita melihat rancangannya, maka kita akan teringat dengan mobil dalam film James Bond yang berjudul The Spy Who Loved Me. Langsung saja kita mulai pembahasannya.


The Drozd


Kendaraan yang kedepannya akan masuk tipe rantis (kendaraan taktis) ini diberi nama 'Drozd', dirancang oleh Baltic Machine-Building Company (BMK), yang punya basis di St Petersburg. Dalam sebuah laporan oleh TV Zvezda, yang merupakan jaringan televisi resmi Kementerian Pertahanan Rusia. Purwarupa kendaraan ini masih dalam tahap uji coba, menurut Sergey Tereshenkov (Kepala desainer BMK) Drozd dirancang untuk mencapai efek hydroplaning. Dimana nantinya kendaraan ini dapat mengangkat sebagian bodynya ke atas permukaan air, untuk mendukung misi amfibinya.




The Drozd.

Sumber


Jika kita lihat foto ilustrasi diatas, ranpur ini memiliki rancangan mirip Lotus Espirit dalam film James Bond. Dimana roda depannya dapat dilipat hingga menyerupai sirip, serta roda belakang dimasukan ke dalam boynya. Drozd tidak bisa menyelam layaknya mobil James Bond daalm film, namun Drozd dirancang untuk dapat melaju di air layaknya prinsip kerja pada speedboat.




Lotus Esprit milik Om James Bond, rancangan Drozd mengingatkan pada mobil ini gan sist.

Sumber


Drozd sendiri dibekali mesin diesel dengan tenaga maksimal mencapai 260 HP, tenaga ini dikimpoikan dengan transmisi otomatis tiga kecepatan. Belum diketahui tipe mesin apa yang dipakainya, karena kendaraan ini masih berwujud purwarupa (prototype). Dilihat dari artikel di thedrive.com (19/8/2020), mesin ini sudah cukup mumpuni untuk diajak off road.

Untuk off road, bagian bumper depan sudah dilengkapi winch, serta dibekali ban cadangan pada kapnya. Sedangkan kemampuan amfibinya siap untuk meladeni medan seperti sungai, danau dan laut. Drozd punya kecepatan melaju di air hingga 70 km per jam dengan sokongan water jet. Serta dapat melaju di kondisi sea state 3 (ketinggian gelombang maksimum 1,25 meter), untuk kecepatan maksimum di darat bisa mencapai 100 km per jam.




Dari samping.

Sumber


Dengan kapasitas bahan bakar maksimum, Drozd dapat menjelajah di air sejauh 300 km dan di darat hingga 800 km. Drozd sendiri punya berat 2 ton, dan beban yang bisa dibawa mencapai 1,5 ton. Body Drozd mengusung konstruksi material komposit, terutama serat karbon, digunakan untuk membuat lambung komposit yang dapat menahan beban. Untuk berubah wujud ke versi speedboat (amfibi), kendaraan ini hanya butuh waktu 12 detik saja.

Untuk urusan hirdrodinamika amfibi, BMK bekerjasama dengan Kompan Marine Systems. Sebuah perusahaan kapal berkecepatan tinggi untuk kebutuhan pasukan keamanan, olahraga dan rekreasi. Saat ini Drozd belum dilengkapi fitur persenjataan dan perlindungan gan sist, namun kedepannya pihak BMK akan menyematkan beberapa senjata dan fitur perlindungan. Salah satunya adalah perlindungan dari efek ranjau dan opsi untuk menambahkan proteksi lapis baja ringan. Drozd akan dilengkapi dengan senjata berupa senapan mesin dan peluncur roket.




Dari depan.

Sumber


Dengan rancangan modular, Drozd dapat ditugaskan untuk operasi pasukan khusus, dukungan logistik dan layanan medis. Sementara bagi operator sipil yang dapat mengoperasikan Drozd adalah unit SAR, pemadam kebakaran dan lembaga penegakan hukum.

Jika kelak pihak BMK menghadirkan kendaraan ini dalam versi sipil, sepertinya pihak BMK wajib memasarkannya ke Indonesia, khususnya Jakarta. Untuk mengatasi masalah banjir tahunan, kendaraan seperti Drozd ini tentu akan sangat berguna. Minimal pihak POLRI, TNI atau SAR punya unit ini kedepannya (hanya harapan dan opini TS).

Tershenkov menambahkan bahwa kendaraan ini dirancang untuk beroperasi disegala jenis medan serta iklim yang ekstrim, termasuk diwilayah Artik. Dimana mesinnya sendiri disiapkan untuk beroperasi ditemperatur rendah mencapai 50 derajat Celsius (-58 derajat Fahrenheit).




Sumber


Meski memiliki kendaraan amfibi lapis baja dengan teknologi canggih, seperti BTR-90, BMD-3, dan BMP-3. Namun kendaraan terebut memiliki kecepatan yang rendah saat melaju di air, karena material bodynya yang berat. Kehadiran Drozd bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Belum diketahui secara pasti apakah foto yang beredar adalah purwarupa aslinya atau sebatas mock-up saja, beberapa hal masih serba rahasia.

Untuk yang bertanya berapa harganya, TS belum tahu gan sist. Di website thedrive.com juga belum ada informasi mengenai harganya. Kendaraan ini masih dalam tahap uji coba, pengembangan Drozd sendiri tergantung pihak militer dan Kemenhan Rusia. Jika mereka tertarik, kendaraan ini akan dikembangkan dan masuk tahap produksi. Kalau mereka tidak tertarik, terpaksa Drozd harus berakhir dalam wujud purwarupa saja.

Kendaraan ini kemarin juga hadir dalam pameran ARMY-2020 Arms Trade Fair, digelar di luar Moscow 23-29 Agustus 2020 kemarin. Hadirnya inovasi kendaraan amfibi ini bisa menjadi solusi untuk kebutuhan pihak Rusia dan negara lain di dunia, terutama Jakarta. Terlebih lagi jika mereka serius memproduksi versi sipilnya, hal ini tentu akan disambut positif oleh warga Jakarta.

Demikian sedikit ulasan mengenai kendaraan Drozd, belum banyak informasi yang bisa TS peroleh saat ini. Semoga sedikit informasi ini bisa menambah wawasan kita semua tentang alutsista di era modern, TS mau pamit dulu, jangan lupa untuk ikut berkomentar dibawah. Dan tetap enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: sinidan sini
Ilustrasi: thedrive.com, Indomiliter
japarinadoobeyjlamp
jlamp dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.5K
28
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.